Sejarah Steam, Digital Dsitributor Online Terbesar di dunia

29 Aug 2018 11:09 1494 Hits 0 Comments
Siapa sih yang gak kenal steam?, di antara kalian pasti ada yang tahu steam, dan fakta uniknya steam ini dulunya di anggap project yang tidak akan laku lhoo, bahkan pembuat nya selalu di cemooh karena project yang di buatnya, dan kita tahukan sekarang merupakan Digital Distributor Online yang sangat sukses 

kalian pasti tahu kan steam?, steam merupakan tempat atau yang layanan yang dibuat untuk para developer game untuk merilis game game nya di steam tersebut atau biasa di sebut dengan digital distribution company.


banyak keunggulan yang kita dapatkan dengan menggunakan steam tapi tidak luput juga dengan kecaman para gamer.


keuntungan menggunakan steam yaitu kita tidak harus membeli nya ke toko langsung hanya tinggal kita download saja, keuntungan lainya yaitu si developer bisa mengupdate game nya bilamana ada bug tanpa ribet.


steam tidak luput dari kecaman para gamer, pada tahun 2003 para gamer mengecam keberadaan steam karena para gamer tersebut tidak semuanya mempunyai akses internet dan steam tersebut membutuhkan akses internet untuk mengakses game game yang dibeli di steam, menurut para gamer juga tidak bisa membagi game nya kepada yang lain atau menjualnya, untuk masalah satu ini sudah ada jawaban dari steam itupun hampir 10 tahun tidak di dengar oleh steam, steam menambahkan fitur berbagi agar kita bisa membagi bagi game tersebut dengan keluarga kita atau teman kita.

perusahaan yang dibuat oleh Developer bernama Valve, yang didirikan Gabe Newell atau biasa di panggil "Lord Gaben" Oleh para Gamer, pada tahun 1996.


Siapa itu Gabe Newell?.


Gabe pernah bekerja di microsoft dengan microsoft selama 13 tahun, dan ikut bagian dalam pengembangan Windows generasi awal.


pada tahun 2002, banyak pihak yang menyindir project steam yang dibuat Gabe dengan mengatakan "steam tidak akan berhasil" bahkan menertawakannya, dengan membayangkan menjual game secara online adalah konsep yang sama sekali asing dan belum pernah di lakukan.


meskipun banyak pandangan negatif, gabe tetap percaya pada visinya bahwa steam adalah masa depan platform gaming.


pada tahun 2007 gabe mengeskpresikan ketidakpuasannya terhadap konsol dan keharusan menjual game yang dibuatnya dalam bentuk konsol, karena dianggap "menyia-nyiakan waktu semua orang " dan "kekacauan pada banyak proses".


Gabe melemparkan cemooh pada layanan "Xbox live" dengan menyebutnya "kereta rusak", dan hasilnya membuat banyak orang mencemooh balik steam.


bulan januari 2014, lebih dari 3000 game tersedia di steam, dengan User atif sebanyak 75 juta user, pada bulan oktober 2013 Screen Digest mengestimasi sebanyak 75% pembelian PC games melalui online adalah melalui Steam, Market-share dengan angka fantastis.


Pada Desember 2010, forbes Mendaftarkan Gabe sebagai " nama yang perlu anda ketahui" dikarenakan Steam memiliki hubungan kerja sama dengan banyak developer besar. Pada maret 2012 , Forbes mengestimasi kekayaan gabe sebesar $1,5  Miliar dalam jumlah dollar ya ingat bukan rupiah kalau kita conversi ke rupiah maka akan jadi 21,9 triliun rupiah kurang lebih akan jadi seperti itu jika sekarang di konversikan ke rupiah dengan kurs rupiah 14.657,50 Rupiah/dollar , Gabe menempati ranking 854 orang terkaya di dunia.


Steam sendiri membuat game diantaranya sbb:


- Dota 2


- Half-life


- Half-life 2


- Counter-Strike


- Team Fortress


- Portal


- Portal 2


- Left 4 Dead


- Allien Swarm


- Left 4 Dead 2


selain Games-games yang dikeluarkan steam, games-games yang memiliki franchise dengan nama besar seperti Diablo, world of Warcraft, Final Fantasy Online, Call Of duty, Battlefield, Assassin Creed, GTA, dan The Sims, bahkan games-games indie yang dikeluarkan oleh developer kecil seperti Goat Simulator, Minecraft dan Garry's Mod juga bisa didapatkan melalui Steam

 

 

Tags Game Komputer

About The Author

reza maulana 20
Novice

reza maulana

Belajar Coding sampai Bosan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel