3 Langkah Wujudkan Resolusi Keuangan Saat Lebaran

7 Jun 2018 09:51 1355 Hits 0 Comments
To be able to stick to the plan and to stay on course, you need to be focus and discipline.

Tiap Lebaran tiba, tak sedikit dari kita berkeinginan mewujudkan resolusi keuangan. Maklum Lebaran boleh dikata menjadi saat yang penuh berkah karena lagi banyak duit tambahan yang didapat dari uang Tunjangan Hari Raya (THR).

Sayangnya, banyak resolusi keuangan itu hanya sekedar menjadi resolusi dan karam di tengah kesibukan memikirkan pemenuhan kebutuhan Lebaran dan terlebih keinginan-keinginan "konsumtif" jelang Lebaran. Duit pun habis tak berbekas.

Mumpung Lebaran masih beberapa hari lagi dan uang THR pun belum teralokasi semuanya, tak ada salahnya mewujudkan resolusi keuangan Lebaran tahun ini juga. Jangan menunda-nunda lagi resolusi keuanganmu.

Jadi, bagaimana caranya mengubah resolusi keuangan kamu menjadi kenyataan pada Lebaran 2018 ini?

Pertama, kamu membutuhkan rencana yang sederhana

Keep things simple. Misalnya, mulailah dengan yang paling mudah kamu lakukan. Menurut survei, resolusi keuangan yang paling populer adalah menabung. Selain populer, juga sederhana. Mulailah menabung dengan persentase yang kecil, kemudian beranjak naik beberapa bulan berikutnya, dengan demikian, terjadi peningkatan nyata aset tabungan kamu pada akhir tahun.

Kedua, kamu membutuhkan aksi nyata untuk mewujudkan rencana kamu

Misalnya kamu telah memiliki resolusi untuk menabung dan meningkatkan tabungan kamu. Tetapkanlah hari kamu akan menabung, baik itu dengan mentransfermnya ke rekening tabungan kamu, atau dengan mendatangi langsung bank tempat kamu menabung. Lakukanlah secara berkala dan teratur.

Ketiga, tetapkanlah target yang realistis

Banyak yang mengatakan bahwa menetapkan target yang tinggi adalah hal baik. Mungkin ada benarnya, karena akan mendorong sesorang bekerja keras mencapai target yang tinggi tersebut. Namun, juga harus diingat dampak psikologis bila target resolusi kamu tidak tercapai. Bila itu terjadi, tanpa disadari dapat mengurangi semangat kamu, dan akhirnya, resolusi hanya sekedar basa-basi tiap Lebaran tiba. Jadi, tetapkanlah target secara realistis dan akuntabel. Misalnya kamu mengeluarkan resolusi untuk menambah aset tabungan sebesar 15% di saat Lebaran. Mungkin terlihat kecil. Namun, bila kamu berhasil mencapai resolusi tersebut, itu kan menambah semangat kamu untuk resolusi tahun berikutnya, dan kamu dapat menetapkannya lebih tinggi untuk tahun berikutnya.

Kunci untuk melakukan ketiga hal tersebut adalah tetap fokus pada rencana dan disiplin melaksanakannya. To be able to stick to the plan and to stay on course, you need to be focus and discipline. Jadi, sekarang, mulailah mewujudkan resolusi keuangan kamu di Lebaran 2018 ini menjadi kenyataan. Kamu bisa memulainya melalui aplikasi IPOTPAY. Di aplikasi ini tersedia produk Reksadana Mandiri Investa Pasar Uang (MIPU). Dengan aset paling besar di kelas reksadana pasar uang, kamu akan nyaman menabung reksadana dan merencanakan masa depan kamu serta menjadikannya menjadi kenyataan.

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 35
Ordinary

Johanes Sutanto

Pemula
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel