Tip Irit Saat Puasa bagi Para Jomblo

23 May 2018 15:26 1500 Hits 0 Comments
Mumpung masih di awal-awal masa puasa. Budget yang jelas dan pasti, akan membantu kamu tetap berpegang teguh pada budget yang telah ditentukan.

Saat Ramadan pengeluaran untuk makan seharusnya berkurang karena secara logis tidak ada makan siang lagi. Apalagi masih jomblo, jadi tidak perlu mentraktir pasangan. Tetapi faktanya, pengeluaran saat Ramadan untuk makanan bagi para jomblo justru meroket. Nah, untuk menyiasati pengeluaran yang tak terduga untuk makanan, berikut ini tips irit yang perlu dilakukan:

1. Siapkan budget sejak dari awal
Agar terhindar dari makanan yang berlebihan, alangkah eloknya kalau kamu yang jomblo membuat budget selama Ramadan. Mumpung juga masih di awal-awal masa puasa. Budget yang jelas dan pasti, misalkan 500 ribu selama Ramadhan, akan membantu kamu tetap berpegang teguh pada budget yang telah ditentukan.

2. Jangan gampang tergiur diskon
Setelah menjalani puasa selama sehari, biasanya godaan untuk berbuka puasa dengan menu yang "istimewa" sangat besar. Apalagi, saat Ramadan itu banyak sekali diskon dan promo makanan. Promo makanan untuk buka puasa maupun sahur yang bisa dinikmati secara online pun menjadi godaan tersendiri. Kalau tidak bisa mengendalikan diri dan gampang tergoda, dikit-dikit maunya beli lewat online. Alhasil, uang cepat habis. So, jangan gampang tergiur diskon makanan.

3. Bawa uang tunai secukupnya
Selalu membawa uang tunai yang tidak berlebihan menjadi cara yang paling efektif untuk bisa hemat. Kebiasaan membawa uang tunai yang berlebih akan membuat kita "gatalan" untuk menggunakannya. Kalau uang tunai yang dibawa hanya secukupnya, godaan itu bisa lebih dikontrol.

4. Masak sendiri
Masak sendiri terbukti bisa memangkas pengeluaran, dibandingkan selalu membeli makanan di warung atau restoran. Selain bisa memangkas pengeluaran, menu yang disiapkan dari memasak sendiri, jauh lebih sehat karena terkontrol.

5. Buka puasa di masjid
Berbuka puasa di masjid selama Ramadan memang bisa membuat pengeluaran berkurang. Maklum, selama bulan puasa, banyak masjid menyediakan menu untuk buka puasa. Sekali dua kali, langkah ini bisa dilakukan.

6. Sisihkan untuk nabung online
Setelah budget dan sejumlah "pengiritan" dilakukan, tentunya ada dana yang "nganggur" alias tidak digunakan. Jangan sia-siakan uang tersebut. Pikirkan langkah paling gampang untuk mengembangkannya. IPOTPAY, aplikasi tabungan online milik PT Indo Premier Sekuritas, menawarkan cara menabung paling modern dengan imbal hasil yang lebih tinggi dari tabungan dan deposito di bank. IPOTPAY memberikan imbal hasil hingga 10% per tahun. Tak hanya imbal hasil yang tinggi, IPOTPAY ini juga fleksibel karena menawarkan layanan pembayaran, pembelian, gratis biaya transfer ke semua bank tanpa limit dan penarikan uang tunai via ATM.

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 35
Ordinary

Johanes Sutanto

Pemula
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel