Risiko dan Keuntungan Investasi Reksadana Online

3 May 2018 11:28 2591 Hits 0 Comments
MIPU memberikan tingkat likuiditas yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan dana tunai dalam waktu yang singkat sekaligus memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik.

Kamu perlu tahu bahwa setiap keputusan investasi yang kamu ambil akan selalu diiringi peluang memperoleh keuntungan dan juga risiko mengalami kerugian. Kemampuan kamu mengenali keduanya dan memperhitungkan peluang serta risiko yang mungkin terjadi menjadi hal yang sangat penting dalam mengambil keputusan berinvestasi.

Mendapat keuntungan tentu saja menjadi tujuan dari siapa pun yang berinvestasi, kamu pasti juga nggak ingin mengalami kerugian karena salah pilihan investasi, bukan? Investasi reksadana online merupakan salah satu pilihan yang cocok untuk pemula seperti kamu. Namun, sebelum kamu mencoba investasi reksadana secara online, ada baiknya kamu mengetahui keuntungan dan risiko dari jenis investasi tersebut. Apa sajakah itu?

Risiko Investasi Reksadana Online

Risiko reksadana online sebenarnya sama dengan investasi reksadana pada umumnya. Kamu dapat mempelajari risiko dari kegiatan investasi reksadana online berikut ini sebagai bagian dari pertimbangan sebelum turut berinvestasi. Hasil investasi optimal memang nggak sepenuhnya terjamin. Risiko ini sebenarnya juga melekat pada jenis-jenis investasi selain reksadana. Kemudian, ada risiko inflasi yang merupakan risiko dimana hasil imbal hasil investasimu nggak akan maksimal jika inflasi lebih tinggi dari hasil investasimu. Sedangkan risiko efek merupakan risiko yang muncul dari akibat penurunan dari harga efek, yaitu saham, obligasi dan surat berharga lain yang menjadi bagian dari portofolio reksadana tersebut.

Satu hal lagi yang nggak kalah penting dan bisa menjadi risiko kerugian yang fatal adalah memilih perusahaan manajer investasi yang tepat sebagai penyedia layanan reksadana online. Belakangan ini semakin marak perusahaan investasi abal-abal diciduk oleh Otoritas Jasa Keuangan dan pihak berwenang karena merugikan masyarakat. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memilih investasi reksadana online dari perusahaan manajer investasi aman yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Keuntungan Investasi Reksadana Online

Setelah kamu mengenal beberapa risiko dari investasi reksadana online, mengetahui keuntungan dari jenis investasi tersebut dapat menjadi pembanding sekaligus bahan pertimbanganmu.

Banyak sekali, lho , keuntungan dari investasi reksadana online. Salah satu keuntungan terpenting dari reksadana tentunya nggak butuh dana besar untuk memulai berinvestasi dan bahkan bisa dimulai dari Rp 100 ribu saja. Di sisi lain, risiko dari investasi reksadana terbilang kecil karena melibatkan diversifikasi instrumen investasi dalam bentuk saham, obigasi hingga deposito.  Platform investasi online juga memungkinkan kamu untuk mengakses kinerja investasimu kapan dan di mana saja secara real-time.

Keuntungan lain yang dapat kamu dapat dari investasi reksadana online adalah nilai kepraktisan tinggi dan efisiensi waktu. Menggunakan platform investasi online juga lebih mudah dan cepat daripada secara konvensional. Kamu nggak perlu belajar tentang tata cara jual beli saham hingga belajar mengenai peluang dan risiko di pasar modal; cukup dengan ikut investasi reksadana maka peluang mendapat keuntungan selalu terbuka.

Sedangkan dari segi efisiensi waktu, kamu sebagai pemilik modal nggak perlu bekerja keras dan meluangkan banyak waktu serta energi untuk memantau kinerja investasi. Sebab, tugas-tugas tersebut telah ditanggung oleh manajer investasi pilihanmu. Soal keamanan? Tentu kemanan investasimu terjamin jika kamu memilih perusahaan manajer investasi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Mau investasi dengan mudah, aman, dan cepat? Coba saja cara online di IPOTPAY yang mudah dan nggak bikin pusing. Investasimu pun akan dimanage oleh Fund Manajer yang sudah berpengalaman dengan kelolaan terbesar terutama di produk reksadana pasar uang yang ada di IPOTPAY.com yaitu Mandiri Investa Pasar Uang (MIPU).

MIPU memberikan tingkat likuiditas yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan dana tunai dalam waktu yang singkat sekaligus memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik.

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 35
Ordinary

Johanes Sutanto

Pemula
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel