Tips bagaimana cara untuk belajar bahasa inggris dengan mudah

19 Oct 2017 10:13 1677 Hits 0 Comments
Bahasa Inggris mungkin sulit bagi segelintir orang. Jika anda kesulitan, cobalah beberapa cara ini untuk menghafal Bahasa Inggris

Bahasa Inggris mungkin terdengar sullit bagi segelintir orang untuk dapat menguasainya. Karena sangat jarang dipakai oleh kebanyakan orang. Tetapi tidak sedikit pula orang - orang yang menggunakan bahasa inggris di kesehariannya.

Bahasa inggris pun terkadang dibenci oleh orang - orang karena kesulitan mereka untuk belajar. Padahal Bahasa Inggris itu sendiri pun adalah bahasa internasional. Bahasa Inggris pun menjadi bahasa Internasional dikarenakan beberapa alasan, yaitu :

  • Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa tertua, yaitu daridaratan Britania sekitar abad ke 8
  • Perkembangan Bahasa Inggris pun sangatlah pesat
  • Negara Ingris yang merupakan salah satu negara maju, terlihat dari inovasi dan penyebaran ilmu pengetahuan barat
  • Negara Inggris adalah negara yang jajahannya paling banyak di dunia

Kesulitan tiap orang pun biasanya berbeda - beda dalam menghafal Bahasa Inggris diantaranya dalam pengucapannya yang sulit, kosa katanya yang banyak, dan juga sulitnya diterapkan dalam percakapan. Baik itu percakapan secara langsung (Face to Face) ataupun secara tidak langsung (Chatting, Telepon, atau yang sejenisnya).

Kesulitan - kesulitan tersebut juga dapat membuat orang - orang pesimis untuk belajar Bahasa Inggris. Tetapi mungkin cobalah unntuk melakukan hal - hal ini agar dapat membantu anda dalam mempelajari Bahasa Inggris.

  1. Menghafal 10 kosa kata per hari

Dengan menghafalkan setiap 1 hari 10 kosa-kata, perbendaharaan kosa-kata kita akan semakin meningkat. Ketika kosa-kata kita mengingkat, kita pun akan lebih memahami berbagai artikel maupun buku dalam bahasa Inggris.

Untuk menghafal, kita rupanya agak mengalami kesulitan. Untuk mengurangi kesulitan itu, kita dapat menggunakan istilah dalam bahasa Indonesia.

Istilah itu akan mempermudah kita dalam menghafal. Contohnya, ketika kita ingin menghafal kata “ procrastinator” yang berarti orang yang suka menunda, kita dapat menghafalnya dengan mengingat “ tina”. Begitupula dengan istilah lainnya.

  1. Buat lingkungan yang nyaman bagi kita

Kunci belajar bahasa Inggris adalah jangan merasa kalau bahasa Inggris itu sulit. Jika anda sudah menanamkan kesan pada diri anda, anda akan semakin kesulitan dalam belajar. Untuk memudahkan, cobalah cari tempat yang membuat anda nyaman seperti belajar di taman atau di warung makan.

Jika anda merasa bisa dan percaya kalau suatu saat akan sukses, maka anda akan terus berusaha. Oleh karena itu, ciptakan iklim yang menurut anda nyaman. Jika hobi anda memancing, cobalah belajar bahasa Inggis di kolam pemancingan. Selain anda dapat memancing, anda juga mendapatkan ilmu juga kan.

  1. Rutin Mempraktekkannya

Hal penting berikutnya yaitu anda harus rutin menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari. Jangan malu untuk memulai berbicara bahasa Inggris. Saat ini, cara tersebut banyak dilakukan di sekolah-sekolah. Mereka mulai menerapkan kebijakan “ English Day”, semacam hari dimana semua siswa wajib berbahasa Inggris.

Di lingkungan rumah, anda sebaiknya juga menerapkan praktek berbicara bahasa Inggris. Ayah, ibu, kakak dan adik perlu diajarkan untuk menjadi “ active speaker”. Caranya, ketika anda ingin mengobrol atau meminta sesuatu, gunakanlah bahasa Inggris.

  1. Sering mendengarkan ataupun menyanyikan lagu berbahasa Inggris

Ketika anda jenuh belajar bahasa Inggris, cobalah dengarkan lagu berbahasa Inggris. Selain anda merasa terhibur, anda juga akan mendapatkan banyak kosa-kata bahasa Inggris beserta cara pengucapannya. Lagu bahasa Inggris merupakan guru bahasa Inggris yang paling asik dan menyenangkan.

  1. Sering juga menonton film atau video yang berbahasa Inggris

Bagi para penggemar film barat dan Korea, ada baiknya anda menggunakan subtitle bahasa Inggris. Ini akan memudahkan anda memahami setiap percakapan yang terjadi pada film tersebut.

Anda pun akan memahami ekspresi pada setiap kata seperti kata yang menunjukkan perasaan senang, sedih dan kekecewaan.

  1. Sering membaca buku yang berbahasa Inggris dan menterjemahkannya

Bukan bermaksud meremehkan buku bahasa Indonesia, namun ada baiknya untuk sering membaca buku berbahasa Inggris. Buku berbahasa Inggris (terutama buku mata pelajaran) akan mempermudah kita untuk menangkap banyak kalimat formal dan ilmiah.

Tidak hanya dibaca, namun juga diterjemahkan. Selain membuat mahir dalam merangkai kata berbahasa Inggris, siapa tau anda dapat menjadi penterjemah yang sukses.

  1. Mempraktekkannya

Jika anda tinggal di kota besar seperti Jakarta atau Jogja, cobalah kunjungi objek wisata yang memiliki banyak pengunjung asing. Gunakan kesempatan itu untuk bertanya dan sekadar mengobrol santai dengan mereka.

Tags

About The Author

Muhammad Kamil Marzuqi Aziz 36
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel