Cara Membuat Alt + Tab Windows 10 Menjadi Transparan

28 Oct 2017 10:40 3387 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Windows + Tab memiliki tampilan yang agak berbeda dengan Atl + Tab, fungsinya juga lebih luas dengan tambahan desktop di Windows 10. Ini memudahkan pengguna yang sering bekerja dengan banyak jendela dan beralih dari jendela satu ke jendela lainnya.

Secara default Alt + Tab untuk beralih aplikasi di Windows hampir buram. Jika Anda ingin bisa melihat desktop atau mengintip diantara jendela Anda perlu membuat beberapa penyesuaian di Registry Windows.

Di Windows ketika Anda menekan tombol Alt dan kemudian Tab berulang kali Anda akan melihat jendela beralih aplikasi yang praktis, memungkinkan Anda berpindah aplikasi atau jendela tanpa membuka jendela tersebut secara full screen. Ini juga bisa Anda dapatkan dengan menekan tombol Windows + Tab.

Windows + Tab memiliki tampilan yang agak berbeda dengan Atl + Tab, fungsinya juga lebih luas dengan tambahan desktop di Windows 10. Ini memudahkan pengguna yang sering bekerja dengan banyak jendela dan beralih dari jendela satu ke jendela lainnya.

Namun, secara default tampilan fitur ini solid, tidak transparan sehingga kita tidak bisa melihat dibaliknya. Tetapi, bila Anda ingin mengubahnya lebih transparan itu bisa dilakukan dengan pengeditan di Registry – ada juga script satu klik. Anda bisa mengatur transparansi sesuai dengan keinginan.

Selain berguna, fitur transparansi untuk app switcher ini juga akan membuat Windows 10 Anda lebih cantik.

Dengan mengedit Registry secara manual

Untuk menyesuaikan tingkat transparansi app switcher Alt + Tab Anda hanya perlu melakukan sedikit pengeditan di Windows Registry.

Peringatan untuk Windows Registry: Registry Editor merupakan alat powerfull di Windows dan salah dalam penggunaannya bisa membuat OS Anda tidak stabil atau bahkan tidak dapat beroperasi lagi. Tetapi, ini hack sederhana bila Anda mengikuti petunjuk dengan benar. Tetapi, bila Anda belum pernah mengedit Registry coba pertimbangkan lebih dahulu. Atau biar aman Anda bisa mem-backup Registry terlebih dahulu.

 

Buka Registry Editor dengan mengklik Start dan ketik regedit. Tekan Enter atau klik untuk membukan Registry Editor dan berikan izin untuk membuat perubahan pada PC Anda.

Di Registry Editor gunakan sidebar untuk mengarahkan Anda ke registry yang ingin kita edit.

HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer

 

Sekarang buat registry baru di Explorer yang baru saja kita buka dengan cara klik kanan Explorer dan pilih New > Key. Buat namanya MultitaskingView. Jika Anda sudah melihat MulittaskingView di folder Explorer ini lewatkan langkah ini.

Sekarang kita akan membuat key baru  - kali ini di dalam MultitaskingView yang baru Anda buat. Klik kanan di key MultitaskingView dan pilih New > Key. Beri nama AltTabViewHost key yang baru Anda buat.

Sekarang kita akan membuat value di dalam key tersebut. Klik kanan key AltTabViewHost dan pilih New > Dword (32 bit) Value. Beri nama value tersebut dengan Grid_backgroundPercent.

Doble klik pada value yang baru kita buat tadi (Grid_backgroundPercent) untuk membukan properties.

Di properties pilih Decimal dan isi nilainya dari 0 sampai 100 di kota Value data. Angka tersebut merupakan persentase transparansi. 100 berarti benar-benar transparan. Sebagai referensi secara default nilainya 85. Ketika Anda sudah mengatur angkanya klik OK.

Perbahan harusnya langsung terlihat, jadi silahkan tahan Alt dan tekan Tab untuk membuka jendela app switcher. Jika Anda ingin menyesuaikan transparansinya lagi bukan saja Grid_backgroundPercent di Registry Editor dan sesuaikan angkanya.

Di bawah ini bisa Anda lihat perbedaan transparansi dari 85 (default) di sebelah kiri dan 20 di sebelah kanan (hampir transparan).

Dan bila Anda ingin menghapus perubahan kembali ke Grid_backgroundPercent dan atur nilainya menjadi 85 atau hapus key MultitaskingViewHost.

Menggunakan hack Registry dengan satu klik

Jika Anda tidak ingin masuk ke Registry ada script yang dibuat How To Geek untuk hacking registry. Set Alt+Tab Transparency Level to Custom Value memiliki semua key dan value yang Anda butuhkan untuk mengatur transparansi Atl + Tab app switcher. Dan Restore Alt_Tab Default Transparency untuk mengembalikan pengaturan ke awal. Silahkan download di sini.

Setelah selesai mendownload klik kanan Set Alt+Tab Transparency Level to Custom Value dan pilih Edit di konteks menu. Ini akan dibuka di notepad. Pada baris terakhir lihat teks dword: 00000020. Ganti tiga digit terakhir angkat tersebut dengan value 000 sampai 100 untuk tingkat transparansinya. Misalnya Anda ingin transparansi 35 maka ubah menjadi 00000035 atau bila mau tidak transparan 00000100. Yang perlu Anda pastikan angka ini terdiri dari delapan karakter, bila salah tidak akan berjalan.

 

Tags

About The Author

Ricky Sulastomo 24
Novice

Ricky Sulastomo

Suka menulis dan tertarik dengan olahraga, teknologi dan politik
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel