Cara Menghentikan Chrome Meminta Show Notification

14 Feb 2017 20:20 2598 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sebenarnya ini ditujukan agar Anda tidak ketinggalan informasi soal website tersebut misalnya berita, promo dari toko online atau informasi lainnya. Sayangnya, tentu tidak semua website yang bisa memunculkan ini sesuai dengan keinginan kita.

Web browser sekarang memungkinkan situs web untuk menampilkan notifikasi mereka . Mengunjungi banyak situs berita dan belanja di website Anda akan melihat popup notifikasi yang bisa memunculkan notifikasi di desktop Anda agar selalu up-to-date mengenai website tersebut. Anda bisa menonaktifkan prompt pemberitahuan ini di browser Anda jika Anda mereka ini mengganggu walau tak di semua browser fitur ini bisa dinonaktifkan.

Sebenarnya ini ditujukan agar Anda tidak ketinggalan informasi soal website tersebut misalnya berita, promo dari toko online atau informasi lainnya. Sayangnya, tentu tidak semua website yang bisa memunculkan ini sesuai dengan keinginan kita.

Google Chrome

Untuk menonaktifkan fitur ini di Chrome klik tombol menu di bagian pojok kanan atas (ikon dengan tiga titik) dan pilih Settings. Klik link Show Advanced Settings di bagian bawah halaman Settings dan kemudian klik tombol Content Settings di bawah Privacy.

Gulir ke bawah cari kategori Notifications dan pilih Do not allow any site to show notifications. Kadang setelah memilih pengaturan ini ada beberapa website yang masih memunculkan Show Notification karena mereka sempat mendapat izin sebelumnya. Klik Manage Exceptions untuk melihat daftar website yang Anda beri izin menampilkan notifikasi dan cabut izinnya jika Anda tidak suka.

Jika Anda ingin secara individu memberikan fitur ini kepada website ke depannya Anda dapat mengklik tombol Manage Exceptions dan beri izin website yang Anda inginkan untuk memperlihatkan notifikasi.

Mozilla Firefox

Firefox tak mengizinkan Anda untuk menonaktifkan semua notifikasi web bila dari pengaturan di Options normal. Anda harus mengubah pengaturan ini dari pengaturan tersembunyi, about:config.

Untuk mengaksesnya ketik about: config ke address bar Firefox dan tekan Enter. Anda akan melihat sebuah warning. Hati-hati menggunakan about: config karena ini bisa membuat Firefox Anda bermasalah bila Anda mengubah pengaturan yang tidak Anda ketahui. Klik I accept the risk jika Anda siap untuk melanjutkannya.

Ketik notifications ke search box. Klik dua kali opsi dom.webnotifications.enabled yang muncul. Ini akan mengubah pengaturan ke false yang berarti notifikasi web akan dinonaktifkan di Firefox.

Perubahan ini benar-benar akan menonaktifkan semua notifikasi web sehingga Anda tidak dapat memilih notifikasi dari satu atau dua website, ini menghalangi website lain untuk menanyakan show notifications.

Microsoft Edge

Microsoft Edge suport untuk notifikasi ini setelah Windows 10’s Anniversary Update. Namun, Microsoft tidak menyediakan cara untuk menonaktifkannya dan mencegah wesbsite untuk menanyakan show notifications sepenuhnya.

Yang bisa Anda lakukan adalah mengklik ‘No’ saat ini muncul atau ‘Yes’ bila memang ingin menggunakan nofikasi. Edge akan mengingat pengaturan Anda, jadi dia tidak akan bertanya-tanya berulang kali walau beberapa website masih saja membandel menanyakan hal ini.

Apple Safari

Safari mengizinkan Anda untuk menghentikan situs yang meminta permission mengirim notifikasi. Untuk mendapatkan opsi ini klik Safari> Preferences.

Pilih tab Notifications dan pada bagian bawah jendela, hilangkan centang  pada kotak Allow websites to ask for permission to send push notifications.

Website yang Anda beri izin untuk mengirim notifikasi akan tetap mendapat izin mengirimi Anda notifikasi bahkan setelah Anda menonaktifkan ini. Anda dapat melihat dan mengelola daftar situs yang diberi izin untuk mengirim notifikasi pada pengaturan ini.

Bila Anda berubah pikiran Anda bisa selalu bisa mengembalikan pengaturan ini di setting web browser Anda untuk mengembalikan notifikasi web. 

Tags Google

About The Author

Ricky Sulastomo 24
Novice

Ricky Sulastomo

Suka menulis dan tertarik dengan olahraga, teknologi dan politik

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel