Cara Migrasi dari CyanogenMod ke Lineage OS Tanpa Kehilangan Aplikasi dan Data

14 Feb 2017 10:16 5463 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kita tahu Lineage OS adalah masa depan CyanogenMod, bisa dibilang Lineage meneruskan kerja dari Cyanogen, tetapi kita tidak bisa begitu saja mem-flash Lineage OS di perangkat yang menjalankan CyanogenMod

Apakah Anda ingin migrasi atau upgrade dari CyanogenMod ke Lineage OS atau ingin mem-flash ROM Lineage OS di perangkat yang menjalankan CyanogenMod 13 atau 14 tanpa kehilangan data dan aplikasi?

Kita tahu Lineage OS adalah masa depan CyanogenMod, bisa dibilang Lineage meneruskan kerja dari Cyanogen, tetapi kita tidak bisa begitu saja mem-flash Lineage OS di perangkat yang menjalankan CyanogenMod. Untungnya, developer cepat menanggapi ini, di forum CyanogenMod, @shibaa987 mencoba membantu kita caranya agar mudah migrasi atau update dari Lineage ke CyanogenMod.

Dari sekarang orang harus sudah tahu kalau CyanogenMod sudah mati namanya bukan OS-nya, namanya berubah menjadi Lineage OS. Jadi, semua developer akan berkontribusi untuk proyek Lineage OS dan maintainers akan memberikan Lineage OS kepada perangkat Anda. Tidak akan ada update untuk CyanogenMod, hanya ada Lineage OS. Jadi, bila Anda ingin menikmati ROM ini Anda harus beralih ke Lineage OS.

Mungkin Anda akan bertahan di CyanogenMod, tetapi cepat atau lambat karena Cyanogen tak memberikan update pilihannya adalah Lineage OS. Walau tak berbeda, kita tetap tak bisa menginstal langsung Lineage OS di perangkat yang menjalankan CyanogenMod, ada langkah-langkah yang harus diikuti. Sebelum migrasi, backup dahulu data-data penting Anda.

  1. Download Lineage OS versi EXPERIMENTAL dan OFFICIAL WEEKLY untuk perangkat Anda. Untuk melihat daftar perangkat Lineage OS silahkan klik di sini. Bila perangkat Anda tidak ada, Anda bisa me-requestnya di sini.
  2. Pastikan Anda menjalankan CyanogenMod 13 atau CyanogenMod 14/14.1
  3. Baterai yang cukup untuk menginstal dan setup ROM baru (biasanya di atas 30%)

Flashing Lineage OS di ROM CyanogenMod:

  • Masuk ke costum recovery seperti CWM atau TWRP atau costum recovery yang biasa Anda pakai untuk mem-flash CyanogenMod.
  • Pertama flash Lineage OS EXPERIMENTAL yang sudah Anda download tadi seperti mem-flash CyanogenMod biasa.
  • Reboot perangkat Anda. Tunggu hingga proses booting selesai, ini akan memakan waktu yang cukup lama, tidak seperti biasa dan tergantung pada perangkat Anda. Tetapi, harusnya tidak akan lebih dari 10 menit.
  • Setelah berhasil masuk ke experimental Lineage OS layar perangkat Anda akan ada watermark Lineage OS migrate. Tenang ini akan hilang ketika kita mem-flash yang ofisial.
  • Kembali masuk ke recovery dan flash OFFICIAL WEEKLY Lineage OS untuk perangkat Anda

Catatan penting:

  • Jika perangkat Anda menjalankan CyanogenMod 13 atau CM13 Anda hanya bisa mem-flash Lineage OS 13
  • Sama juga untuk CyanogenMod 14.1 atau CM 14.1 Anda hanya bisa mem-flash ROM Lineage OS 14.1
  • Mem-flash Lineage OS 13 di CM 14.1 atau CM 14.1 ke Lineage ke Lineage 14.1 secara langsung saat ini belum bisa. Bila Anda lakukan kemungkinan perangkat Anda akan rusak,bootloop, softbrick hingga hardbrick
  • Setelah selesai proses flash, reboot perangkat Anda sekali lagi, tunggu hingga proses selesai dan seperti flash yang pertama ini juga akan memakan waktu agak lama dari biasanya.
  • Bila semua berjalan lancar semua permission aplikasi Anda sebelumnya akan hilang. Anda bisa mengaturnya kembali

Catatan:

Migrasi ini merupakan metode experimental dan kemungkinan cara ini tidak akan bekerja dua bulan lagi (metode ini berakhir pada 24 Maret), jadi pastikan Anda melakukan migrasi pada periode ini jika ingin semuanya berjalan dengan lancar. Anda juga bisa melakukan clean flash Lineage OS (seperti menginstal ROM baru) dan kemudian mengikuti update Lineage OS, tetapi dengan cara ini Anda tentu kehilangan semua aplikasi dan data.

Tags Android

About The Author

Ricky Sulastomo 24
Novice

Ricky Sulastomo

Suka menulis dan tertarik dengan olahraga, teknologi dan politik

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel