4 Fitur Windows 10 Anniversary Update yang Penting untuk Pengguna Ketahui

16 Nov 2016 12:05 2357 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Windows 10 Anniversary Update menghadirkan banyak fitur baru

Kehadiran Windows10 bisa dibilang sebagai sistem operasi yang mampu mengobati kekecewaan publik terhadap Windows 8.  Microsoft sebenarnya sudah memperbaiki kesalahan Windows 8 lewat Windows 8.1. Tetapi, yang membuat publik puas adalah kehadiran Windows 10. Apalagi, Microsoft pernah memberikan program upgrade gratis ke Windows 10 yang tentu saja disambut gembira oleh pengguna Windows versi sebelumnya. 

Setelah selesai dengan program upgrade gratis, Microsoft kemudian menghadirkan update besar untuk Windows 10. Update besar-besaran tersebut bernama Windows 10 Anniversary Update yang diluncurkan pada Agustus 2016. 

Pada update tersebut, Windows 10 menghadirkan banyak fitur baru. Fitur-fitur baru tersebut merupakan fitur yang menarik dan tak boleh dianggap remeh oleh para penggunanya. 

Lantas, apa sajakah, fitur-fitur baru Windows 10 yang mungkin belum banyak orang tahu? Berikut daftarnya. 

1. Peta Offline

Bukan hanya sistem operasi “robot hijau” yang punya fitur peta tanpa jaringan atau offline maps. Windows 10 juga tidak mau kalah dengan menghadirkan peta offline yang bisa diakses tanpa menggunakan jaringan internet. 

Untuk menggunakan layanan peta offline ini, pengguna Windows 10 sebelumnya harus mengunduh terlebih dahulu daerah tertentu yang nantinya ingin dijadikan petunjuk. Cara unduhnya cukup mudah dengan melakukan langkah-langkah berikut 

  • Tekan  tombol Windows + I untuk memunculkan menu “settings” atau pengaturan 
  • Setelah itu buka bagian system, kemudian pilih “offline maps”.
  • Pilih ‘download” dan pilih area tertentu yang ingin digunakan nantinya sebagai petunjuk peta offline. Misalnya, memilih unduh daerah Bandung saja. 
  • Sesudah diunduh, silakan gunakan peta tersebut dan matikan jaringan data internet. 

2. Sticky Notes

Fitur “Sticky Notes” bukanlah fitur terbaru. Fitur ini memang sudah hadir sebelum Windows 10 ada. Tetapi khusus Windows 10 ini, Sticky Note sudah langsung terintegrasi dengan Windows Ink. 

Untuk diketahui, Windows Ink ini merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menulis tangan. Nantinya tulisan tangan ini akan bisa langsung muncul di sticky notes. 

Sticky Notes ini sangat berguna sebagai catatan pengingat seperti menulis daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, daftar belanja bulanan, dan hal-hal lainnya. Cara menggunakannya cukup menuliskan sticky notes di bagian pencarian Cortana. 

3. Snap

Snap adalah fitur yang sudah hadir semenjak Windows 8. Di Windows 1o, fitur ini hadir lebih baik dibandingkan sebelumnya. 

Fitur ini sendiri merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuka jendela aplikasi lebih dari satu. Cara pakainya tinggal klik dan drag jendela aplikasi yang terbuka ke sisi kanan atau kiri layar.

Fitur Snap ini sendiri dapat diatur dengan mudah dengan cara menekan Windows + I. Setelah itu masuk ke menu pengaturan (settings). Kemudian pilih system dan pilihlah Multitasking. Pada bagian ini, fitur-fitur tertentu bisa lebih mudah untuk diaktifkan atau dinonaktifkan.

4. Battery Saver

Saat ini, banyak orang yang bekerja dengann  mobilitas tinggi. Untuk mendukung mobilitas tinggi itu, tentu saja diperlukan kemampuan gadget yang bisa bertahan lebih lamna. Dan Windows 10 mendukung hal tersebut lewat fitur batter saver. 

Dengan fitur ini, pengguna yang memakai laptop bersistem operasi Windows 10 bisa mengoptimalkan kinerja bateranya. Contohnya adalah tingkat kecerahaan cahaya yang akan diturunkan atau menghentukan aplikasi yang sedang berjalan di belakang 

Pengaturan aplikasi ini terletak di bagian system, kemudian baterry saver, dan battery saver settings. Untuk masuk ke system, tinggal menekan Windows + I dan pilih System.

Pilihan lain untuk menyalakan fitur ini adalah dengan menekan  Windows + A untuk membuka Action Center dan klik Battery saver.

Tentu saja selain keempat fitur tersebut, Windows masih jmemiliki segudang fitur lainnya di Windows 10 Anniversary Update. Pada OS ini, selain penambahan fitur baru, Microsoft juga memperbaiki bug dan membuat sistem lebih stabil. Selain itu, beberapa fitur yang mungkin kurang bermanfaat dihilangkan di Windows Anniversary Update.

Sumber Liputan6

 

Tags Windows

About The Author

Graha 53
Expert

Graha

akun alternatif Hilman Graha @HilmanMN Blogger, Techno Writer, social media enthusiast, hilman.my.id jinggaprasetya.wordpress.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel