Mau Unjailbreak iPhone atau iPad? Begini Caranya Mudahnya!

24 Aug 2016 12:36 2804 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Banyak turorial unjailbreak mengatakan Anda perlu masuk ke recovery iOS atau mode DFU, tetapi sebenarnya itu tidak perlu

Jailbreak di iPhone atau iPad fungsinya seperti root untuk Android. Salah satu alasan orang men-jailbreak adalah bisa menginstal aplikasi di luar iTunes. Anda bisa menginstal aplikasi dari Cydia atau direktori tak resmi lainnya.

Namun, mungkin Anda berubah pikiran dan ingin mengembalikan iPhone Anda normal kembali dengan meng-unjailbreaknya, entah karena ingin dijual atau memang ingin menikmati iOS biasa. Apapun alasannya, unjailbreak salah satu trik yang perlu Anda ketahui.

Banyak turorial unjailbreak mengatakan Anda perlu masuk ke recovery iOS atau mode DFU, tetapi sebenarnya itu tidak perlu. Anda bisa melakukannya dengan lebih mudah – hanya perlu menghapus perangkat kemudian me-restore backup-nya. Backup-an tersebut tidak termasuk jailbeak atau aplikasi jailbreak, jadi Anda akan kembali ke stock iOS.

Pastikan iTune sudah menyimpan semua film dan musik yang Anda inginkan karena cara ini akan menghapusnya sebentar. Setelah sudah menyimpan di iTunes saatnya membuat backup aplikasi dan setting.

Untuk membackup perangkat Anda klik Back Up Now di iTunes.

Setelah proses backup selesai, buka Setting di perangkat Anda dan arahkan ke iCloud> Find My iPhone. Di sini nonaktifkan Find My Phone. Ini hanya untuk sementara waktu karena Apple membutuhkan fitur ini dinonaktifkan saat me-restore perangkat Anda.

Selanjutnya kembali ke iTune dan klik restore iPhone

Anda mungkin akan melihat jendela pop up yang meminta Anda untuk mem-back up perangkat Anda, tetapi kita sudah melakukannya, jadi di sini tidak perlu lagi proses backup. Klik Don’t Back Up,”

Kemudian akan muncul jendela pop up lainnya yang meminta Anda untuk me-restore perangkat. Di sinia tentu kita klik Restore untuk mengembalikan perangkat Anda.

Proses untuk me-restore akan mulai setelah Anda klik Restore dan akan memakan waktu lima menit atau lebih sedikit.

Akhirnya Anda akan melihat gambar di bawah pada layar iTunes ketika proses selesai. Anda bisa memilih Set up as new iPhone jika Anda ingin mulai dari awal lagi atau pilih Restore from this backup untuk mengembalikan aplikasi, setting, kontak dan lain sebagainya.

Me-restore backup ke perangkat iOS membutuhkan waktu beberapa menit dan ketika iTunes mengatakan proses backup selesai, iPhone atau iPad Anda akan reboot, Anda bisa meng-unlocknya. Setelah terbuka Anda akan melihat start screen iOS Setup Assistant. Swipe ke kanan untuk melanjutkan dan ikuti langkah-langkah untuk men-set up perangkat Anda lagi. Anda akan mengatur seperti Location Services, Touch ID, Apple Pay dan iCloud.

Setelah Anda menyelesaikan proses set up dan masuk ke home screen mungkin Anda akan melihat beberapa aplikasi yang gelap dengan status Waiting di bawah ikon aplikasi tersebut. Ini berarti aplikasi-aplikasi tersebut sedang men-download ke perangkat Anda dan akan di instal. Jadi biarkan proses ini berjalan karena akan memakan waktu yang agak lama.

Setelah selesai iPhone atau iPad Anda akan benar-benar bisa digunakan kembali dan Anda akan melihat dia seperti sebelum di jailbreak.

Sebagai tambahan, dengan proses ini iPhone atau iPad Anda akan sekaligus diupdate ke OS yang terbaru untuk perangkat Anda dan bila ingin tetap di versi OS yang terakhir kali Anda gunakan silahkan ikuti langkah di bawah:

1. Buka Cydia

2. Cari dan Instal Cydia Eraser

3. Buka Cydia Eraser

4. Ikuti langkah-langkahnya

Catatan: ini juga akan menghapus perangkat Anda, jadi pastikan Anda mem-back up-nya seperti  yang sudah kita bahas di artikel ini.

About The Author

Ricky Sulastomo 71
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel