Akses Berbagai Situs di Android Tanpa Blokir Memakai Opera VPN

24 Aug 2016 11:31 9312 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Opera hadirkan aplikasi VPN untuk bebas mengakses berbagai situs 

Kebebasan berinternet seringkali “dicedarai” dengan pemblokiran situs-situs tertentu yang dilakukan oleh pemerintah. Efeknya, para pengguna internet terkadang jengkel karena mereka tidak bisa mengakses situs-situs penting yang ternyata terkena blokir oleh pemerintah. 

Okelah, kalau situs-situs yang diblokir merupakan situs-situs dengan konten negatif (seperti situs yang mengandung pornografi atau situs judi). Nah, kalau situsnya situs forum berbagi informasi semacam Reddit atau situs video sharing Vimeo kan repot jadinya. 

Hal ini pernah saya rasakan ketika saya mencari suatu tutorial di internet. Saya diarahkan oleh Google ke situs Reddit. Sayangnya, situs tersebut diblokir. Karena hal ini kemudian saya mengakali menggunakan IP mask yang seolah-olah saya membuka situs tersebut dari luar negeri. 

Sayangnya, hal tersebut hanya bisa saya lakukan di  perangkat desktop. Ketika saya memakai gadget mobile bersistem operasi Android, saya sering menemukan kendala untuk mengakses situs yang diblokir. 

Untungnya, hal itu kini bisa teratasi berkat kehadiran aplikasi virtual private network (VPN) buatan Opera. Aplikasi semacam ini sebenarnya cukup banyak. Hanya saja kurang percaya dengan developernya. 

Sebagai pengetahuan, VPN merupakan sistem jaringan yang memungkinkan seseorang untuk mengakses internet yang seolaholah orang  tersebut berada di negara lain. Misalnya, orang tersebut mengakses situs dari negara A. Tapi kemudian ia memakai VPN sehingga jaringan internet membaca orang tersebut sedang mengakses internet dari negara B. 

Mengingat saya pemakai Opera (baik Opera Desktop ataupun Opera Mini), maka ketika Opera meluncurkan aplikasi ini, saya pun cukup senang. 

Berkat aplikasi Opera VPN  ini akhirnya saya bisa membuka berbagai situs apapun yang tadinya diblokir oleh pemerintah. Saya pun bisa mengganti region atau negara untuk mengakses sebuah situs.

Untuk penggantian region, Opera menyediakan lima server region yakni Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Singapura, dan Spanyol. 

Sementara untuk bahasa yang digunakan dalam aplikasi ini, Opera menghadirkan 8 bahasa. Kedelapan bahasa tersebut adalah Inggris, Jerman, Portugis Arab, Perancis Rusia, Spanyol, dan  tentu saja Indonesia.

Hal menarik dari aplikasi Opera VPN selain memungkinkan untuk mengakses berbagai situs adalah soal perlindungannya. Aplikasi ini memiliki fitur guardian atau perlindungan Wi-Fi  yang canggih. Fitur lainnya adalah privasi saat mengakses situs karena aplikasi ini menghapus cookies. 

Dengan berbagai kelebihan tersebut, rasanya tidak berlebihan jika saya menyebut aplikasi Opera VPN ini sebagai salah satu aplikasi terbaik. 

Jika tertarik menggunakan aplikasi ini, yang harus dilakukan adalah dengan menginstal aplikasi ini di Android. Untuk pengguna iOS, aplikasi ini sebenarnya telah muncul terlebih dulu. 

Berikut saya sertakan link download aplikasi Opera VPN 


Opera VPN Android 
Opera VPN iOS 

About The Author

Graha 54
Expert

Graha

akun alternatif Hilman Graha @HilmanMN Blogger, Techno Writer, social media enthusiast, hilman.my.id jinggaprasetya.wordpress.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel