Wordpress vs Blogger, Mana yang Terbaik?

11 Aug 2016 16:28 3000 Hits 1 Comments
Masih bingung pilih Wordpress atau Blogspot? Lihat perbedaan ini kamu pasti gak bingung lagi!

gambar via blogpole.com

Wordpress dan Blogger merupakan platform blog dengan pengguna terbanyak sampai saat ini. Meskipun banyak platform lain yang sama baiknya tapi 2 nama ini selalu berada diperingkat atas.

Tapi, masih banyak orang yang bingung mana yang lebih baik antara Wordpress dan Blogger.

Wordpress

Wordpress adalah sebuah CMS yang berguna memudahkan dalam pengelolaan konten, baik itu di website ataupun di blog. Wordpress sendiri ada dua macam yaitu Wordpress.com dan Wordpress.org.

Jika Anda hanya ingin membuat blog tanpa kesusahan maka Wordpress.com adalah pilihan yang terbaik karena disini kita tidak perlu memiliki hosting sendiri dan tanpa harus membayar alias gratis. Berbeda dengan Wordpress.org yang harus memiliki hosting sendiri dalam menggunakannya. Namun dengan Wordpress.org Anda bisa leluasa mengutak – atik website Anda.

Blogger

Blogger merupakan layanan pembuatan blog gratis seperti wordpress.com. banyak orang yang menggunakan Blogger karena layanan ini berada dibawah naungan google. Selain itu blogger memiliki server yang handal sehingga blog jarang sekali gangguan.

Kalau begitu mari kita bedakan mana yang lebih baik antara Wordpress dan Blogger dari beberapa aspek.

1. Fitur

gambar via situscms.com

Jika kita membandingkan Wordpress dan Blogger dalam hal fitur, tentu Wordpress lebih baik. Di Wordpress seorang webmaster bisa lebih leluasa dalam mengola blog. Wordpress juga memiliki plug in yang merupakan fitur tambahan untuk mempermudah pengaturan konten.

Tak hanya itu, dengan Wordpress juga kita bisa membuat website dengan script yang kompleks. CMS Wordpress juga banyak digunakan oleh website - website besar di dunia.

2. Penggunaan

gambar via blog.pekku.com

Meskipun memiliki fitur yang lebih baik dari Blogger, dalam hal penggunaan Bloggerlah yang lebih unggul. Karena orang awam yang tidak mengerti  dunia blog dalam beberapa hari sudah bisa menggunakan layanan ini.

Blogger tidak rumit, semua pengguna tidak akan dipusingkan dengan hosting, cara memanage server dan tidak perlu mengerti bahasa pemrograman.

3. Biaya

gambar via creativebydre.com

Jika menggunakan Wordpress.org tentu kita harus mengeluarkan biaya untuk menyewa hosting dan domain. Lain halnya dengan blogger yang hosting dan domainnya sudah disediakan langsung.

Walaupun ada Wordpress.com yang sama dengan Blogger, tapi fiturnya tidak sebanyak Wordpress.org, malah fitur Blogger lebih baik jika dibandingkan Wordpress.com.

Nama domain pada blogger dan wordpress.com memang bisa diganti, namun memerlukan biaya tambawan penyewaan domain.

Contohnya plimbi.blogspot.com atau plimbi.wordpress.com bisa diganti menjadi plimbi.com atau plimbi.net.

4. Keamanan

gambar via yatecno.wordpress.com

Blog di blogger akan aman jika Anda tidak memberi tahu  kata sandi Anda ke orang lain dari gangguan para hacker dan cracker.

Berbeda dengan Wordpress yang keamannya bisa saja ditembus oleh para hacker, baik itu cpanelnya maupun databasenya. Tapi di Wordpress kita bisa meminimalisir gangguan tersebut jika kita mengerti bahasa pemrograman.

Ingat kata – kata Benjamin dari Film Who Am I, “No System is Save”. Tidak ada system yang tidak aman, semuanya pasti memiliki celah yang dapat ditembus. Google sekalipun pasti mempunyai celah untuk ditembus para hacker atau cracker.

5. SEO

gambar via thenextweb.com

Banyak yang menganggap bahwa Blogger lebih sering muncul di mesin pencari karena blogger produk Google. Namun banyak pula yang menganggap Wordpress lebih baik dalam hal SEO karena memiliki plugin – plugin SEO packed.

Bahkan enginer google “matt Cuts” menggunakan CMS Wordpress untuk mengelola blognya.

Padahal dalam hal SEO itu semua tergantung dari orang yang mengelolanya.

 

Jadi jika Anda ingin membuat website yang gratisan dan mudah Anda bisa pilih Blogger. Tapi jika Anda ingin memiliki banyak fitur untuk web Anda pilih Wordpress.com.

Blogger bagus untuk pemula sedangkan Wordpress pantas untuk Anda yang sudah expert dengan segala kelebihannya.

Demikian Artikel ini saya buat. Terima kasih dan semoga bermanfaat…

Tags Internet

About The Author

Rijwan 45
Ordinary

Rijwan

Saya merupakan anak RPL yang bercita - cita membangun web sendiri juga menjadi ahli pemrograman serta komputer.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel