10 Content Management System yang Sering Digunakan

11 Aug 2016 13:57 6792 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Perkembangan dunia website yang begitu pesat membuat begitu banyaknya webmaster mengembangkan CMS. Berikut 10 diantaranya yang paling populer.

Bagi orang yang sudah terjun di dunia website, tentu sudah mengenal yang namanya CMS. CMS merupakan singkatan dari Content Management System.

CMS memudahkan semua webmaster dari mulai pemula sampai yang sudah mahir. Dengan menggunakan CMS, website akan menjadi dinamis dan interaktif.

Dengan adanya CMS, orang yang tidak mengerti akan script kode pun bisa membuat website sendiri.

Kita hanya tinggal menginstal CMS, kemudian kelola webnya sendiri. Mudah bukan!

Karena CMS ini open platform, maka banyak sekali yang mengembangkannya. Oleh sebab itu, muncul banyak sekali CMS yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Contohnya, jika Anda ingin membuat web berbasis blog, Anda bisa membuatnya di Wordpress dan jika ingin berbasis toko online Anda bisa gunakan Prestashop.

Dibawah ini ada beberapa macam CMS beserta kegunaannya:

1. Joomla

CMS Joomla merupakan CMS yang powerfull. Oleh sebab itu banyak webmaster yang menggunakan CMS ini untuk membuat web yang rumit seperti web profil perusahaan dan web sekolahan.

Bagi yang ingin webnya lebih dinamis Joomla adalah pilihan yang tepat. Pasalnya selain mudah dalam pengaturan konten, Joomla juga memudahkan penggunanya dalam pengaturan menu - menu maupun ekstensinya.

Joomla pertama kali rilis pada 17 September 2005 dengan versi 1.0. sekarang Joomla sudah mencapai versis 3.2. Disetiap versi yang berikutnya, tentu ada pengembangan dan perbaikan dari versi sebelumnya dengan interface dan fitur – fitur yang ditambahkan.

2. Wordpress

Wordpress merupakan CMS yang berbasis blog. CMS ini sangat digemari webmaster karena selain userfriendly, CMS Wordpress memudahkan dalam optimasi SEO.

CMS Wordpress menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.

Meskipun berbasis blog, masih banyak situs jual beli, web forum dan company profil yang lebih memilih CMS Wordpress daripada Joomla. Alasannya karena Wordpress selalu menambahkan extensi dan fitur – fitur baru sesuai keinginan pembuat web disetiap pengembangannya.

Jika web Anda ingin dilengkapi dengan forum, Wordpress merupakan pilihan terbaik karena Wordpress ini menyediakan CMS yang dapat digunakan untuk membuat forum bernama BBPress. 

3. Drupal

CMS Drupal merupakan CMS yang bersifat terbuka (open source) seperti CMS lainnya. Meskipun free, menurut beberapa pemakai, CMS ini agak sulit bagi pengguna baru.

Drupal juga pernah menjadi CMS terbaik pada tahun 2008 dan Runner up pada tahun 2010. Sayangnya setelah itu Drupal selalu berada dibawah CMS Joomla dan Wordpress.

Meskipun demikian, Drupal memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki CMS lain diantaranya, file size-nya yang ringan hanya 1 M dan 3,3 M saat di extract.

Selain itu CMS ini mudah dalam penginstalannya serta didukung database selain MySQL. CMS ini cocok untuk website atau situs – situs berita.

Tags

About The Author

Rijwan 45
Ordinary

Rijwan

Saya merupakan anak RPL yang bercita - cita membangun web sendiri juga menjadi ahli pemrograman serta komputer.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel