7 Bahasa Pemrograman yang Populer Saat Ini

10 Aug 2016 11:47 6417 Hits 0 Comments
Bahasa - bahasa ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para programmer.

gambar via pemrograman.co.id

Bahasa pemrograman adalah bahasa atau instruksi yang dapat dimengerti oleh komputer. Bahasa pemrograman ini wajib dikuasai oleh developer atau programmer yang ingin membangun sebuah aplikasi atau software.

Jumlah bahasa pemrograman itu sangat banyak sampai mencapai ratusan. Tapi tidak semua bahasa pemrograman di pakai oleh semua developer atau programmer.

Mungkin mereka hanya menggunakan 1 atau 2 bahasa pemrograman saja sesuai kemampuan mereka.

Salah satu riset pembuat peringkat bahasa pemrograman yaitu Tiobe, telah mengeluarkan peringkat bahasa pemrograman dalam bentuk TIOBE Programming Community Index edisi bulan Agustus 2016.

Untuk lebih jelasnya klik link berikut ini http://www.tiobe.com/tiobe-index//

Hasil Survey Tiobe.

Selain Tiobe ada juga PYPL (PopularitY of Programming Language index) yang merilis peringkat bahasa pemrograman yang banyak dipakai sampai bulan Agustus 2016.

Anda bisa melihatnya disini http://pypl.github.io/PYPL.html

Hasil Survey dari PYPL.

Dari hasil survey kedua situs diatas, bahasa pemrograman Java menepati peringkat pertama baik itu di Tiobe maupun PYPL.

Dan dari hasil diatas kita mendapatkan 7 bahasa pemrograman yang masuk 10 besar di kedua situs tersebut.

1. Java

gambar via homepages.thm.de

Bahasa pemrograman Java yang menempati urutan pertama di kedua situs diatas merupakan sebuah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai platform dari PC sampai mobile phone.

Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan oleh Sun Microsystem pada tahun 1991 tapi akhirnya dilepas ke Oracle.

James Gosling memberikan nama Java pada pemrograman ini karena ia terinspirasi dari kopi kesukaannya yang berasal dari Pulau Jawa Indonesia.

Alasan Java menjadi popular di dunia pemrograman adalah karena Java dapat berjalan di system operasi yang berbeda – beda dan termasuk ke dalam bahasa pemrograman OOP (Object Oriented Programming).

Selain itu Library pada bahasa pemrograman Java juga lengkap sehingga memudahkan programmer dalam membuat program.

Smartphone Android juga menggunakan bahasa Java sehingga banyak programmer yang tertarik untuk menggunakan bahasa Java karena memang sangat dibutuhkan.

2. C

gambar via sangwidy.wordpress.com

Bahasa C merupakan Bahasa Pemrograman yang paling tua. Bahasa ini dikembangkan pertama kali pada tahun 70-an oleh Dennis Ritchie.

Bahasa C ini sangat populer di dunia termasuk di Indonesia. Karena hampir seluruh perguruan tinggi jurusan IT dan lembaga khusus pemrograman menggunakan bahasa ini untuk dipelajari pertama kali.

Alasannya karena bahasa C ini merupakan bapak dari bahasa pemrograman lainnya seperti C#, Java, C++ dan lain sebagainya.

3. C++

gambar via rizkyfauzi.blogspot.com

Bahasa C++ merupakan pengembangan dari bahasa C.Bbahasa pemrograman ini pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stourstrup.

Sebenarnya C dan C++ memiliki sintaks penulisan yang hampir sama, hal yang membedakannya adalah pada penyelesaian masalahnya.

Pada pemrograman C penyelesaian dilakukan dengan membagi ke dalam sub – sub masalah yang lebih kecil lagi atau biasa disebut prosedural.

Sementara pemrograman C++ lebih berorientasi pada objek dimana permasalahan dibagi kedalam class – class.

Banyak perusahaan yang menggunakan bahasa C++ untuk membangun softwarenya seperti Adobe, Firefox maupun Winamp yang sekarang berhenti dikembangkan.

Tags Teknologi

About The Author

Rijwan 45
Ordinary

Rijwan

Saya merupakan anak RPL yang bercita - cita membangun web sendiri juga menjadi ahli pemrograman serta komputer.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel