14 Tips Mengurangi Bahkan Bisa Menyembuhkan Rabun Jauh dengan Mudah

3 Aug 2016 16:43 6211 Hits 1 Comments
Anda merasa mata Anda kurang sehat, rabun jauh atau minus? Cobalah 14 tips berikut ini agar mata Anda sehat kembali.

Rabun jauh atau mata minus merupakan penyakit yang sangat mengganggu bagi penglihatan penderitanya. Penyakit ini bisa diderita oleh siapa saja. Jadi bukan hanya orang dewasa saja yang menderita penyakit ini tapi remaja sampai anak – anak juga bisa menderita penyakit ini.

Penyebabnya bisa dari keturunan dan kebiasaan kita juga, seperti nonton TV terlalu dekat atau main game yang terus terusan dan masih banyak lagi penyebabnya.

Untuk menolongnya kadang kita harus memakai kacamata atau softlens agar mampu melihat dengan normal. Tapi masih ada cara lain agar kita bisa menolong mata kita yang minus. Caranya adalah dengan 14 tips berikut.

1. Melatih Fokus Penglihatan dengan Telunjuk

gambar via hipwee.com

Latihan ini sangat mudah. Anda tinggal duduk dengan nyaman dan tempatkan telunjuk Anda di depan hidung dengan jarak 10cm.

Fokuskan pandangan Anda kearah telunjuk kemudian ke fokuskan ke arah jauh dibelakang telunjuk. Lalu kembalikan lagi fokus Anda kearah telunjuk. Lakukan tanpa menggeserkan kepala Anda.

Ulangi hingga 10 kali maka minus Anda akan berkurang dan penglihatan meningkat.

2. Lakukan Senam Mata

gambar via hipwee.com

Goyangkan bola matamu ke kanan dan ke kiri, lalu kedipkan 100 kali. Lakukan setiap hari. Latihan ini juga berguna untuk melumasi mata kita agar tidak kering.

3. Kurangi Ketegangan Mata.

gambar via hipwee.com

Jangan terlalu lama melihat objek tertentu karena hal ini bisa menyebabkan ketegangan pada otot mata Anda. Contohnya jika Anda bekerja di depan komputer, jangan terlalu lama menatap layar monitor. Sekali – kali alihkan pandangan Anda dari layar monitor seperti melihat ke luar jendela.

4. Hangatkan Mata dengan Sinar Matahari

gambar via hipwee.com

Maksud disini bukan berarti anda menatap matahari. Tapi tutup mata anda lalu hadapkan ke matahari di pagi hari. Dan jangan terlalu lama, lakukan secukupnya.

Lakukanlah setiap pagi hari agar mata menerima asupan vitamin D setiap hari.

About The Author

Rijwan 42
Ordinary

Rijwan

Saya merupakan anak RPL yang bercita - cita membangun web sendiri juga menjadi ahli pemrograman serta komputer.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel