Begini Cara Menguji Antivirus, Firewall, Browser dan Software Security Anda

2 Aug 2016 11:57 4017 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Anda punya antivirus yang menjaga sistem, firewall di aktifkan, plug-in browser semua up-to-date dan Anda tidak kehilangan patch security

Anda punya antivirus yang menjaga sistem, firewall di aktifkan, plug-in browser semua up-to-date dan Anda tidak kehilangan patch security. Namun, bagaimana Anda bisa yakin pertahanan komputer Anda benar-benar bekerja seperti yang Anda bayangkan?

Tools ini juga bisa berguna jika Anda mencoba menentukan seberapa aman PC orang lain. Tools ini bisa menunjukkan seberapa banyak software yang rentan di PC Anda.

 

Tes antivirus Anda

Kami tidak merekomendasikan Anda untuk mendownload virus untuk diuji program antivirus Anda – itu akan menjadi bencana. Jika Anda pernah ingin menguji antivirus dapat menggunakan file tes EICAR. File tes EICAR bukan virus – hanya serangkaian teks yang berisi kode berbahaya yang bertuliskan EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!".

Namun, semua program antivirus dilatih untuk menguji scanner real-time antivirus dan memastikan itu menangkap virus baru, dia juga bisa digunakan untuk proteksi lainnya. Misalanya, jika Anda menjalankan antivirus di server mail Linux dan ingin mengujinya itu bekerja dengan baik Anda bisa menggunakan EICAR.

Note: Penting untuk menguji dan memastikan semua pertahanan Anda dikonfigurasi dengan baik dan bekerja dengan semestinya, tetapi tidak bisa dijamin antivirus bisa menangkap semua virus baru karena setiap hari ada virus baru muncul.

Anda dapat mendownload file EICAR dari situsnya. Namun, Anda juga bisa membuat file EICAR sendiri dengan membuka teks editor (seperti notepad) dan copy-paste teks di bawah ini dan save.

X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

Antivirus Anda seharusnya bisa mendeteksi file EICAR sebagai virus.

Begini Cara Menguji Antivirus, Firewall, Browser dan Software Security Anda

 

Port Scan Firewall Anda

Jika Anda ada di dekat router, network address tranlation  (NAT), fitur ini secara efektif sebagai firewall, mencegah komputer lain di internet terhubung ke komputer Anda.  Untuk memastikan software terlindungi dari internet – baik dengan router NAT atau melalui firewall jika software Anda terkoneksi dengan internet. Anda bisa menggunakan website ShieldsUP!. Ini akan men-scan port alamat IP Anda, menentukan apakah port terbuka atau tertutup. Anda perlu port ini tertutup untuk melindungi dari kerentanan dari internet.

Chek plug-in browser

Plug-in browser sekarang banyak dijadikan alat serangan. Anda harus pastikan versi plug-in paling up-to-date semua jika Anda ingin aman online.

Website Plugin Chek Mozilla sangat baik untuk masala ini. Ini dibuat Mozilla sendiri, tetapi tidak hanya bekerja di Firefox, dia juga bekerja di Chrome, Safari, Opera dan Internet Explorer.

Jika plug-in Anda out-of-date, segeralah update agar aman. Jika Anda telah menginstal Java, uninstall sekarang atau nonaktifkan. Java sangat rentan terinfeksi zero-day dan rentang serangan lainnya.

 

Scan software yang rentan serangan

Pada sistem operasi yang memiliki repository (seperti Linux) atau store aplikasi (seperti iOS, Android dan Windows 8 keatas) sangat muda untuk mengupdatenya, apalagi Anda mengaktifkan auto update. Namun, untuk Windows 7 dan versi yang lebih tua (atau bahkan Windows baru dengan software yang tidak ada di sotre) ini tidak bisa dilakukan.

Secunia, perusahaan keamanan IT mengembangkan aplikasi gratis yang bernama Secunia Personal Software Inspector. Ketika di instal, Secunia PSI akan men-scan software yang terinstal di PC Anda dan mengidentifikasi software yang sudah usang.

Tentu saja ini belum mencakup semuanya. Tidak ada cara lain mematikan antivirus Anda bisa menangkap setiap virus yang dibuat – tidak ada antivirus yang sempurna. Tidak ada cara lain untuk memastikan Anda menjadi mangsa phising atau serangan lainnya. Tetapi, alat-alat ini bisa membantu Anda menguji pertahanan PC dan yang paling penting siap ketika serangan datang.

Tags

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel