Cara Mulis Artikel dengan Baik!

1 Aug 2016 12:36 1339 Hits 0 Comments
Menulis itu gampang!!!

Dengan maraknya pengunjung internet yang kian hari kian bertambah, maka kita sebagai penulis aktif harus mengetahui bagaimana cara agar website atau blog kita tidak membosankan.

Apakah menulis artikel itu susah? Tentu susah bagi seorang pemula, tapi bagi seorang professional nulis artikel itu sangat mudah.

Dalam menulis artikel baik itu pemula ataupun pro ada aturan – aturan yang harus diterapkan jika ingin mendapatkan peringkat di google. Lupakan semua itu, mulailah menulis dengan menggunakan gaya masing – masing. Jangan berfokus pada metode yang sesuai dengan SEO.

Lupakan SEO dalam menulis artikel, ok!

Menurut orang lain mengoptimalkan SEO akan membuat website/bolg kita akan mendapat banyak pengunjung. Justru menurut saya tidak, karena meskipun mengoptimalkan SEO jika artikel yang ditulis tidak berbobot maka artikel tersebut tidak akan dibaca.

Lantas bagaimana cara agar kita dapat menulis artikel yang berbobot?.

Ini dia.

1. Tentukan Target Pembaca

Tidak semua pembaca sama. Semua orang yang ada di dunia ini berbeda- beda dalam hal membaca. Ada yang ingin membaca artikel tentang teknologi, otomotif, tips memasak dan lain-lain.

Kita sebagai penulis harus memilih dulu target pembaca sebelum mulai menulis.

2. Tentukan topik

Kuasai topik yang akan kamu buat menjadi artikel. Pilih topik apa yang sedang hot atau digemari oleh target yang anda tentukan sebelumnya.

Setelah anda menentukan topik, buat judul dengan menyertakan keyword dan kata-kata unik seperti 2016,terbaik,dll. di dalamnya.

3. Buat Sesederhana dan seunik mungkin

Maksud dari sederhana disini itu, penulis tidak usah banyak basa basi dalam menulis. Dan maksud unik disini dalam menulis kita harus menyertakan sesuatu seperti gambar, video, link dan lain – lain. Gunakan juga subheader agar lebih menarik.

Untuk gambar sebaiknya menggunakan link dari website tempat penyimpanan gambar, seperti di postimg.org dan ukurannnya sebaiknya jangan lebih dari 300 kb. gambar juga harus sesuai dengan artikel yang dibuat agar memudahkan pembaca dalam memahami tulisan yang anda buat.

Tidak usah membuat huruf menggunakan font – font yang sulit dibaca. Karena sayang jika topiknya bagus tapi sulit dibaca itu akan percuma, iya kan?

Jika bingung gunakan font-font biasa saja seperti arial, Helvetica, dan lain-lain. Sedangkan ukuran font biasakan antara 14-22 px.

Buatlah subheading juga di artikel yang anda buat serta masukan keywordnya agar pembaca lebih tertarik.

Paragraf juga jangan terlalu panjang, cukup dengan 3-5 baris.

4. Isi yang harus berbobot

Pilih! Enak mana baca satu artikel lengkap atau beberapa artikel yang terpotong-potong? Tentu enak yang satu kali baca, ya kan?

Nah, maka dari itu dalam menulis kita harus paham betul mengenai topik yang dibahas. Jika tidak tahu bisa copas dari orang lain.

Eitts, bukan berarti copy paste selesai, tapi baca dulu artikel orangnya dan buat lagi dengan kata-kata sendiri.

Agar dapat meyakinkan pembaca, masukan link keluar untuk menjelaskan kata-kata yang tidak dipahami pembaca,OK!

5. Sunting Kembali

Selesai menulis bukan berarti selesai artikel kita. Kita harus membacanya sendiri sebelum dibaca orang lain. Siapa tahu pada artikel kita banyak kesalahan atau kekeliruan dalam menulis. Maka sebelum di publish coba baca dan benarkan kalimat yang tidak enak dibaca,Ok!

6. Lakukan Optimasi On-Page SEO

Katanya lupakan SEO!

Maksudnya, lupakan SEO dalam menulis jika sudah selesai menulis ingat kembali SEO.

Sebenarnya proses ini tidak lama, cukup satu menit juga beres. Tapi kebanyakan orang banyak yang terlalu memperhatikan SEO dan mengabaikan isi artikel.

Dalam optimasi SEO, masukan keyword dalam title dan masukan juga keyword dalam URL.

Dalam SEO juga biasanya ada Meta Description. Nah, kesalahan yang sering terjadi disini adalah menumpuknya banyak keyword yang menurut saya tidak penting.

Di sini cukup tulis satu saja keyword yang kita sertakan, jangan lebih.

 

Itulah tips agar dapat menulis artikel yang bagus. Dalam menulis sering-seringlah membaca karena jika kita mau menulis kita harus banyak membaca.

 

Sumber: panduanIM, ihsanfirdaus.com

About The Author

Rijwan 42
Ordinary

Rijwan

Saya merupakan anak RPL yang bercita - cita membangun web sendiri juga menjadi ahli pemrograman serta komputer.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel