Mau Browsing Offline di Chrome? Begini Caranya

3 Aug 2016 08:00 2647 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Ketika Anda mengunjungi website di browser semua sumber seperti gambar sheet dan file Javascript di download dan di simpan di cache browser

Ketika Anda mengunjungi website di browser semua sumber seperti gambar, sheet dan file Javascript di download dan di simpan di cache browser. Ini memungkinkan lawan web yang sudah kita kunjungi akan dimuat lebih cepat karena browser tak perlu mendownload lagi.

Cache juga berguna jika Anda berada di tempat yang tidak ada koneksi internet. Mode offline Chrome memungkinkan Anda untuk menggunakan cache agar bisa melihat web yang sudah Anda kunjungi (dan sudah di-copy ke cache) ketika Anda offline.

Bulit-in mode offline  Chrome tak mudah untuk ditemukan, tetapi kami akan menunjukkannya dan bagaimana mengaktifkan juga menggunakannya.

Note: Mode offline Chrome ada di chrome://flags. Ini merupakan fitur eksperimental yang mungkin akan diganti, rusak atau hilang begitu saja dan bisa berpengaruh negatif pada browser Anda. Namun, bila Anda mengikuti instruksi ini tidak akan terjadi masalah.

Ketik chrome://flags/#show-saved-copy di address bar dan tekan Enter. Ini akan membawa Anda langsung ke fitur ini.

Di bawah Show Saved Copy Button pilih Enable: Primary pada menu drop down. Untuk Enable: Secondary memberikan fungsi yang sama dengan cara yang sedikit berbeda. Anda bisa menggunakan salah satunya dan kita akan membahas perbedaannya di artikel ini nanti. Kemudian klik Relaunch Now di bagian kiri.

Sekarang ketika Anda sedang offline dan mengunjungi website Chrome akan memuat semua copy-an di dalam cache, bukan dari server. Jadi, jika Anda tahu bakal tak mendapat koneksi internet pastikan kunjungi website-website yang ingin Anda akses secara offline agar di simpan di cache.

Ketika mengunjungi website secara offline Anda mungkin akan melihat This site can’t be reached. Tampilan ini muncul ketika kita memilih Enable: Primary di tombol drop down Show Saved Copy akan menjadi tombol biru dan sebelah kanaknya tombol Reload.

Tampilan ini akan berganti segera, tetapi akan ada satu lagi yang memungkinkan Anda untuk mengakses salinan cache dari situs yang Anda kunjungi.

Jika Anda memilih Enable: Secondary, Show save copy akan berwarna abu-abu di sebelah kanan , tetapi ini juga berfungsi.

Tampilan This site can’t be reached akan berubah menjadi here is no Internet connection. Untuk mengakses versi cache klik tombol Show saved copy.

Selain Chrome untuk Windows fitur mode offline juga tersedia di Mac, Linux, Chrome OS dan Android dan untuk mengaktifkannya sama seperti di Windows.

Anda perlu ingat Anda sedang mengunjungi versi web saat Anda mengakses website salinan cache website tersebut. Jadi, untuk website yang sering update tampaknya ini akan kurang berguna. Selain melihat salinan cache dari situs secara offline ada juga aplikasi Chrome yang bisa digunakan secara offline.

Jika Anda mengunjungi situs web yang tidak di-cache Anda akan melihat layar di atas, tetapi tombol Show saved copy tidak tombol tidak ada. Ini juga akan terjadi ketika Anda menghapus cache, jadi manfaatkanlah koneksi internet untuk menyimpan cache agar Anda bisa mengakses banyak website ketika offline. Tidak menghapus cache juga merupakan cara untuk mempercepat Anda browsing di Chrome.

Bila Anda suka bereksperimen chrome://flags merupakan tempat yang baik. Chrome://flags merupakan tempat di mana semua fitur versi beta Chrome ada di sini, namun cari tahulah sebelumnya mengenai fitur yang ada di sini sebelum mengaktifkannya karena sifatnya masih eksperimen.

Tags Browser

About The Author

Ricky Sulastomo 72
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel