Bingung dengan Fitur Do Not Disturb? Ini Penjelasannya

28 Jul 2016 18:25 31633 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Do Not Disturb Android tampaknya merupakan pengaturan yang simple, tetapi ketika Google merombaknya secara dramatis di Lollipop dan dibenahi lagi di Marshmallow fitur ini sedikit membingungkan

Do Not Disturb Android tampaknya merupakan pengaturan yang simple, tetapi ketika Google merombaknya secara dramatis di Lollipop dan dibenahi lagi di Marshmallow fitur ini sedikit membingungkan. Tetapi, semuanya untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

 

Do Not Distrub: Sejarahnya

Kita kembali ke Kitkat karena di sinilah fitur ini muncul. Melalui tombol volume pada Android versi ini Anda bisa mengaktifkan hanya mode getar atau diam (silent). Namun, muncul pertanyaan ‘berapa lama ponsel saya harus silent?’, bila kita lupa mengaktifkan kembali mode normal, semua pesan, email, panggilan akan terlewatkan.

Ketika Lollipop di rilis Google mengubah hal tersebut. Ketika Anda mengecilkan volume sampai seminimal mungkin ponsel akan masuk ke mode hanya bergetar – tak ada seting untuk silent. Tetapi, kini muncul: None, Priority dan All. Ini tampaknya membuat kebingungan sedikit bagi pengguna, bahkan banyak yang melewatkan fitur ini.

Tap pada Priority atau None opsi yang akan muncul membuat pengguna lebih bingung: Indefinitely dan lama fitur ini berjalan. Tergantung dari pengaturan yang dipilih, fitur ini akan mengabaikan semua notifikasi –panggilan, SMS, kalender, email dll – selama waktu yang Anda tentukan.

Anda bisa mengatur notifikasi apa saja yang bisa bersuara pada pengaturan Prioritas, tetapi ini cukup berbelit-belit karena Anda harus masuk ke Settings untuk mengaturnya.

Muncullah pertanyaan, apa yang dilakukan None? Karena itu di Marshmallow Google mengganti Do Not Distrub kembali bekerja. Google mengembalikan fungsi volume untuk membuat ponsel hanya bergetar atau silent dengan menekan volume down.

Anda juga bisa memilih mengaktifkan Do Not Disturb dari menu Quick Settings dengan lebih banyak pilihan. Di sana tersedia Total Silence, Alarm Only dan Priority Only dan juga mengatur waktu berapa lama Do Not Disturb aktif.

Bagaimana mengatur Do Not Disturb dan notifikasi Prioritas?

Dasar Do Not Disturb bisa diterima, tetapi fitur yang lebih baru tetap tak begitu jelas. Total Silence masih bisa diterima, tetapi Prioritas Mode tidak akan berarti banyak bagi Anda kecuali Anda masuk ke pengaturannya.

Pada dasarnya Android memetakan notifikasi dengan beberapa jenis: Alarms, Reminders, Event, SMS dan Panggilan. Jika Anda masuk ke Settings > Sounds > Do Not Disturb Anda bisa pilih notifikasi mana yang menjadi prioritas. Dengan cara seperti ini telepon dari keluarga Anda tidak akan terlewatkan ketika sedang rapat. Tetapi, ini juga perlu perubahan agar pengguna tak terlalu ribet kembali mengaktifkan dan menonaktifkan aplikasi yang masuk kategori Prioritas karena tak selalu aplikasi tersebut tak dibutuhkan saat sibuk.

Untuk panggilan juga ada fitur yang brilian, Repeat Callers. Ini akan membuat penelpon yang sama yang menelpon dua kali dalam rentang waktu 15 menit akan bersuara di ponsel Anda. Brilian bukan?

Setelah mengotak-atik pengaturan ini Anda bisa membuat Do Not Disturb menjadi mode silence (tak akan ada notifikasi yang bersuara) atau hanya mode Prioritas yang membuat notifikasi penting yang Anda pilih akan tetap aktif di ponsel Anda

Bila Anda ingin ponsel Anda benar-benar masuk ke dalam mode diam Anda cukup menekan volume down hingga paling minimum. Cukup mudah bukan?

Notifikasi akan menjadi fitur yang terus diperbaharui karena pengguna Android ingin fitur ini cerdas dan mengerti mereka (menyala saat di butuhkan dan mati saat tak diinginkan). Mungkin Android butuh AI (Artificial Intelligent) agar mengetahui keinginan penggunanya.

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel