Bosan dengan Makanan Biasa? Mungkin Kamu Perlu Coba Makan 7 Serangga Ini!

27 Jul 2016 10:27 2388 Hits 2 Comments
Katanya serangga cukup lezat juga untuk dimakan

Salah satu yang membuat kita-kita semua (sebagai manusia) merasa tergiur oleh makanan adalah aroma dari bahan-bahannya. Kita makan sate karena kita tahu yang ditusuk itu adalah daging sapi/ayam/kambing. Begitu juga dengan makanan lainnya. 

Tapi, bagaimana kalau misalnya bahan-bahan makanan yang kita makan itu ternyata bukanlah bahan yang umum dimakan? Tentu kita bakal muntah. Apalagi kalau tidak higenis. Banyak kan tuh kasus bakso yang berbahan daging tikus atau malah celeng. 

Jadi, males deh makannya. 

Yang unik, di beberapa negara, beberapa jenis makanan dari bahan yang dianggap “jijik” atau tidak biasa disini justru jadi santapan. Menurut mereka, makanan-makanan tersebut cukup lezat untuk dimakan.  Makanan tersebut bukan hewan mamalia, melainkan serangga. 

Yah, serangga.

Dilansir dari Sajian Sedap (27/07/2016), berikut 7 jenis serangga yang umum dijadikan makanan.


1. Kalajengking

Ternyata ada juga orang yang makan kalajengking. Serangga yang satu ini menjadi santapan asik bagi orang-orang di sebagian Asia Tenggara. Sebut saja Kamboja dan sebagai pasar tradisional Tiongkok, banyak yang menjual makanan jenis kalajengking. 

Biasanya, kalajengking ini dihidangkan dengan cara digoreng, dibakar, atau dipanggang. Tapi ada juga lho orang yang makan kalajengking ini dengan cara dimakan secara mentah. 

2. Kecoa

Boro-boro mau memakan serangga yang satu ini, lewat dibawah kaki atau terbang di dinding kamar aja bikin saya pingin lari. Tapi, di sebagian masyarakat Tiongkok, kecoa menjadi santapan yang lezat. Mereka menganggap kecoa itu semacam cemilan.

Tentu saja mereka tidak makan secara mentah. Umumnya sih mereka makan kecoa yang sudah digoreng menggunakan minyak kacang. Oh yah kecoa yang dihidangkan tidak memakai sayap yah. 

Menurut mereka, makan kecoa ternyata bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Contohnya penyakit jantung. 

3. Lebah dan Tawon

Orang-orang di Amerika Selatan, Australia, Afrika, Meksiko, dan bahkan sebagian di Asia terbiasa memakan lebah, tawon, dan  larva lebah. Katanya rasanya bagaikan rasa makan kacang almond. Sementara tawon, menurut mereka rasnaya seperti kacang pinus. 

Kalau menurut saya sih, mending  makan kacang almond dan kacang pinus kalau memang rasanya sama. 

4. Rayap

Orang-orang di Amerika Selatan dan Afrika umum memakan serangga ini. Mereka biasa memakan serangga ini dengan cara digoreng, bahkan tidak sedikit juga yang memakan rayap dengan cara dimakan dengan mentah. 

Rayap ini katanya banyak mengandung zat besi, protein, dan asam amino. Nah, kalau ada yang kurang protein, bisa kali yah makan makanan ini. 

5. Semut

Fakta menarik tentang semut adalah bahwa serangga ini punya 14 gram protein setiap 100 gram semut. Jadi, kalau kita mencicipi kumpulan semut dengna berat 100 gram, kita sudah mencukupi 14 gram protein dalam tubuh. 

Bukan cuman itu, kalori kita juga lumayan cukup karena 100 gram semut itu memiliki jumlah kalori yang mendekati angka 100 gram. Kalau kurang kalsium, 100 gram semut juga bisa jadi santapan mengingat ada 48 gram kalsium di dalamnya. 

6. Tarantula

Lagi-lagi di Kamboja ada orang yang suka makan serangga. Kali ini adalah tarantula. Serangga ini banyak dijual di pasar tradisional Kamboja. Tarantula ini biasanya dihidangkan dengan cara digoreng lalu disajikan bersama dengan saus lemon. 

Entah apa rasanya, tapi katanya sih seperti udang goreng dan daging ayam goreng. 

7. Belalang

Ada sebagian negara lho yang suka dengan belalang. Bukan belalang mentah, melainkan belalang goreng. 

Sajian belelang goreng ini sebenarnya cukup menarik selera. Pasalnya, belalang ini biasanya direndam dulu dalam kaldu. Setelah itu, belelang diangkat, dicampur dengan berbagai bahan seperti ketumbar, bawang putih, cabai bubuk, dan juga tepung. 

Barulah kemudian digoreng sampai kering. Dan jadilah belalang goreng. 

Kalau penasaran seperti apa belalang goreng, bisa kunjungi Yogyakarta. Karena di provinsi yang menyandang status daerah istimewa ini, seringkali ditemukan penjual belalang goreng. 

Diantara 7 serangga tersebut, kira-kira mana yang mengunggah selera? Berani coba? 


Sumber : Sajiansedap.com 
Gambar : Flickr.com 

Tags Kuliner

About The Author

Yuda Anggara Kusuma 29
Novice

Yuda Anggara Kusuma

masih belajar menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel