5 Mobil Balap dengan Desain Teraneh yang Pernah Ada

20 Jul 2016 15:26 4889 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Ada mobil balap besutan produsen yang dibuat dengan desain atau tampilan yang aneh

Gambar  via Flicker

Mobil balap yang biasanya diproduksi oleh Honda, Ferrari hingga Mercedes merupakan jenis mobil yang jadi tolak ukur dalam adu balap keren, terutama dalam Formula 1. Ajang ini bisa menjadi unjuk kebolehan produk-produk dari produsen mobel. Selain itu, ajang ini juga jadi tempat mempromosikan mobil besutan produsen-produsen ternama itu.

Mobil balap adalah cara sebuah produsen kendaraan menunjukkan kalau mereka telah meraih kesuksesan. Sebut saja Honda, Ferrari hingga Mercedes yang selalu terlibat balapan Formula
Tiga produsen tersebut selalu memperbaiki dan memperbarui mesin ciptaannya agar bisa melaju paling cepat di aspal pada ajang Formula 1. Ajang balap jet darat itu sekaligus dijadikan sebagai cara melakukan promosi untuk menjual mobil-mobil mereka.

Mobil besutan  produsen-produsen terkemuka itu  untuk ajang balap ini biasanya dibuat dengan model yang menarik dan khas. Bagi Anda yang sering menonton formula 1, Anda pasti tahu.

Namun, tahukah kalau ada juga mobil besutan produsen yang dibuat dengan desain atau tampilan yang aneh. 5 diantaranya yang teraneh adalah sebagai berikut.

1. Chevrolet Camaro dan Ford Festiva Upside Down

Jeff Block desain dari SpeedyCop membuat sebuah mobil dengan desain yang anti-mainstream. Desainer yang satu ini menciptkan mobil terbalik yakni Chevrolet Camaro. Mobil yang satu ini dibuat dengan keadaan ban dan bagian penggerak di bagian bawah sebagai kasing tambahan. 

Jeff Block juga menciptakan mobil terbalik lainnya yakni Ford Festiva Upside Down. Mobil terbalik hadir tanpa menggunakan atap dan digunakan pada ajang musim balap Lemons.

Yang menarik, kedua mobil yang sudah dimodifikasi tersebut memiliki kapasitas 1300cc dan bisa melaju dengan kencang serta stabil.

2. BMW H2R

Ada-ada saja yang dilakukan BMW terhadap mobil balapnya. Perusahaan pencita mobil mewah itu, menciptakan mobil yang terbilang aneh pada Oktober 2005. Mobil dengan model BMW H2R itu adalah sebuah mobil yang memiliki bentuk seperti timun.

Mobilnya berbentuk panjang dengan sentuhan warna seluruh bodinya adalah perak.

Meskipun bentuk mobilnya seperti timun, tapi jangan ragukan dengan mesin dengan kecepatan mobil ini. Mobil ini dibekali mesin V12 6000cc yang punya kemampuan untuk melaju pada kecepatan 301.95 km/jam.

3. March Engineering 711

Tahun 1971, tepatnya pada gelaran ajang Formula 1, March Engineering menciptakan sebuah mobil yang terbilang unik atau bisa disebut juga aneh sih. Aneh karena mobil tersebut hadir dengan desain yang tak lazim, yakni adanya sayap pada bagian "hidung" mobil yang mereka namakan Spitfire.

Dengan desain mobil aneh tersebut, tim March Engineering tidak pernah menang atau naik podium di ajang Formula 1. Hal ini dikarenakan mobil tersebut cenderung lambat. Mungkin karena kehadiran sayap yang aneh itu yang membuat mobil terasa berat.

4. Italcorsa TARF II

Ada jenis mobil yang menggunakan mesin Ferrari 246 Dino DOHC V6 2.418cc dengan desain aneh. Mobil yang juga dibenamkan 3 karburator twin-choke dan girboks Rover ini bernama Italcorsa TARF II.

Mobil ini tampak aneh karena memiliki desain bentuk âkembarâ (dua bagian sama). Bagian pertama yang bisa digunakan untuk pembalap dan bagian kedua yang tepat di sebelah kanan merupakan tempat untuk mesin mobil tersebut.

Yang menarik, meskipun mobil tersebut aneh, mobil Italcorsa TARF II ini pernah meraih kesuksesan dengan meraih tujuh rekor kecepatan sekitar tahun 1951 dan 1952.

5. Chaparral 2H

Chaparral 2H hadir dengan sayap mobil yang ada di bagian tengah menjulang keatas. Bentuknya yang tidak lazim dan berlebihan ini membuat desain mobil balap ini terasa aneh.

Tidak heran jika mobil yang hadir tahun 1970-an ini kemudian tidak laku di pasaran. Mungkin karena bentuk desainnya yang memang aneh.

Diantara lima mobil balap dengan desain tersebut, kira-kira mana yang paling aneh. Kalau kata si gue sih, semuanya aneh. Gimana menurut Anda?

sumber dan gambar via Liputan6

Tags Mobil

About The Author

Yuda Anggara Kusuma 31
Ordinary

Yuda Anggara Kusuma

masih belajar menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel