5 Fitur Nova Launcher yang Paling Berguna

22 Jun 2016 16:00 11580 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nova Launcher merupakan launcher favorit untuk pengguna Android yang ingin full kostumisasi dan memang benar, dia memiliki fitur yang berlimpah yang membantu pengguna membuat tampilan seperti yang mereka inginkan

Nova Launcher merupakan launcher favorit untuk pengguna Android yang ingin full kostumisasi dan memang benar, dia memiliki fitur yang berlimpah yang membantu pengguna membuat tampilan seperti yang mereka inginkan. Namun, ada fitur-fitur yang sangat berguna untuk mempermudah Anda, berikut 5 fitur yang paling berguna.

 

Menambah fungsi ikon di home screen

Nova memilik fitur yang memungkinkan Anda men-swipe ikon dan folder untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu. Sebagai contoh, kita bisa mengatur ikon Maps secara otomatis menavigasi ke rumah kita ketika kita men-swipe ikon tersebut, ikon telepon untuk menelpon ibu atau folder untuk melihat semua isinya. Ini bukan hanya untuk menambah fungsi ikon home screen, tetapi cara yang membuat perangkat Anda lebih keren.

Untuk mengaktifkan fitur ini cukup tap lama pada ikon (atau folder) yang ingin ditambah fungsinya dan edit menu “Swipe action”. Dari sini Anda bisa memilih tugas apa yang akan ditambahkan pada icon atau folder tersebut.

 

Buat Shortcut apa saja dengan gesture di home screen

Kali ini kita tidak hanya menggesekkan saja, namun membuat pola tertentu di home screen untuk memberikan perintah kepada Android kita. Misalnya, jika Anda rindu dengan gerakan swipe ke atas di home screen untuk membuka Google Now Anda bisa mengembalikannya dari Nova Launcher. Atau bila Anda ingin membuka kamera dengan membuat lingkaran di home screen.

Untuk membuat gesture di Nova masuk ke Settings Nova kemudian scroll ke bawah cari Gestures & inputs kemudian lihat dibawah pada opsi Gesture kemudian tap salah satu gesture (Swipe up) maka akan muncul tiga kategori (Nova, Apps dan Shortcut).

Opsi Nova dan Shortcut merupakan fungsi yang terkuat dan paling serbaguna. Di opsi Nova Anda bisa membuat gesture untuk Search, membuka Google Now, mengunci ponsel dan sebagainya. Pada opsi Shortcut Anda bisa menggunakannya untuk menelpon kontak, SMS, membuka playlist pemutar musik dan sebagainya.

 

Ubah fungsi tombol Home Anda

Fitur ini punya satu tujuan, membuat tombol home Anda lebih serbaguna. Apakah Anda menggunakan ponsel dengan tombol fisik atau tidak dengan ini tombol home Anda bisa berfungsi lebih.

Berikut cara kerjanya; ketika Anda di home screen Nova bisa menjalankan tindakan kustom saat tombol home di tekan. Tombol tersebut bisa menjadi apa saja, double-tap tombol home bisa meluncurkan aplikasi, melakukan tindakan atau hal semacam itu. Contohnya, kita menggunakan tombol home untuk membuka Google Now. Ini tentu sangat berfungsi apalagi bagi ponsel yang Google Now nya tak bisa terbuka otomatis ketika mengucapkan OK Google.

Untuk mengakses pengaturan ini masuk ke menu Settings Nova dan tap Gesture & input. Fitur ini terletak di pilihan utama, tap Home Button dan pilih fungsi apa yang Anda inginkan.

 

Atur Home screen Anda menjadi Night Mode secara otomatis

Fitur ini sebenarnya ada di beberapa ponsel modern yang sudah menjalankan Android N. Dia mencoba mengatur night mode sesuai zona waktu kita, Custom memungkinkan Anda menentukan kapan Night Mode aktif dan Always yang ingin bertema gelap sepanjang waktu.

Anda juga bisa mengkonfigurasi setiap pengaturan spesifik misalnya jika Anda tidak ingin App Drawer mengubah waran ikon cukup unceklis box ini.

 

Menunjukkan berapa notifikasi yang menunggu Anda dengan Unread Badges

Fitur ini akan menunjukkan berapa notifikasi yang sudah menunggu Anda di setiap aplikasi. Misalnya, ada 5 email masuk dan belum sempat Anda buka maka di email akan muncul teks kecil 5.

Untuk mendapat fungsi ini Anda perlu menginstal plugin Nova yang bernama TeslaUnread. Kemudian masuk ke Settings Nova dan scroll ke bawah cari Unread count badges. Ada toggle di kanan atas yang akan mengaktifkan fitur ini.

About The Author

Ricky Sulastomo 71
Bolpoint

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel