Masalah-masalah yang Sering Dijumpai di Marshmellow dan Cara Memperbaikinya

14 Jun 2016 17:00 3666 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dengan fitur baru dan pilihan yang berlimpah Marshmallow Android 6.0 sayangnya masih membawa beberapa bug untungnya masih bisa kita perbaiki

Android Marshmellow merupakan paket komplit; terlihat baik dan terlihat tak punya masalah bila dilihat sekilas. Dengan fitur baru dan pilihan yang berlimpah Marshmallow Android 6.0 sayangnya masih membawa beberapa bug. Untungnya masalah ini masih bisa kita perbaiki dengan langkah-langkah yang tak terlalu sulit.

 

WiFi menguras baterai

Masalah-masalah yang Sering Dijumpai di Marshmellow dan Cara Memperbaikinya

Ini masalah yang menarik, banyak yang menyebut kasus ini sebagai serigala. Banyak pengguna Marsmallow memposting screenshoot penggunaan baterai mereka dengan WiFi paling yang menguras baterai. Namun, banyak yang bohong dan daya tahan baterai sebenarnya tidak terpengaruh WiFi, namun beberapa pengguna melihat memang WiFi bertanggung jawab untuk baterai mereka yang cepat habis.

Anda bisa mencoba menonaktifkan WiFi scanning di Settings> Location> Scanning (tap tiga titik di sudut kanan). Ini berfungsi untuk men-scanning di background bahkan Anda menoaktifkan WiFi. Yang lain bisa menghentikan masalah ini dengan Settings> Location> Modus> Battery Saving.

 

Secara umum Marsmallow menguras baterai

Masalah-masalah yang Sering Dijumpai di Marshmellow dan Cara Memperbaikinya

Selain menguras baterai secara misterius ada juga menguras baterai yang bisa kita lihat dengan mudah, masalah pokok Android sejak dulu. Cara tercepat untuk memperbaiki pengurasan baterai setelah meng-update Android adalah meng-update aplikasi Anda (ini masalah kompatibel) dan wipe app dan system cache untuk membersihkan data lama.

Anda bisa menghapusnya dari Settings> Apps > pilih aplikasinya >Storage >Clear cache. Untuk menghapus semua chace aplikasi masuk ke Settings> Storage and USB> Data cache> Ok.

Untuk menghapus system cache, matikan ponsel Anda dan masuk ke mode Fastboot (dengan tombol kombinasi yang berbeda untuk setiap merek). Navigasi ke Recovery dan pilih Wipe cache partitions kemudian OK. Setelah selesai reboot ponsel. Harusnya ini menyelesaikan masalah baterai Anda.

Jika masalah baterai belum teratasi, cara berikutnya adalah dengan mengembalikan ponsel Anda ke pengaturan pabrik. Sebelum melakukan ini, cadangkan dulu semua data penting Anda lalu masuk ke Settings> Backup and reset> Factory data reset> Reset Phone> Erase everything.

 

Masalah instalasi Marsmallow

Masalah-masalah yang Sering Dijumpai di Marshmellow dan Cara Memperbaikinya

Jika ponsel Anda hung saat instalasi Marshmallow pilihan terbaiknya adalah menunggu. Kadang-kadang boot pertama setelah update membutuhkan waktu yang lama. Jika masih hung Anda bisa menghapus system cache melalui mode Recovery.

 

Masalah WiFi Marsmallow

Jika Anda mendapat masalah koneksi WiFi di Android Marsmallow ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama, coba aktifkan dan nonaktifkan Airplane Mode. Jika ini tidak berhasil matikan WiFi, reboot ponsel Anda. Selanjutnya Forget Connection dan reconnect. Cara terakhir masuk ke Settings> Backup and reset> Network settings reset.

 

Masalah kestabilan Marhsmallow

Tidak semua update akan membuat ponsel Anda semakin stabil. Karena itu Nexus mendapat update yang pertama, jadi mereka dapat menemukan bug dan melaporkannya ke markas sebelum orang lain menemukannya. Namun, itu tidak sepenuhnya benar karena ketika update masuk ke publik tetap saja masih banyak bug.

Jika Marshmellow Anda tak stabil – reboot acak, aplikasi crash, gangguan dan lag, berperilaku aneh dan sebagainya – maka kita tidak punya banyak pilihan. Matikan ponsel Anda selama satu menit kemudian restart. Langkah selanjutnya mencoba untuk mengidentifikasi masalah, melihat apakah itu terkait masalah aplikasi atau disebabkan sistem.

Untuk mengidentifikasi aplikasi yang bermasalah, boot ke safe mode dengan menekan tombol Power dan kemudian tahan lama Power off (bisa berbeda di setiap merek ponsel). Safe mode akan menonaktifkan semua aplikasi yang terinstal sehingga kita bisa menilai apakah system berjalan dengan baik atau tidak. Jika ponsel Anda berjalan dengan baik berarti Anda harus mencoba meng-uninstall aplikasi satu persatu dan menginstalnya lagi.

 

Masalah charging

Walau di Marshmallow standar USB charging meningkat pengisian malah bermasalah untuk beberapa perangkat, dari perangkat yang baterainya cepat habis hingga baterai ponsel tak mengisi. Marshmallow membawa Doze kepada kita dan aplikasi standby, namun dengan kekurangan ini itu seperti tak berguna.

Tags Android

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel