Hanya dengan Jalan Kaki Selama Seminggu, Berat Badan Anda akan Turun

21 Jul 2016 09:55 4319 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Latihan penuruan berat badan dengan hanya berjalan santai tiap hari ini akan menghasilkan seseorang yang memiliki indeks massa tubuh lebih rendah dibandingkan yang sering pergi ke gym

Ada banyak cara mudah untuk menurunkan berat badan. Hanya saja tidak semua orang mampu melakukannya secara konsisten karena cara paling mudah pun kerap kali dianggap sulit.  

Tapi barangkali akan lain cerita dengan olahraga yang satu ini. Anda tidak perlu ke gym ataupun lari tiap hari dengan lelah hanya demi turun berat badan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah jalan kaki selama satu minggu. Jalan kaki santai dengan waktu 30 menit saja.

Bagaimana bisa?

Dikutip dari Kompas Health (5/6/2016), disebutkan bahwa ada penelitian yang berasal dari London School of Economics yang menemukan fakta bahwa hanya dengan berjalan santai tiap hari, seseorang akan memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah. Bahkan lebih rendah dari mereka yang berlatih gym.

Untuk melakukan hal ini, kita harus tahu bahwa dalam berjalan kaki fokusnya adalah menjadi kegiatan rutin dan tidak semata-mata hanya karena ingin menurunkan berat badan.

Jika Anda tertarik dengan metode ini untuk menurunkan berat badan Anda, silakan lakukan metodenya dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Sebelum memulai, Anda harus menentukan terlebih dulu tingkatan tenaga atau kecepatan saat Anda melangkah. Pasalnya, nantinya Anda harus melakukan gerakan langkah kaki dengan tempo atau skala yang berbeda. Hal ini didasari pada teori jika berjalan kaki dengan tempo yang berbeda ternyata bisa menurunkan berat badan dengan mudah.

Untuk itu buatlah skala kecepatan langkah atau tenaga langkah Anda. Misalnya, memakai skala 1 sampai 10 atau terserah Anda penomorannya. Tapi disarankan memakai skala 1 sampai 10.


Hari Pertama 

Hari pertama yang bisa Anda mulai dari Senin,  Anda harus berjalan dengan durasi 20 sampai 30 menit. Pada hari pertama ini, Anda harus berjalan dengan sekala enam. Yang pasti skala ini adalah skala langkah kaki Anda yang cepat dibanding biasanya.


Hari Kedua 

Pada hari kedua, Anda harus melakukan latihan jalan kaki dengan tempo yang berbeda-beda dalam waktu 20 sampai 30 wanit. Tempo yang berbeda yang dimaksud adalah dengan memakai skala 7 atau 8 untuk 30 detik pertama selanjutnya memakai skala 4 (yang berarti lebih lambat) untuk 30 detik berikutnya. Tentunya Anda perlu konsisten dalam hal ini.

 

Hari Ketiga

Latihan pada hari ketiga sedikit agak rumit tapi cukup menantang. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan workout seperti lunges, push-up, jumping jack, squat atau berjalan dengan lutut ditinggikan. Lakukan workout tersebut selama 30 detik. Tetapi setiap 3 menit berhenti untuk berisitrahat terlebih dulu.

Hanya dengan Jalan Kaki Selama Seminggu, Berat Badan Anda akan Turun

Hari Keempat

Hari selanjutnya cukup menantang. Pada hari keempat ini, Anda harus punya resistance band karena latihannya menyangkut tangan dan bahu. Latihannya adalah memegang resistance band dan meregangkannya di bagian dada. Usahakan saat melakukan ini, regangkan agar setinggi bahu. Lakukan hal tersebut  10 sampai 15 kali setiap 3 menitnya ketika Anda berjalan dalam skala enam ataupun skala tujuh. 

 

Hari Kelima: 

Hari Jumat lebih menantang tetapi mudah dilakukan. Pada hari kelima ini, Anda cukup melakukan latihan yang sebelumnya dilakukan di emat hari sebelumnya. Kombinasikan latihan yang dilakukan di empat hari sebelumnya dengan jangka waktu selama 20 hingga 30 menit.

 

Hari Keenam: Sabtu 

Hari keenam adalah latihan yang lebih mudah. Anda hanya perlu melakukan berjalan kaki santai bersama teman-teman Anda atau keluarga Anda. Tapi ingat, lakukanlah metode jalan kaki dengan skala enam. Jangan lupakan juga Anda perlu menarik ke bagian dalam ketika Anda melangkah.

 

Hari Ketujuh: Minggu  

Pada hari terakhir, latihannya lebih mudah lagi. Yang perlu Anda lakukan adalah berjalan kaki secepat mungkin selama 15 menit. Cukup mudah bukan? 

Nah, bagaimana tips menurunkan berat badan dengan hanya berjalan kaki selama seminggu ini. Cukup mudah dilakukan bukan? Buat yang mau kurus, yuk mari coba latihan penurunan berat badan dengan cara ini. 

Sumber Kompas 

Gambar via Pixabay

 

 

About The Author

Graha 54
Expert

Graha

akun alternatif Hilman Graha @HilmanMN Blogger, Techno Writer, social media enthusiast, hilman.my.id jinggaprasetya.wordpress.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel