Sambal Khas Manado Ala Roa Paman yang Menawan

10 Apr 2016 16:04 3225 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jadi untuk kawan-kawan yang hendak mencoba sambal roa ala Roa Paman ini dapat memesannya ke nomor 081297903675 atau line: roa paman.  Rasanya enak banget dengan tingkat kepedasan yang bisa di-request oleh kita. Kegunaannya juga bermacam-macam karena dapat dicampur ke dalam menu masakan yang berbeda-beda. Menurut saya pribadi, sambal roa ini merupakan salah satu masakan khas nusantara yang terenak.

Bagi Anda pecinta kuliner nusantara, tentu sudah tak asing dengan beberapa masakan khas manado seperti ikan cakalang dan sambal roa. Terus terang saya sampai lulus kuliah, saya belum begitu akrab dengan makanan-makanan khas Sulawesi. Selain belum pernah mencobanya, saya juga jarang mendengarnya jenis masakan khas dari sana. Saya hanya mengetahui bahwa banyak jenis ikan di kawasan sana. Setelah saya bekerja, saya mulai mencicipi masakan khas Sulawesi khususnya Manado di beberapa tempat, baik yang bentuknya restoran maupun yang menjual di foodcourt mall-mall ibukota.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan saya terhadap sambal roa ala Roa Paman yang menurut saya adalah sambal paling enak sepanjang saya menikmati pengalaman kuliner saya. Saya memesannya secara online yang bisa diantar langsung ke rumah saya. Sambal roanya sendiri dikemas dalam satu toples dalam jumlah yang bisa dibilang cukup banyak.

Sambal roa ini warnanya tak terlalu merah menyala seperti sambal umumnya, namun lebih gelap mengarah ke warna cokelat. Sambal roa ini tinggal digoreng tanpa minyak sebab sudah tercampur di dalamnya, Tentunya digoreng sesuai jumlah yang diinginkan, sisanya dimasukkan ke dalam kulkas agar lebih awet. Oh ya, sambal ini dapat tahan dalam kulkas selama 1 bulan. Sambal roa ala Roa Paman ini tak mengenal bahan pengawet, sehingga tidak terlalu lama juga bisa bertahan meski dalam kulkas. Buat saya sih ini lebih baik, lebih menyehatkan jika makan masakan tanpa bahan pengawet. Lagipula jika rasanya enak, saya yakin seminggu juga sudah habis sambal roa ini.

Saya makan sambal roa ini dengan nasi putih panas beserta tempe goreng. Ternyata saya sangat menyukai bahkan bisa dibilang mencintai sambal roa ala Roa Paman ini. Pedasnya benar-benar terasa dipadu-padankan dengan kegurihan ikan dan bumbu khasnya yang benar-benar enak. Tempe gorengnya saya cocol dengan sambal roanya pun terasa jadi lebih enak. Bahkan sebenarnya saking enaknya sambal ini, saya bisa makan nasi putih dengan sambalnya saja. Ya sebenarnya ada lauknya juga dalam sambal tersebut meski memang ikannya tak begitu nampak, tapi terasa kok.

Selanjutnya, saya mencicipi sambal roa ala Roa Paman ini dicampur ke dalam spaghetti dan pastinya juga enak. Ada sensasi yang berbeda karena setahu saya sangat jarang atau bahkan belum ada pasta sambal roa. Selain spaghetti bisa juga sambal roa ini sebagai bumbu utama pembuatan nasi goreng. Artinya sambal roa ini multi guna karena bisa dikombinasikan dengan makanan lainnya dan sama-sama enak.

Sambal roa ala Roa Paman ini setoples dihargai senilai Rp. 210.000-,- (dua ratus sepuluh ribu rupiah). Harga ini termasuk tak mahal sebab bisa dikonsumsi sampai beberapa kali. Apalagi dibandingkan dengan sambal roa di restoran-restoran.

Jadi untuk kawan-kawan yang hendak mencoba sambal roa ala Roa Paman ini dapat memesannya ke nomor 081297903675 atau line: roa paman.  Rasanya enak banget dengan tingkat kepedasan yang bisa di-request oleh kita. Kegunaannya juga bermacam-macam karena dapat dicampur ke dalam menu masakan yang berbeda-beda. Menurut saya pribadi, sambal roa ini merupakan salah satu masakan khas nusantara yang terenak.

Tags

About The Author

Arsha Culinary 34
Ordinary

Arsha Culinary

love to write anything especially about trip culinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel