Begini Cara Lebarkan Sayap Bisnis Online ke Luar Negeri!

1 Apr 2016 10:36 3890 Hits 0 Comments
Mau tahu caranya agar bisnis online-mu dapat berkembang hingga ke luar negeri? Simak ulasannya seperti di bawah ini!

Banyaknya kisah inspiratif yang datang dari orang terkaya di dunia dari nol derajat membuat banyak orang ingin menirunya. Beberapa di antaranya mulai meninggalkan pekerjaan demi terjun langsung ke ranah bisnis online yang kini sedang digandrungi banyak kalangan. Bahkan beberapa dari mereka berhasil membuktikan keberhasilannya dengan melebarkan sayapnya ke luar negeri.

Meski banyak kisah sukses yang dapat dijadikan sebagai contoh, ternyata masih banyak pebisnis yang ragu-ragu dan pesimis akan meraup kesuksesan yang sama seperti para pendahulunya. Alasannya pun beragam, mulai dari kompetitor dari brand-brand besar, harga jual, tata cara dan bahkan kurangnya jejaring yang dimiliki di luar negeri. Sebetulnya hal itu bukan menjadi persoalan besar.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Rumahan Buat Ibu Rumah Tangga

Sebab dengan era yang serba canggih kini kita yang ingin melebarkan pasar ke luar negeri tak perlu membuka toko di sana, cukup dengan memiliki website e-commerce Anda bisa menyentuh pasar baru dari luar wilayah tanah air. Mau tahu caranya agar bisnis online-mu dapat berkembang hingga ke luar negeri? Simak ulasannya seperti di bawah ini!

Pilih Negara Sasaran

Anda telah memiliki produk yang meraih keuntungan yang cukup besar di tanah air lalu ingin melebarkan sayap ke negara lain. Sebelum betul-betul melakukan ekspansi, Anda harus terlebih dahulu memilih negara yang akan menjadi target pasar Anda. Pilihlah negara yang membutuhkan produk yang Anda jual, tak perlu takut akan kompetisi, jika Anda yakin produk Anda memiliki kualitas yang baik maka akan selalu diterima di manapun dipasarkan. Jika sudah menemukan negara mana yang akan menjadi sasaran, pelajari juga seluk beluk mengenai negara tersebut.

Mulai dari budayanya, iklim, hari-hari libur nasionalnya, dan kebiasaan yang umum dilakukan penduduknya.

Aplikasi Mobile

Semenjak meningkatnya kecenderungan menggunakan perangkat mobile untuk mengakses apapun yang ingin didapatkan. Maka Anda harus mempertimbangkan untuk membuat sebuah aplikasi mobile untuk bisnis online yang Anda miliki. Sebab bisnis online yang memiliki aplikasi mobile cenderung berkembang lebih pesat di sejumlah negara.

Prediksinya, pada tahun 2018 nanti, 72 juta konsumen di beberapa negara seperti Australia, Cina, Brazil, Inggris dan Jerman akan melakukan transaksi pembelian barang lintas negara melalui perangkat mobile.

Bangun Reputasi

Membangun reputasi di negara sendiri tentunya akan lebih mudah ketimbang membangun reputasi bisnis di negara lain. 70% konsumen pembelian barang lintas negara mengatakan bahwa mereka terlalu khawatir akan pencurian identitas dan penipuan melalui bisnis online. 90% di antaranya menginginkan program perlindungan identitas bagi konsumen. Jika Anda dapat memberikan kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi bagi konsumen lintas negara, tentunya hal ini juga akan mendorong agar bisnis online-mu mendapatkan reputasi yang baik dalam skala internasional.

Biaya Pengiriman

Jangankan pembeli dari negara lain, pembeli dari negara sendiri pun selalu mempertimbangkan penjual yang memberikan layanan pengiriman gratis untuk setiap barang yang dibeli. Bahkan di sejumlah negara, banyak konsumen yang lebih memilih untuk membeli dari luar negaranya agar mendapat fasilitas pengiriman gratis.

Sebagian di antaranya mengatakan bahwa jika terjadi sesuatu akan barang yang dibeli, fasilitas gratis retur adalah kewajiban yang harus disediakan oleh penjual. Sebagai sarana promosi bisnis online di luar negeri, Anda bisa memberikan fasilitas pengiriman gratis dalam beberapa periode tertentu.

E-Rate BCA

Yang terakhir ini sangat penting bagi pebisnis online yang ingin melebarkan sayapnya ke luar negeri. Faktor perbedaan kurs mata uang asing terkadang menjadi sebuah hambatan bagi pebisnis online yang ingin menjual produknya di luar negeri. Namun, kini Anda tak perlu khawatir lagi, sebab fasilitas electronic rate (E-rate) dari Bank BCA akan mempermudah Anda melakukan transaksi pembayaran.

Karena transaksi yang dilakukan dari Bank asing ke rekening BCA Dollar Anda akan secara langsung terkonversi menjadi rupiah menggunakan kurs e-rate. Selain itu, e-rate BCA ini akan secara otomatis memperbaharui data kurs mata uang asing sehingga Anda tak perlu repot-repot mengeceknya berkali-kali. Bagaimana sudah siap melebarkan sayap bisnis online Anda ke luar negeri?

Tags

About The Author

Nina Anggreini 29
Novice

Nina Anggreini

Mahasiswi tingkat akhir yang sedang serius meriset untuk materi skripsi ilmu sosiologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel