7 Tips dan Trik Facebook yang Sangat Berguna

1 Apr 2016 08:35 4985 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa tips dan trik yang jarang digunakan tetapi sangat berguna di Facebook di Android yang bisa membuat Anda semakin cinta dengan sosmed ini

Siapa yang tidak punya Facebook saat ini, sosial media terbesar dengan pengguna lebih dari 1,5 miliar. Walau Anda pengguna aktif Facebook di Android, mungkin tidak akan menjelajahi semua fitur yang di sediakan sosmed buatan Mark Zuckerberg ini.

Di sini kami akan mencoba memberikan beberapa tips dan trik yang jarang digunakan tetapi sangat berguna di Facebook di Android yang bisa membuat Anda semakin cinta dengan sosmed ini.

 

1. Mengatur notifikasi

Tenggelam dan dibanjiri update dan alert dari teman Anda? Anda bisa bernafas lega karena Facebook bisa membuatnya lebih mudah untuk on dan off notifikasi.

Buka aplikasi masuk ke App Settings > Notification. Di sini Anda bisa mengaktifkan dan menonaktifkan alert untuk postingan dinding, pesan, komentar, permintaan pertemanan, tag foto, undangan acara dan masih banyak lagi.

 

2. Mencari tempat menarik di sekitar kita

Aplikasi Facebook Android bisa melakukan trik-trik tertentu yang tidak bisa dilakukan di komputer, salah satunya membuat fitur GPS Android lebih berguna. Pilih Nearby Place di menu (ikon tiga garis di pojok kanan).

Ini cara yang sangat berguna menemukan restoran, bar, toko, atau tempat-tempat menarik lain di sekitar Anda, apalagi Anda masih baru ditempat tersebut. Tap pada hasil pencarian untuk melihat informasi lebih lanjut.

7 Tips dan Trik Facebook yang Sangat Berguna

 

3. Memfilter feed

Anda mungkin tidak puas dengan update news feed standar. Aplikasi Facebook memberikan Anda akses ke daftar ini dari main menu. Untuk mengubah daftar orang yang muncul dalam home Anda, sederhana saja, masuk ke profil teman Anda dan tap Friends > Edit Friend List. Dari sini Anda bisa memasukkan teman Anda ke dalam grup atau bahkan membloknya dari feed.

Jika Anda ingin menambah atau menghapus daftar grup ini (teman, keluarga, kerja dll) harus dari komputer.

7 Tips dan Trik Facebook yang Sangat Berguna

 

4. Menonaktifkan autoplay video

Salah satu fitur yang sangat berguna untuk aplikasi Facebook. Ini membuat kita bisa menyalakan atau mematikan autoplay video atau hanya aktif bila berada di jaringan Wi-Fi. Untuk menonaktifkannya masuk ke menu setting dan tap Autoplay.

Untuk kita yang lebih sering menggunakan mobile data ini akan membuat konsumsi data lebih irit lagi. Ini juga akan menghentikan video yang berulang-ulang di news feed Anda.

 

5. Save video dan link untuk nanti di buka

Begitu banyak teman-teman kita di Facebook yang men-share sesuatu di Faceboot, tetapi Anda mungkin tidak bisa langsung melihatnya. Tetapi, karena begitu cepatnya news feed berganti kita bisa lupa atau kesulitan mencarinya, untuk hal seperti inilah fitur ini di ciptakan.

Tap ikon panah ke bawah di pojok kanan atas news feed dan kemudian pilih Save link. Konten-konten yang Anda simpan ini ada di Save (buka menu utama dan tap Saved).

 

6. Sembunyikan atau prioritaskan feed teman

Kadang Anda mungkin tak ingin melihat status teman atau new feed dari dia karena terlalu sering update dan tak penting untuk kita. Kita bisa menghilangkan feed atau status dari dia tanpa harus tak berteman dengan dia walau tak ada berita dan status dari dia di home Anda. Atau sebaliknya, Anda ingin terus mendapat update status atau feed dari dia di home Anda.

Untuk menyembunyikan feed teman buka halaman teman Anda, tap Follow kemudian Unfollow. Mereka tidak akan tahu itu dan Anda tidak akan melihat postingan mereka lagi atau tag dari dia.

Untuk memprioritaskan feed dari teman Anda cukup tap Following dan pilih See First. Ini akan membuat postingan dari teman Anda menjadi utama di home.

7 Tips dan Trik Facebook yang Sangat Berguna

 

7. Gunakan aplikasi lain untuk membuat Facebook lebih ringan

Aplikasi Facebook tidak hanya besar, tetapi juga berat untuk Android. Anda bisa menghemat space di storage dan juga RAM dengan menggunakan aplikasi lain yang lebih ringan seperti Metal atau Tinfoil yang sebenarnya merupakan tampilan kostum versi web Facebook. 

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel