Mau Lebih Nyaman Menggunakan Chrome di Android? Coba 5 Trik Ini

29 Mar 2016 09:00 2399 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Untuk membuat ChromeAndroid lebih nyaman digunakan dan memanfaatkan fitur-fitur yang diberikan secara maksimal, coba simak 6 trik berikut

Chrome menjadi salah satu browser terpopuler di perangkat Android. Bagaimana tidak, ini browser si empunya Android. Hampir semua perangkat Anda built-in browsernya adalah Chrome.

Terlepas dari masalah bisnis, memang Chrome salah satu browser yang tangguh untuk Android, nyaman di gunakan dan tentunya cocok dengan banyak pengguna. Bila tidak cocok, tentu pengguna akan berusaha menghapusnya dari perangkat Android mereka.

Untuk membuatnya lebih nyaman digunakan dan memanfaatkan fitur-fitur yang diberikan Chrome, coba simak 5 trik berikut.

 

1. Beralih dari satu tab ke tab lain dengan mulus

Banyak pengguna Android yang tidak tahu ini, Chrome punya shortcut sederhana untuk beralih dari satu tab ke tab lainnya. Yang Anda butuhkan hanya swipe ke kanan atau kiri di toolbar Chrome Anda. Sebenarnya bukan hanya di toolbar, Anda juga bisa swipe di address bar, tetapi terkadang malah terkena karakter di address bar, jadi untuk lebih aman kita gunakan bagian tool bar.

Kita juga bisa swipe tool bar ke bawah untuk melihat tab yang Anda buka dengan tampilan vertikal. Ini membuat ketika kita berganti tab terlihat lebih smooth dan keren dibanding harus men-tap tab yang ingin di buka.

Note: Untuk bisa memanfaatkan ini kita harus menonaktifkan  Merge tab and apps terlebih dahulu.

 

2. Gunakan gesture untuk mengakses Menu Options

Ini trik yang kecil, namun sangat berguna bila Anda malas tap sana tap sini. Jika Anda malas men-tap Menu Options cukup tap dan tahan ikon Menu Setting geser jari Anda ke bawah ke arah menu yang ingin Anda buka tanpa melepaskannya dari layar. Ini mudah.

 

3. Gunakan Chrome untuk mengirit Data

Salah satu yang paling dicari dan sangat berguna dari Chrome untuk Android adalah pilihan untuk mengurangi penggunaan data saat Anda browsing. Untuk mengaktifkan fitur ini cukup tap Menu > Chrome > Settings >scroll ke bawah dan nyalakan data saver.

Anda akan mendapat grafis bulanan seberapa banyak data yang sudah Anda selamatkan. Ini sangat berguna bila Anda sering menggunakan mobile data karena internet di negara kita cukup mahal terutama provider-provider terkemuka.

Data Saver berjalan ketika koneksi internet kita menggunakan mobile data, karena saya menggunakan Wi-Fi maka Data Saver tidak mengkompress website yang kita kunjungi.

 

4. Biar tidak bosan saat internet terputus, main game endless runner

Karena orang sering terputus dari internet Google menciptakan game yang cukup adiktif di Chrome. Ini tidak hanya ada di Android, tetapi juga di versi desktop.

Anda tahu T-Rex kecil yang muncul saat “You Are offline”, ternyata dia adalah aktor game. Tap T-Rex tersebut dan game endless runner akan mulai. Tap T-Rex agar dia loncat menghindari kaktus yang menghalangi jalannya. Game ini lebih ternyata tak semudah seperti yang dibayangkan.

 

5. Buat ikon di home screen untuk website favorit Anda

Tentunya kita semua suka dengan shortcut. Jika ada website yang sering Anda kunjungi dan malas untuk membuka Chrome kita bisa membuat shortcutnya. Untuk membuat ikon yang langsung menuju website favorit Anda melalui homescreen buka website favorit Anda di Chrome > Menu >Add to Homescreen. Itu saja.

Coba lihat sekarang di homescreen ponsel Anda, apakah sudah ada shortcut untuk website favorit Anda? Bila ada, Anda tinggal tap ikon tersebut untuk langsung membukanya tanpa buka Chrome terlebih dahulu.

Ini hanya segelintir fitur-fitur Chrome Android. Bila Anda ingin merasakan fitur-fitur baru Anda bisa mengakses chrome://flags yang merupakan fitur-fitur eksperimen. Atau Anda bisa juga menggunakan Chrome Beta untuk merasakan fitur terbaru Google yang akan di luncurkan di versi resminya.

About The Author

Ricky Sulastomo 72
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel