Tak Suka Google Now? Ini Aplikasi Alternatif Virtual Asisten Android

28 Mar 2016 09:00 4599 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di artikel ini kita akan membahas empas aplikasi asisten virtual untuk Android setiap aplikasi punya fitur unik dan bekerja lebih baik di situasi tertentu

Anda merasa Google Now tidak cukup? Atau mencari beberapa asisten virtual yang punya fitur sesuai harapan Anda? Atau memang tak mau menggunakan Google Now. Apa pun alasannya ada banyak aplikasi asisten virtual yang tersedia untuk Android dan layak di coba. Walau secara spesifik mereka kalah fitur dengan Google Now, mereka punya beberapa keunggulan untuk memenuhi kebutuhan khusus seperti navigasi.

Di artikel ini kita akan membahas empas aplikasi asisten virtual untuk Android. Setiap aplikasi punya fitur unik dan bekerja lebih baik di situasi tertentu. Jadi, ini bisa memenuhi harapan Anda untuk menyelesaikan tugas yang perlu bantuan asisten.

 

Indigo

Indigo berfokus menggantikan Google Now dengan mencoba menawarkan segala sesuatu yang ditawarkan Google Now, tetapi dengan menambahkan style sendiri. Dia bisa meng-update berita yang menarik bagi Anda dan juga membacakannya untuk Anda. Anda bisa memerintahnya untuk semua tugas dasar seperti membuka aplikasi, search online, prakiraan cuaca, menerjemahkan teks, mengatur kalender, menemukan lokasi di dekat Anda dan menelpon, semua ini melalui perintah suara.

Dia bisa membaca dan mengirim sms atau email yang membuatnya benar-benar hands-free. Dia juga terhubung ke berbagai layanan untuk memberi layanan kustom seperti Yelp, Wikipedia, Google Maps, Street View, YouTube, Wolfram Alpha, Facebook, Twitter dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga ramah memori dan memiliki UI yang intuitif, jadi cocok untuk siapa pun.

 

Microsoft Cortana

Tak Suka Google Now? Ini Aplikasi Alternatif Virtual Asisten Android

Punya Windows 10 tapi tak punya Windows Phone? Cobalah Cortana untuk Android. Virtual asisten punya Microsoft ini ada di Play Store. Tujuan aplikasi ini ada di Play Store adalah agar Windows 10 Anda bisa bekerja sama dengan Android, jadi kita masih butuh Windows 10 untuk menggunakan aplikasi ini.

Cortana bisa melakukan banyak hal untuk Anda seperti Windows 10, tetapi mungkin dia sedikit terbatas di banding platform aslinya.

Dia bisa mengendalikan fungsi ponsel Anda, membuat panggilan, mengatur reminders, mencari berbagai informasi, merekomendasikan hal-hal yang menarik perhatian Anda dan rasa humor seperti di Windows. Dia bekerja mulus bersama Windows 10 PC, konfigurasi yang dibutuhkan kedua aplikasi sinkron (PC dan Android) seperti reminders, notifikasi, notifikasi miscall dan hal penting lainnya. Jika Anda punya Windows 10 PC, wajib mencoba virtual asisten yang satu ini.

 

Robin

Tak Suka Google Now? Ini Aplikasi Alternatif Virtual Asisten Android

Robin masih dalam tahap pengembangan, tetapi sekarang dia sudah bekerja cukup baik. Robin bekerja sangat bagus ketika kita dalam perjalanan, ketika Anda membutuhkan asisten yang bisa memberikan informasi akurat untuk membimbing Anda (sangat baik digunakan ketika menyetir, bersepeda, motor atau jalan kaki. Dia punya sistem gesture, Anda bisa mengatakan “hallo” dua kali kepada ponsel Anda untuk mengaktifkannya.

Robin bisa menjawab setiap pertanyaan yang Anda berikan, bahkan dia bisa menjawab lebih dalam. Misalnya, Anda bertanya kepadanya mengenai restoran terdekat dan menanyakan apakah ada tempat parkir atau tidak untuk Anda (mungkin hanya bekerja di kota-kota besar). Anda bisa mendapat arah yang tepat dan kondisi real-time lalu lintas di dekat lokasi yang Anda inginkan.

Menangani perjalanan bukan satu-satunya yang bisa dilakukan dengan baik oleh aplikasi ini karena dia juga bisa melakukan semua tugas umum lainnya seperti mengendalikan telepon, pencarian, mengatur reminder, menelpon, membacakan SMS atau email, terintegrasi dengan sosmed dan dia juga bisa bercanda.

 

Jarvis

Tak Suka Google Now? Ini Aplikasi Alternatif Virtual Asisten Android

Ya, namanya memang sama dengan asisten Iron Man (Tony Stark), mungkin developer nya pun terinspirasi dari Jarvis di film Iron Man. Tetapi, tentu  Jarvis Android tidak secerdas Jarvis-nya Stark (belum), tetapi dia bisa melakukan segala sesuatu yang Anda harapkan dari asisten virtual dengansedikit menambahkan pesona.

Jarvis punya tema UI yang berbeda agar tetap fresh dan secara otomatis dapat mengubah wallpaper ponsel Anda. Aplikasi ini juga punya widget untuk mengaksesnya dari lockscreen dan widget bisa membuka catatan  tanpa membuka ponsel.

Jarvis menawarkan notifikasi suara mengenai berita, cuaca, baterai dan notifikasi aplikasi. Anda juga bisa menggunakannya ke Android Wear untuk bisa benar-benar mengontrol ponsel Anda.

Aplikasi ini juga punya dua mode, Office dan Sleep, jadi dia tidak akan mengganggu Anda ketika sedang bekerja atau sedang tidur. Secara keseluruhan Jarvis adalah asisten virtual yang hebat dengan fitur unik untuk tugas sehari-hari Anda, namun tentu dia tak secerdas Jarvis buatan Iron Man.

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel