Ada yang Curi Hotspot Anda? Begini Cara Mengetahuinya dan Memboloknya [Android]

27 Mar 2016 08:00 49245 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bila koneksi kita lancar alasan mengapa internet kita melambat adalah ada pengguna ilegal yang mencuri WiFi Anda mengatasinya tidaklah sulit

Tentu di jaman seperti sekarang, internet seperti kebutuhan utama, tetapi sayangnya tidak mudah mendapatkannya secara gratis. Karena itu orang-orang berupaya untuk mendapat Wi-Fi gratis, termasuk mendapatkannya secara ilegal.

Terkadang kita tidak tahu ada perangkat lain yang terhubung dengan WiFi kita, kita hanya merasa koneksi kita melambat. Walau password sudah diganti, satu hari kemudian lagi-lagi internet kita melambat. Bila koneksi kita lancar, alasan ini bisa terjadi adalah ada pengguna ilegal pada WiFi Anda. Bagai mana cara mengetahuinya dan bagaimana bisa membloknya? Coba simak artikel ini.

 

Temukan orang yang mencuri Wi-Fi Anda dengan aplikasi ini

 

Fing adalah aplikasi yang membantu Anda menemukan masalah sinyal Wi-Fi. Untuk menemukan pengguna Wi-Fi ilegal Anda harus terhubung ke sinyal WiFi Anda dan tap Refresh pada aplikasi ini. Setelah selesai Anda bisa melihat semua perangkat yang terhubung ke WiFi Anda.

Aplikasi ini sebagian besar akan menunjukkan MAC address perangkat yang terhubung dan menunjukkan nama mereka (Android, iPhone). Untuk mengakses informasi perangkat, tap pada daftar perangkat yang ada di daftar tersebut. Anda juga bisa melihat log dari perangkat tersebut (untuk yang sudah terdaftar pada aplikasi ini – berbayar). Jadi, dengan log Anda tahu aktivitas perangkat yang terhubung dengan WiFi Anda.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi serupa yang bisa memonitor seperti WiFi Inspector atau netcut. Namun, bila banyak yang terhubung ke WiFi Anda kita perlu data yang lebih banyak agar tidak salah memblok perangkat. Silahkan download di sini.

 

Memblok atau mengatur perangkat yang terhubung ke WiFi

Setelah dengan Fing Anda mengetahui siapa yang legal terhubung dengan WiFi Anda, coba lihat MAC addressnya dan simpan. Sebenarnya kita bisa memblok pengguna WiFi ilegal melalui komputer dengan masuk ke pengaturan WiFi. Tetapi, bila Anda tidak biasa dengan pengaturan router cara ini bisa dijadikan sebagai alternatif.

Silahkan download WiFi kill. Ada aplikasi serupa seperti Netcut dan killWiFi, tetapi aplikasi ini tidak bisa berjalan dengan baik. Ketika kami coba, Netcut tak mampu membuat perangkat Blackberry yang terhubung ke WiFi offline. Untuk kill WiFi, dia hanya mampu mengatur waktu perangkat terhubung dengan WiFi Anda.

Dengan aplikasi ini tidak akan ada perangkat yang masuk sembarang ke WiFi Anda. Dengan aplikasi ini Anda bisa memfilter perangkat berdasarkan MAC addressnya sehingga perangkat tersebut tidak bisa lagi terhubung ke WiFi Anda.

Agar aplikasi ini bekerja perangkat Anda perlu di root dan perangkat yang ingin kita blok dari WiFi MAC addressnya harus terlihat (tidak disembunyikan). Awalnya versi pro aplikasi ini butuh donasi, tetapi saat ini kita bisa menikmatinya secara gratis. Jika perangkat Anda tidak di root pilihan lainnya adalah pengaturan melalui router atau mengganti password WiFi Anda setiap hari.

 

Bila Anda memang sengaja membagi WiFi untuk usaha seperti café, rumah makan atau yang lain tentu Anda tak ingin orang-orang hanya memanfaatkan WiFi Anda saja – pesan minum duduk dari pagi sampai malam. Untuk mengatasi hal ini kita butuh aplikasi WiFi Scheduler. Ada banyak aplikasi yang serupa tetapi kami menyarankan buatan RYO Software, silahkan download di sini.

 

Kesimpulan

Bila Anda punya WiFi sudah pasti bakal ada orang yang mencoba untuk masuk ke jaringan Anda – siapa yang tidak tergiur dengan internet gratis. Karena inilah Anda juga rentan di serang apalagi Anda tinggal di kota besar. Untuk lebih mengetahui bagai mana orang bisa menyerang WiFi Anda coba baca artikel ini Bagaimana Cara Orang Bisa Membobol Keamanan WiFi? Ini Penjelasannya.

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel