10 Hal Keren yang Bisa Dilakukan Cortana

26 Mar 2016 10:20 7099 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Asisten virtual Microsoft ini tidak hanya bisa digunakan hanya untuk Bing (browsing di mesin pencari Anda) – dia juga asisten untuk Anda. Itu berarti dia bisa melakukan apa pun di Windows dari penjadwalan pertemuan dan pengaturan alarm untuk memberi Anda lelucon

Raksasa-raksasa teknologi terus mengembangkan kemampuan perintah suara perangkat mereka. Di iOS ada Siri, Android ada Google Now dan di Windows ada Cortana. Kali ini kita bahas asisten Windows 10, Cortana yang terus mengalami perkembangan pesat.

Asisten virtual Microsoft ini tidak hanya bisa digunakan hanya untuk Bing (browsing di mesin pencari Anda) – dia juga asisten untuk Anda. Itu berarti dia bisa melakukan apa pun di Windows dari penjadwalan pertemuan dan pengaturan alarm untuk memberi Anda lelucon. Anda mungkin tahu beberapa kemampuan Cortana, tetapi ada banyak yang jarang tersentuh. Inilah 10 hal keren yang bisa dilakukan Cortana. Namun, satu hal yang perlu kita ingat, Cortana menerima perintah dengan baik bila Anda menggunakan bahasa Inggris. Bagus juga untuk melatih pronunciation kita.

 

Menggunakan Calculator

Mau melakukan perhitungan sederhana? Cortana bisa menyelesaikan persamaan sederhana tepat di search box-nya. Anda bisa mengatakan persamaan “Hey Cortana, whats 35 times 22 plus 861 minus 4” (35 x 22 + 861 – 4). Atau Anda bisa megnetiknya langsung di search box.

 

Mengkonversi mata uang

Tentu Anda bisa mengkonversi mata uang lewat Google, tetapi mengapa repot-repot ketika Anda bisa melakukannya di desktop Anda? Cukup ketik jumlah, mata uangnya dan ke mata uang apa ingin Anda konversi dan Cortana akan menjawab pertanyaan Anda tepat di search box-nya. (Anda juga bisa memintanya untuk mengkonversi yang lain seperti “What is Rp100.000 in Euro?)

Konversi lainnya yang bisa ditangani Cortana seperti susu (Celcius ke Fahrenheit dan sebaliknya), berat, volume dan tinggi/panjang.

 

Menjalankan program

Katakan “launch [nama program yang ingin dibuka] dan Cortana akan membuka program tersebut untuk Anda. Cortana juga bisa membuka website tertentu – misalnya mengatakan “open Plimbi.com” dan Cortana akan membuka Plimbi.com di default browser.

 

Melacak paket Anda

Tanya Cortana “Where are my packages?” dia akan melacak informasi mengenai paket Anda dari email Anda (bila perusahaan jasa pengiriman mengirim Anda email untuk nomer resi atau nomer pelacakan lainnya seharusnya Cortana bisa mengetahuinya). Sebelumnya, Anda perlu memiliki akun email yang dikonfigurasi di Aplikasi Mail agar ini berhasil.

 

Mengontrol musik

Jika Anda mendengarkan musik di aplikasi Groove Music Cortana sangat membantu. Dia bisa pause dan resume musik Anda, melewatkan track atau kembali ke track sebelumnya dan memainkan laga tertentu (Play Thinking Out Loud), untuk artist (Play Padi), album (Play Sobat) atau juga genre (Play Pop). Jika Anda menggunakan aplikasi musik yang berbeda, Cortana masih bisa melakukan beberapa perintah dasar seperti melewatkan lagu, pause atau resume track.

 

Menulis email

Cortana bisa menyusun dan mengirim email cepat untuk Anda – cukup katakan “write an email” or “write an email to [tujuan] ucapkan [pesan yang ingin ditulis]. Jika Anda butuh ingin menambahkan sesuatu di email Anda (seperti  attachment), Cortana menawarkan sebuah link untuk meneruskan ke Outlook, jadi Anda bisa menambahkan sesuatu. Jika Anda menggunakan Cortana menelpon, dia bisa melakukan hal yang sama seperti pesan teks.

 

Mencari foto

Ingin mencari foto yang Anda pindahkan ke komputer atau yang baru Anda foto dengan perangkat Anda satu minggu terakhir? Cukup katakan atau ketik “search picture from last week,” dan Cortana akan menunjukkan semua foto yang diambil satu minggu terakhir. Anda bisa melakukan ini untuk tipe file yang berbeda (video, dokumen dan lainnya) dan Anda juga bisa cari dengan waktu yang berbeda misalnya yesterday, last month atau tanggal tertentu).

 

Menyalakan mode Airplane

Cortana juga bisa masuk ke pengaturan perangkat Anda – cukup katakan “turn on Airplane Mode,” dan dia akan menonaktifkan Wi-Fi, Bluetooth dan data selular. Saat ini, sepertinya ini satu-satunya pengaturan yang bisa di manipulasi Cortana, tetapi ke depannya kita akan bisa melihat lebih banyak.

 

Memainkan Permainan

Bosan? Cortana bisa memainkan permainan seperti batu, gunting kertas atau tebak-tebakan film dengan Anda. Untuk batu, gunting, kertas hanya dengan mengatakan “rock, paper, scissors”. Untuk tebak-tebakan film katakan “play the movie game”. Cortana juga bermain coin virtual (“head or tails”) atau dadu (roll a die/dice – satu dadu die- atau “roll dice” –dua dadu).

 

Bernyanyi

Cortana- atau lebih tepatnya pengisi suaranya yang bermain di sini – benar-benar bisa menyanyikan beberapa lagu. Untuk melihat suaranya saat bernyanyi coba katakan “sing me a song,” “sing me a lullaby” atau “what does the fox say?”

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel