Teknologi Baru Yang Mengguncang Teknologi/ Bisnis Lawas

24 Mar 2016 20:48 3217 Hits 0 Comments
Berikut deretan teknologi yang mengguncang teknologi dan bisnis lama yang sudah mapan.

(sumber gambar: www.seputarit.com)

Tak dapat dipungkiri, hadirnya teknologi sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Teknologi yang terus berkembang akan semakin memudahkan kehidupan manusia. Namun disisi lain, teknologi juga membawa dampak terhadap teknologi lama yang telah mapan, bahkan bisa mengguncang kemapanan teknologi pendahulu.

Terguncangnya teknologi yang telah lampau sudah banyak kita saksikan, baru-baru ini, kasus demonya taksi tradisional yang meminta diblokirnya taksi Uber, adalah contoh guncangan yang terjadi di area teknologi di bidang transportasi yang seolah merubah permainan pasar. Berikut sekedar menapak tilas, hadirnya teknologi baru yang menimbulkan guncangan terhadap teknologi yang telah mapan sebelumnya, mari kita simak.

SMS menggantikan kartu ucapan lebaran

Hadirnya layanan pesan singkat SMS, praktis membuat layanan kartu ucapan lebaran fisik semakin menurun penggunaanya. Kemudahan, kepraktisan, dan bahkan kemurahan yang ditawarkan membuat masyarakat keranjingan terhadap pesan singkat SMS ini. Alhasil, banyak generasi baru yang sudah tidak mengenal lagi yang namanya kartu ucapan lebaran.

Format MP3 mengguncang industri rekaman

Untuk mendengarkan musik, dulu kita hanya bisa menggunakan format kaset pita atau kaset CD, sebelumnya kita mungkin bisa menggunakan piringan hitam untuk menikmati musik. Hadirnya era personal komputer, dan semakin banyaknya inovasi didalamnya membuat format musik bisa dinikmati dalam berbagai bentuk. MP3, dengan segala kelebihan dan kekurangannya benar-benar merubah cara orang menikmati musik. Setelah sebuah musik menjadi format MP3, maka saling kopi paste file musik menjadi semakin menggila. Ini adalah sebuah kabar buruk bagi industri rekaman.

Sosial media

Selain untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, sosial media memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap berbagai industri, seperti industri media. Ditahun 2015, Facebook, salah satu situs sosial media terbesar menghadirkan fitur Instant Artikel. Adapun berita yang biasanya berasal dari media arus utama, sudah melalui tahap verifikasi oleh pihak media tersebut, sehingga pembaca tidak perlu memfilter. Facebook bukanlah situs berita, namun disini berfungsi sebagai pengepul konten berita dari kantor berita. Basis pengguna yang besar, Instant Artikel berpeluang semakin besar. Masyarakat modern memang cenderung menyukai sesuatu yang instan, termasuk dalam mengkonsumsi berita.

Agen Perjalanan

Industri pariwisata, perhotelan hingga pemesanan tiket bisa terpengaruh oleh bisnis model baru untuk pemesanan tiket, hotel dan lainnya. Diluar negeri ada aplikasi yang bernama AirBnB, kepanjangan dari Air Bed and Breakfast, dengan aplikasi ini, para pemilik kamar yang layak dapat memanfaatkan kamar tersebut untuk disewakan kepada wisatawan. Di Indonesia ada aplikasi Traveloka, yang menjembatani dalam hal pemesanan tiket. Hadirnya aplikasi dalam bisnis pariwisata dan agen perjalanan bisa mempengaruhi bisnis pariwisata tradisional. Aplikasi tersebut tidak memiliki kamar, fasilitas kendaraan ataupun pesawat, namun dengan menghubungkan antara pengguna dan pemilik sarana, dan sentuhan kemudahan dalam bertransaksi, tidak menutup kemungkinan bisnis pariwisata tradisional akan terguncang.

Toko Online

Amazon, Alibaba, Lazada dan berbagai macam toko online memang turut berpengaruh terhadap cara konsumen berbelanja. Kemudahan transaksi, pembayaran dan fasilias katalog membuat bisnis penjualan online bak cendawan di musim penghujan.

Taksi Online

Ini yang masih marak ditanah air. Uber dan Grabcar tidak memiliki fasilitas kendaraan, namun hanya berfungsi untuk mempertemukan pengguna dan pemilik kendaraan. Hadirnya taksi berbasis aplikasi memang mau tidak mau mengguncang bisnis lama yang sebelumnya sudah mapan.

Mungkin masih banyak deretan teknologi yang turut mengguncang teknologi pendahulu yang sudah mapan selain contoh-contoh diatas. Teknologi memang akan senantiasa berubah, siapa yang sanggup dan cepat beradaptasi lah yang akan bertahan, bukan yang terkuat! Begitu mungkin pesan dari Charles Darwin. 

Tags Teknologi

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel