Upgrade Chrome Anda ke Versi 64-bit Lebih Aman, Stabil dan Cepat

24 Mar 2016 13:00 3240 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ini berita yang bagus jika Anda masih menggunakan versi 32-bit. Anda harus meng-upgrade-nya ke versi 64-bit. Ini lebih aman, cepat dan stabil

Anda penggemar Chrome? Ini berita yang bagus jika Anda masih menggunakan versi 32-bit. Anda harus meng-upgrade-nya ke versi 64-bit. Ini lebih aman, cepat dan stabil.

Satu-satunya alasan tidak meng-upgrade-nya adalah jika Anda menggunakan Windows versi 32-bit, tetapi kebanyakan komputer delapan tahun terakhir sudah suport Windows 64-bit. Bila Anda rela menggantinya ke Windows 64-bit, Anda akan mendapat Chrome yang lebih baik dari versi 32-bit.

 

Kenapa Chrome versi 64-bit terbaik?

Windows versi 64-bit lebih aman dan Chrome tidak berbeda. Versi 64-bit Chrome punya keamanan tambahan. Blog resmi Google mengatakan Chrome 64-bit dua kali lipat lebih stabil ketimbang versi 32-bit.

Selain itu, versi 64-bit Chrome juga termasuk versi 64-bit Adobe Flash. Google bekerja sama dengan Adobe untuk meningkatkan perlindungan Flash dari berbagai serangan dan memaksimalkan pengurangan risiko  pada versi 64-bit Chrome.

Chrome 64-bit juga memberikan perlindungan tambahan dari program antivirus mengaitkan ke proses sandbox Google, dengan kata lain antivirus akan mengirim hal-hal yang mencurigakan ke Google sehingga lebih banyak data base untuk mengenal virus .

Masih belum yakin? Chrome 64-bit juga lebih cepat di berbagai benchmark web, dan lebih jarang crash dibanding dengan versi 32-bit.

 

Tak ada kerugian besar mengupgradenya

Pada tahun 2014 Google mencatatkan satu-satunya masalah signifikan yang diketahui adalah kurangnya mendukung plug-in NPAPI 32-bit. Ini berarti plug-in Java dan plug-in lain yang serupa tidak akan bekerja di versi Chrome 64-bit. Namun, Chrome memang tidak lagi men-suport plug-in jenis NPAPI pada Chrome 42 (32 atau 64-bit).

Jika Anda menggunakan Windows 64-bit, Anda harus menggunakan versi Chrome 64 –bit. Belum bisa dipastikan kenapa Google tidak meng-update secara otomatis semua Chrome di pengguna Windows 64-bit.

 

Bagaimana mengecek versi apa yang Anda gunakan?

Untuk melihat versi Chrome yang Anda gunakan klik tombol menu di pojok kanan atas browser Anda, arahkan ke Help dan pilih About Google Chrome.

Lihat angka versinya, jika Anda melihat 64-bit di sebelah kanan nomor tersebut, berarti Anda sudah menggunakan versi 64-bit. Jika hanya angka dan diakhir terdapat huruf m berarti Anda menggunakan Chrome versi 32-bit.

 

Cara menggantinya ke versi 64-bit

Menggantinya mudah. Kunjungi website untuk mendownload Chrome untuk Windows untuk mendapatkannya. Setelah mengklik link download pastikan di bawahnya tertulis 64-bit. Bila tidak ada berarti versi tersebut 32-bit, untuk menggantinya klik Download Chrome for another platform.

Tutup Chrome yang sedang berjalan (pastikan tidak ada bagian Chrome yang berjalan melalui Task Manager) dan jalankan installer yang baru saja Anda download. Chrome versi 64-bit akan diinstall ke komputer Anda menggantikan versi 32-bit. Semua pengaturan Anda dan ekstensi browser akan tetap utuh, jadi Anda tidak akan kehilangan apa-apa. Chrome hanya meng-upgrade file program. Buka lagi About Google Chrome setelah proses instalasi selesai, seharusnya Chrome Anda sudah 64-bit sekarang.

Jika terjadi error ketika menjalankan installer berarti Windows Anda 32-bit dan tidak bisa menggunakan versi Chrome 64-bit. Sebaiknya Anda mengganti ke versi Windows 64-bit jika perangkat Anda suport.

 

Bagaimana Mac dan Linux?

Bukan pengguna Windows? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan versi Chrome 64-bit juga. Pada Mac OS X, versi 64-bit hanya ada di Chrome 39 pada tahun 2014. Selama Anda tidak menggunakan Mac 32-bit, harusnya versi 64 bit Chrome sudah terinstal di perangkat Anda.

Di Linux, Chrome menjadi 64-bit pada awal bulan Maret 2016. Jika Anda masih menjalankan versi 32-bit, Anda bisa mengunjungi halaman download Google Chrome dan menginstal versi 64-bit sekarang. Jika Anda menggunakan distribusi Linux versi 32-bit, upgrade-lah ke versi 64-bit.

About The Author

Ricky Sulastomo 72
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel