Belajar dari Jack Ma, Konglomerat Pemilik Toko Online Alibaba

24 Mar 2016 09:15 3281 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Memetik pelajaran dari pemilik toko online Alibaba, Jack Ma.

Siapa yang tidak mengenal Jack Ma, konglomerat pemilik toko online Alibaba asal negeri tirai bambu. Kesuksesannya terbilang cukup fenomenal, Jack Ma tidak lah memiliki latar belakang seorang yang kaya raya dan tidak berasal dari latar belakang pendidikan tinggi mumpuni. Tidak ada salahnya jika kita memetik pelajaran dari seorang Jack Ma.

Periode umur

Jack Ma menyarankan, umur alias usia kita merupakan suatu hal yang harus kita manfaatkan dengan baik. Periode umur dibagi menjadi beberapa masa seperti berikut:

20 an tahun, jadilah seorang pembelajar yang baik. Belajar disini tidaklah harus dari proses belajar formal, namun sebuah proses pembelajaran bisa kita dapatkan dari lembaga informal. Belajar informal mengandung pengertian yang maha luas, kita bisa belajar dari lembaga kursus atau pelatihan, belajar melalui media on line, hingga belajar melalui proses otodidak lewat buku ataupun media lain.

30 an tahun, atau menjelang umur tiga puluh tahun yang bisa dimulai sekitar umur 25 an tahun. Di periode jelang 30 an tahun, ikutilah orang atau perusahaan lain. Jack Ma menyarankan untuk mengikuti perusahaan kecil, hal ini dikarenakan sebuah perusahaan kecil kita bisa menyerap semangat dari perusahaan dan impian-impian yang dimiliki oleh perusahaan kecil tersebut. Berbeda dengan sebuah perusahaan kecil, jika di sebuah perusahaan besar kita akan menjadi sebuah bagian kecil dari mesin besar. Bekerja di sebuah perusahaan besar, bagi kita hanya akan bagus untuk mempelajari proses dari suatu bisnis, inilah alasan Jack Ma menyarankan kita untuk bergabung dengan perusahaan kecil dibanding perusahaan besar. Di periode ini, bukan lah perusahaan yang menjadi penting, tapi peranan bos kita lah yang penting. Bos yang baik akan memberikan pelajaran kepada kita tentang banyak hal memacu kita menjadi semakin baik.

40 an tahun, kita harus berpikir dengan tenang dan jernih. Proses ini adalah untuk memantapkan hati, merenung dan melakukan kontemplasi. Dengan melakukan perenungan, kita semakin mantap jalan mana yang akan kita ambil. Bidang yang akan kita geluti secara mantap akan dapat kita temukan disini. Setelah kita menemukan bidang yang memang sesuai dengan minat kita, ikuti hal tersebut. Tancap gas dan total dalam menggeluti bidang itu. Di masa ini, kita tidak boleh menengok kanan kiri bidang yang tidak menjadi minat kita, karena fokus, energi dan konsentrasi akan terkuras.

50 an tahun, ini adalah kelanjutan dari masa perenungan dan kontemplasi. Di periode ini adalah masa kita harus berinvestasi untuk generasi muda. Berikan motivasi, energi bahkan investasi uang untuk generasi muda. Generasi muda memiliki passion yang tinggi, dan dalam berbagai hal dapat melakukan pekerjaan lebih baik dibanding generasi yang lebih tua. Memberikan dukungan kepada generasi penerus diberikan diperiode ini. Singkat kata, di masa ini bekerjalah untuk kaum muda.

60 an tahun, di masa ini hiduplah untuk diri anda sendiri. Pergilah ke pantai, berwisata dan hal-hal lain untuk diri kita sendiri. Energi kita mungkin sudah banyak berkurang diperiode ini. Hidup untuk diri sendiri dan keluarga adalah yang kita lakukan di masa ini.

Berikut kita lihat video dari Jack Ma:

Video lain dari Jack Ma:

Demikian pelajaran yang bisa kita petik dari sang pemilik toko online Alibaba, Jack Ma. Meskipun begitu, pelajaran tersebut tidaklah baku terjadi kepada setiap orang. Kita bisa memetik hal-hal positif darinya. Kesuksesan bisa saja dipetik oleh orang yang berumur berapapun, seperti Kolonel Harland Sanders sang pemilik KFC yang menuai sukses justru di usia 60 hingga 70 an tahun. 

Tags Internet

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel