Mau Akses Cepat ke Aplikasi? 5 Shortcut Android untuk Quick Settings

21 Mar 2016 11:28 12826 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untungnya di Android kita bisa melakukan perubahan ini dengan mudah, tidak perlu rooting atau flashing. Developer sudah menyuguhkan aplikasi ini dengan hasil yang kreatif

Baik Anda menggunakan iPhone atau Android Anda akan disuguhkan deretan ikon di app drawer dan berbaris di sana. Agar sedikit keluar dari tampilan ikon yang mainstream kita bisa sedikit mengotak-atiknya. Bukan hanya masalah tampilan tetapi juga fungsinya yang bisa membantu Anda lebih cepat dan mudah mengakses aplikasi-aplikasi Anda.

Untungnya di Android kita bisa melakukan perubahan ini dengan mudah, tidak perlu rooting atau flashing. Developer sudah menyuguhkan aplikasi ini dengan hasil yang kreatif. Anda bisa cepat mengirim pesan, mengakses aplikasi penting dan sebagainya. Banyak yang meniru  Assistive Touch iOS dengan sedikit perubahan. Silahkan pilih sendiri.

 

Easy Touch

Assistive Touch. Ketika Anda menekan ikonnya akan muncul berbagai pilihan misalnya mengunci layar, tombol Bluetooth atau Wi-Fi, menjalankan aplikasi favorit Anda. Kamera atau tugas lainnya.

Ketika Assistive Sentuh diluncurkan untuk iOS, beberapa aplikasi Android sudah bereksperimen untuk menempatkan tombol yang mengambang-mengambang di layar. Namun, setelah di iOS muncul semakin banyak pilihan untuk aplikasi seperti ini.

EasyTouch adalah salah satu aplikasi tersebut. Sudah ada beberapa tahun, menyatu dengan desain Android dan ini merupakan draw yang besar. Ada pengaturan dan shortcut untuk aplikasi Google. Silahkan download di sini.

 

Shorty

Mau Akses Cepat ke Aplikasi? 5 Shortcut Android untuk Quick Settings

Lebih ke ikon mode pop-up yang cantik dengan tombol S. Ketika Anda tap pada ikon S dia akan memberikan 5 shortcut. Apa isi dari lima shortcut ini terserah Anda.

Anda bisa menempatkan shortcut telepon, kontak, SMS (termasuk pesan yang sudah disiapkan sebelumnya), kamera atau meluncurkan aplikasi. Namun, aplikasi ini tidak gratis, harganya Rp13.000, silahkan download di sini.

 

Floating Toolbox

Floating Toolbox menggunakan tombol yang mengambang di layar Anda dan akan memunculkan menu ketika Anda tap ikon tersebut, Anda akan mendapat daftar aplikasi favorit Anda. Panel dari drop down tombol lingkaran dan dia kembali menutup ketika Anda sudah selesai. Kemudian ikon mulai memudar dan tidak menghalangi pandangan.

Aplikasi ini punya dua versi gratis dan pro (Rp25.396). Untuk mendownload yang gratis klik di sini dan yang pro klik di sini.

 

Simple Shortcuts

Mau Akses Cepat ke Aplikasi? 5 Shortcut Android untuk Quick Settings

Lelah dengan tombol di layar Anda? Simple Shortcuts adalah solusinya yang mungkin bisa membuat Anda lupa dia ada di sana. Aplikasi ini tidak terlihat di layar, menunggu Anda untuk swipe dari sisi layar Anda. Tombol ini menampilkan panel aplikasi (mirip cara menggunakan Pie Control). Anda bisa memilih beberapa aplikasi favorit atau Simple Shortcuts menunjukkan bagian dari software yang Anda instal.

Aplikasi ini punya iklan dan banners yang membuat tampilan konfigurasinya agak berantakan. Anda bisa menghapus gangguan dan menambah aplikasi ke kolom tambahan dengan membayar Rp13.000. Silahkan download di sini.

 

Assistive Touch 2

Mau Akses Cepat ke Aplikasi? 5 Shortcut Android untuk Quick Settings

Ada banyak aplikasi di Play Store yang menamakan dirinya Assistive Touch. Kebanyakan aplikasi tersebut sama dan tidak banyak yang melebihi Easy Touch selain tampilan.

Assistive Touch dari Assistive Touch Team adalah salah satu aplikasi tersebut. Di sini Anda bisa mengatur ikon yang berbeda, pilihan warna dan mengubah tombol menjadi gambar tertentu. Bila kita berbicara mengenai kostumisasi ponsel Anda ini adalah aplikasi yang tepat.

Walau namanya  Assistive Touch 2 hanya tombol yang semakin kecil dan target kurang intuitif. Pop-up muncul dengan bentuk lingkaran cincin, bukan persegi yang transparan. Fungsi sebagian sama, tampilan ini sepertinya banyak di adaptasi dari Lollipop dan Marshmallow.

Aplikasi ini juga punya iklan dan IAP (In App Purchase). Anda bisa download Assistive Touch di sini dan Assistive Touch 2 di sini.

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel