Cara Menambahkan Safe Mode Pada Windows 8 dan 10

21 Mar 2016 14:00 3428 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Booting ke Safe Mode sudah lama menjadi hal utama ketika Windows Anda bermasalah Safe Mode akan menjalankan Windows dengan file dan driver yang terbatas sehingga Anda bisa mencari apa yang salah dengan PC Anda

Booting ke Safe Mode sudah lama menjadi hal utama ketika Windows Anda bermasalah. Safe Mode akan menjalankan Windows dengan file dan driver yang terbatas sehingga Anda bisa mencari apa yang salah dengan PC Anda. Tetapi terkadang di Windows 8 dan 10 masuk ke Safe Mode cukup sulit. Dengan artikel ini coba kita perbaiki.

 

Sebelum Windows 8 datang Anda cukup menekan F8 sebelum masuk ke Windows untuk masuk ke menu Advance Boot Options. Menu tersebut memiliki fitur untuk troubleshooting seperti Safe Mode dan memulai Windows dengan konfigurasi terakhir yang aman dan bagus. Di Windows 8 itu dihilangkan demi sebuah menu grafis yang bisa Anda akses dengan beberapa cara dan agak rumit dibanding dengan tombol F8.

Untungnya dengan sedikit keajaiban Command Prompt Anda bisa menambahkan Safe Mode kembali ke menu boot yang selalu ada ketika mulai menyalakan komputer. Bila Anda ingin mengembalikan aksesnya ke yang klasik, dengan menekan tombol F8 kita juga bisa melakukannya.

 

Apa itu boot entry?

Boot entry hanyalah sebuah file yang berisi parameter yang berisi bagaimana komputer kita memuat system. Ketika Anda menginstal Windows entri boot standar itu akan membuat entri boot standar setiap kali menyalakan komputer. Jika Anda punya boot entry tambahan (mungkin dual-boot dengan OS berbeda) Windows menunjukkan menu pilihan boot ketika menyalakan komputer.

Menambahkan Safe Mode ke Windows 8 atau 10 yaitu dengan cara membuat boot entry baru dan menyiapkannya untuk melakukan apa yang Anda inginkan. Ada dua langkah. Pertama, Anda akan menggunakan Command Promt untuk membuat salinan entry bawaan Windows yang ada. Kemudian akan menggunakan System Configuration untuk memodifikasi pilihan booting.

 

Langkah pertama: Menambahkan Opsi Safe Mode ke Boot Menu dengan Commnad Prompt

Pertama Anda harus membuat satu atau lebih boot entry baru dengan membuat salinan boot entry dengan menggunakan Command Prompt. Tekan WIindows X untuk membuka Administrative Tools dan kemudian klik Command Prompt (Admin).

Pada Command Prompt ketik (atau copy paste) perintah di bawah dan tekan Enter. Ini akan meng-copy boot entry yang ada saat ini dan memberi nama Safe Mode.

bcdedit /copy {current} /d “Windows 10 Safe Mode”

Cara Menambahkan Safe Mode Pada Windows 8 dan 10

Jika Anda mau Anda juga bisa membuat boot entry baru untuk opsi yang lain di menu boot Windows. Membuat entry Safe Mode dengan networking bisa menggunakan perintah ini.

bcdedit /copy {current]/d “Safe Mode with Networking”

Membuat menu boot entry Safe Mode with Command Prompt (termasuk loading GUI) gunakan perintah ini.

bcdedit /copy {current} /d “Safe Mode with Command Prompt”

Note: Nama di sini tidak terlalu penting, jadi Anda bisa mengubah Safe Mode with Networking dengan Safe Mode Jaringan, asal Anda bisa mengingatnya saja.

 

Langkah kedua: Konfigurasi Boot Option baru dengan System Configuration

Kali ini Anda akan membuat salinan satu atau lebih entry boot yang saat ini ada di komputer Anda. Anda tidak melakukan konfigurasi apa pun, jadi jika Anda boot komputer menggunakan salah satu dari entry boot yang kita buat itu akan sama saja dengan boot Windows biasa. Untuk memodifikasi boot entry menjadi apa yang Anda inginkan kita akan menggunakan System Configuration. Klik Start, ketik msconfig dan pilih System Configuration.

Cara Menambahkan Safe Mode Pada Windows 8 dan 10

Pada System Configuration klik tab Boot. Anda akan melihat OS Anda plus entry baru yang Anda buat tadi.

Klik entry baru yang Anda buat tadi (Windows 10 Safe Mode atau apa pun namanya yang Anda buat). Lalu buat pengaturan seperti gambar di bawah.

Cara Menambahkan Safe Mode Pada Windows 8 dan 10

Jika Anda ingin mengubah waktu berapa lama Anda memilih opsi boot, ubah Timeout nya (secara default 30 detik). Bila sudah selesai dengan konfigurasi di sini klik OK. Anda akan diminta mengonfirmasi perubahan dengan peringatan yang menakutkan dan perubahan yang Anda lakukan akan permanen. Lanjut, klik Yes.

Ketika Anda ditanya apakah ingin merestart komputer lewatkan pilih Exit without restart. Dengan begitu Anda bisa membuat boot entry lain yang sudah Anda buat tadi.

Jika Anda membuat Safe Mode with Networking jangan buat sama persis pada boot entry yang pertama, setela mengaktifkan boot safe pilih Network, jangan Minimal.

Jika Anda membuat entry Safe Mode with Command Prompt, aktifkan Alternatif Shell, bukan Minimal atau Networking.

Setelah semua konfigurasi selesai restart komputer Anda untuk mengetes yang baru kita buat. Saat boot Anda akan melihat Choose an operating system dengan pilihan baru yang baru kita buat tadi.

 

Bagaimana menghapus Option Safe Mode?

Jika Anda memutuskan tak lagi membutuhkan boot entry sangat mudah menghapusnya. Hanya dengan menjalankan System Configuration dengan mengetik msconfig  pada menu Start. Pilih salah satu not entry yang Anda buat dan hapus yang tak diperlukan. PERINGATAN: Menghapus entri OS bawaan bisa membuat komputer Anda tidak bisa booting.

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel