Bagaimana Cara Memperbaiki Foto yang Blur?

16 Mar 2016 08:35 152418 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Ada cara untuk memperbaiki foto yang blur. Memang tidak bisa sebagus hasil jepretan yang maksimal, tetapi paling tidak keburaman foto Anda berkurang dan lebih enak di lihat.

Pernah memfoto dan hasilnya blur, tetapi momen tersebut tidak bisa lagi diulang atau Anda sudah terlanjur suka dengan foto tersebut. Ini tidak jarang terjadi apalagi dengan kecanggihan teknologi saat ini yang memungkinkan Anda untuk memotret kapa pun.

Sayangnya, karena kemudahan tersebut kita kadang tidak hati-hati dan menghasilkan foto yang tidak maksimal, blur dan momen tersebut tidak bisa diulang lagi.

Ada cara untuk memperbaiki foto yang blur. Memang tidak bisa sebagus hasil jepretan yang maksimal, tetapi paling tidak keburaman foto Anda berkurang dan lebih enak di lihat.

 

Kenapa foto bisa blur?

Ini adalah masalah focus pada kamera Anda, entah itu ketika Anda memfoto tergoyang atau ketika focus kamera Anda belum siap untuk memotret. Ini sering terjadi pada kamera DSLR yang memiliki focus manual. Bisa jadi karena penglihatan atau cahaya Anda salah melihat ketajaman gambar di view finder atau juga karena motion blur.

Bila blurnya cukup parah tidak ada cara singkat untuk memperbaikinya, Anda harus memperbaikinya di aplikasi atau software foto editor dan melakukannya secara detail. Yang perlu Anda ingat, Anda bisa membuat gambar dari layar yang kosong di foto editor jadi seharusnya kita bisa memperbaiki yang sudah ada.

 

Memperbaiki blur di software editing foto

Kali ini kita akan menggunakan Photoshop, tetapi tidak akan jauh bedanya dengan GIMP dan tidakterlalu sulit untuk dilakukan, hanya perlu ketelitian Anda juga kesabaran.

Note: Mungkin tombol yang kita gunakan berbeda karena versi yang Photoshop yang berbeda jadi sesuaikanlah

  • Buka foto yang ingin dipertajam kemudian duplikat foto tersebut. Kita akan bekerja pada file duplikat tersebut agar aslinya tetap terjaga. Untuk membuat duplikat klik kanan tulisan background di kolom Layers.
  • Arahkan ke menu Image pilih Mode kemudian pilih Lab Color.  Buka Channels – bila Channel di Photoshop Anda belum terbuka pilih Windows> Channels. Kemudian pilih Lightness, foto akan berubah menjadi grayscale.

Bagaimana Cara Memperbaiki Foto yang Blur?

Bagaimana Cara Memperbaiki Foto yang Blur?

  • Pilih menu Filter Filter> Sharpen> Unsharp Mask. Di sini Anda perlu menyesuaikan sampai gambar Anda berkurang keburamannya, seusai dengan kebutuhan Anda.
  • Di Channles klik Lab, itu akan mengcombine semua Channel, foto akan kembali ke berwarna dan mungkin sudah mulai terlihat foto Anda lebih tajam sekarang.

Penyesuaian filter sharpen di Lab color bisa mempengaruhi warna gambar, tetapi gambar kita bisa menjadi lebih jelek. Kita akan coba membuat foto lebih mulus lagi dan seperti apa yang kita inginkan.

  • Tahan tombol ALT dan klik tombol topeng  di panel Layers pada bagian bawah, akan muncul background hitam di sebelah foto kita kemudian pilih Paintbrush tool dan klik kanan untuk mengatur brush. Pastikan foreground color berwarna putih seperti terlihat di bawah.  Sebelumnya jangan lupa klik dulu layar hitam yang muncul di samping foto kita.

Bagaimana Cara Memperbaiki Foto yang Blur?

Untuk ukuran brush itu terserah Anda, bagaimana Anda nyaman menggunakannya begitu juga Hardness – semakin dekat dengan tepi yang ingin kita tajamkan coba perkecil.

  • Anda baru saja menghilangkan semua yang Anda lakukan pada foto tersebut dan lukislah kembali pada area yang ingin Anda pertahankan. Untuk hasil yang lebih maksimal tetapi agak memakan waktu Anda bisa tandai blur bagian yang blur agar lebih detail dalam memainkan brush.

Kita perlu ingat kita tidak bisa benar-benar menghapus blur yang ada pada foto, kita hanya meminimalisir dan memanipulasi warna sehingga tampak lebih tajam saja. Tetapi, ini bisa membantu Anda memperbaiki foto dan tidak malu untuk mempostingnya di sosmed.

Setelah selesai dan puas dengan hasil editan Anda save foto tersebut, tetapi sebelumnya kembalikan dia ke mode RGB dengan cara pilih Image > Mode > RGB.

Tags Tips Trik

About The Author

Ricky Sulastomo 72
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel