Percepat Kinerja iOS atau Android Anda dengan Mengatur Animasi

14 Mar 2016 19:00 5320 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bila Anda sudah merasakan lag karena begitu banyak animasi ketika membuka dan menutup aplikasi, membuka folder, menginstal atau apa pun yang menggunakan animasi perlu ada sedikit perbaikan agar ponsel berjalan dengan mulus

Animasi pada iOS atau Android memang membuat perangkat Anda tampil lebih cantik, tetapi untuk membuat animasi ini bekerja dia mengorbankan kecepatan perangkat Anda. Mungkin sah-sah saja bila perangkat iOS atau Android Anda memiliki RAM yang besar, tetapi untuk perangkat yang sudah lama ini bisa sedikit mengganggu kenyamanan.

Bila Anda sudah merasakan lag karena begitu banyak animasi ketika membuka dan menutup aplikasi, membuka folder, menginstal atau apa pun yang menggunakan animasi perlu ada sedikit perbaikan agar ponsel berjalan dengan mulus. Coba trik ini untuk mengurangi animasi di iOS dan Android.

 

iOS

Di iOs Anda bisa dengan mudah mengurangi animasi, masuk ke Setting > General > Accessibility dan aktifkan Reduce Motion. Tetapi, ini hanya akan mengurangi animasi saja dan tidak menyingkirkannya. Agar benar-benar terbebas dari animasi  coba cara ini, ini akan langsung membuka dan menutup aplikasi tanpa animasi.

  1. Masuk Setting > General > Accessibility. Pada bagian Interaction buka dan AssistiveTouch dan nyalakan pengaturan ini.
  2. Pindahkan icon AssistiveTouch ke sudut kanan bawah layar Anda
  3. Swipe ke bawah layar Anda untuk memunculkan Spotlight search, ini akan membuat icon AssistiveTouch bergerak ke atas keyboard di layar
  4. Swipe ke bawah atau tap layar untuk menutup Spotlight search, ini akan membuat icon AssistiveTouch kembali ke sudut kanan bawah layar. Lakukan ini beberapa kali, pindahkan ikon AssistiveTouch ke atas dan ke bawah dengan cara di atas, ini akan mengelabui iOS agar menonaktifkan animasi SpringBoard.

Percepat Kinerja iOS atau Android Anda dengan Mengatur Animasi

Anda akan tahu cara ini berhasil ketika ikon AssistiveTouch kembali ke bawah layar tanpa berhenti ketika menutup Spotlight search. Ketika ini berefek ikon AssistiveTouch berhenti sejenak sebelum bergerak kembali.

Terkadang Anda perlu melakukannya hingga 20 sampai 30 kali, tetapi bisa juga 3-4 kali saja, entah apa yang membuat trick ini bisa berbeda-beda di setiap perangkat. Mudah-mudahan Anda berhasil dengan tiga atau 4 kali coba saja.

 

Android

Di Android animasi terus berkembang, apalagi untuk Lollipop ke atas, Google banyak menambahkan animasi ke OS mereka yang satu ini. Belum lagi Anda menggunakan launcher yang punya banyak animasi, ini bisa membuat perangkat Anda lag.

Untuk Android mengurangi animasi lebih mudah ketimbang iOS, Anda tidak perlu melakukan buka tutup Spotlight search berkali kali, cukup dengan cara sederhana dan uji coba.

      1. Aktifkan Developer options

Lihat Developer option di Settings, kalau belum ada Anda perlu mengaktifkannya dengan cara tap tujuh kali Build umber di menu About Phone Anda.

      2. Nonaktifkan animasi (atau kurangi)

Tap Developer options dan cari Windows animations scale. Bila tak ingin ada animasi pilih Animation is off, tetapi bila hanya ingin menguranginya pilih besaran animasi yang Anda inginkan.

      3. Restart Android Anda

Lihat hasilnya, bila Anda pilih off mungkin akan berjalan dengan baik –semua animasi hilang – tetapi bila Anda pilih 0,5 atau angka lainnya bisa jadi tidak sesuai dengan harapan. Angka tersebut merupakan kecepatan di perangkat Anda, misalnya 0,5 berarti kecepatannya setengah dari kecepatan aslinya dan akan semakin cepat ketika angkanya semakina besar.

Percepat Kinerja iOS atau Android Anda dengan Mengatur Animasi

Selain Windows animation scale Anda juga bisa mengatur Transition animation scale dan Animator duration scale bila memang hanya ingin penyesuaian, bukan menghilangkan animasi secara keseluruhan.

Untuk beberapa perangkat mungkin Anda tidak perlu merestart perangkat Anda bila memiliki pilihan Restart UI atau juga bisa dengan merestart launcher Anda agar memaksa System UI restart.

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel