Cara Memperbaiki Masalah Umum Samsung Galaxy S4

14 Mar 2016 12:10 12071 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Samsung Galaxy S4 salah satu ponsel Android paling populer yang pernah ada. Namun, bukan berarti ponsel populer ini tidak terlepas dari masalah

Samsung Galaxy S4 salah satu ponsel Android paling populer yang pernah ada. Namun, bukan berarti ponsel populer ini tidak terlepas dari masalah. Bahkan ada masalah yang muncul terus menerus. Untungnya beberapa masalah ini bisa diselesaikan dengan mudah.

Baterai, ponsel yang panas, restart secara tiba-tiba, kamera dan Wi-Fi menjadi masalah yang paling sering terjadi. Bila Anda mengalami ini, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu.

 

Baterai cepat habis

Masalah ponsel yang memang sudah cukup berumur, termasuk Samsung Galaxy S4. Tetapi, jika Samsung Galaxy S4 Anda baterainya secara signifikan berkurang dari biasanya (dengan penggunaan norma) yang pertama perlu diperhatikan adalah aplikasi.

Anda bisa lihat aplikasi mana yang paling bertanggung jawab memakan baterai Anda dengan membuka Setting, tap baterai dan Anda akan melihat grafik penggunaan baterai.

Jika aplikasi tersebut tidak Anda gunakan lagi, hapus saja. Tetapi, Anda juga bisa berhenti atau mengurangi menggunakannya. Cukup tekan dan tahan home untuk membuka Recent Apps dan swipe aplikasi yang ingin di tutup.

Di urutan teratas biasanya adalah layar bila Anda sering menggunakan ponsel Anda. Jika Anda tap pada bagian layar maka akan muncul berapa lama layar ponsel Anda menyala. Untuk mengurangi ini tap Display dan kurangilah kecerahan dan Screen time out (lamanya layar mati).

Daya tahan baterai yang lebih lama juga dapat di lakukan dengan mengaktifkan Power Saving Mode. Arahkan ke My Device  di Setting dan bisa mengaktifkan fitur ini, tetapi yang perlu Anda ketahui fitur ini akan mengurangi kinerja prosesor, mematikan beberapa aplikasi yang berjalan di background dan juga tingkat kecerahan layar. Jadi, kemungkinan ponsel Anda akan lebih lambat bekerja. Ide yang baik lainnya seperti menonaktifkan aplikasi seperti Air View, NFC dan sebagainya.

Cara Memperbaiki Masalah Umum Samsung Galaxy S4

Swipe layar dari bar notifikasi dan tekan tombol di sudut kanan. Dalam daftar Quick Settings, disable  segala yang tidak Anda butuhkan.

 

Ponsel panas

Yang perlu kita khawatirkan adalah ada sesuatu yang salah dengan baterai Anda dan menyebabkan panas yang berlebihan – ini bisa menguras baterai Anda lebih buruk. Salah satu cara untuk memeriksanya masalah baterai adalah mengeluarkan baterai dan menempatkannya di permukaan yang datar. Coba putar, bila bisa berputar kencang berarti ada tonjolan di tengah baterai Anda. Ini kerusakan fisik yang hanya bisa selesai ketika baterainya diganti.

Namun, sebelum menggantinya cobalah tes aplikasi yang bisa mengecek berapa konsumsi dan masuk ketika ponsel Anda di charger. Lihat kapasitas baterai Anda dan coba bandingkan, bila terlalu jauh erarti memang ada yang salah dengan baterai Anda. Aplikasi yang bisa digunakan yaitu Ampere, Anda bisa download di sini.

Jika secara fisik OK, periksa aplikasi Anda apakah up to date atau tidak. Untuk memeriksa apakah aplikasi dan Rom Anda up to date atau tidak. Masuk ke Setting dan pilih About Device. Bila tersedia cobalah update Android Anda.

Untuk aplikasi masuk ke Play Store dan tap tiga garis di kiri atas kemudian pilih My apps dan update yang bisa di update. Aplikasi yang terupadate salah satu cara membuat aplikasi berjalan lebih baik di ponsel Anda. Tetapi, Anda juga perlu lihat tambahan apa yang diberikan patch baru aplikasi Anda tersebut.

Salah satu yang bisa membuat ponsel panas adalah masalah signal provider Anda. Bila ditempat Anda provider yang Anda gunakan signalnya tidak baik (naik turun) atau bahkan hanya sedikit ini juga bisa membuat ponsel panas. Bahkan bila benar-benar signalnya sekarat ini akan menguras baterai Anda.

 

Restart tiba-tiba

Ponsel yang restart secara acak tentu sangat mengganggu, biasanya ini karena beberapa macam masalah. Bisa jadi masalah hardware misalnya, baterai, koneksi yang buruk atau memang ROM Anda crash. Seperti dijelaskan di atas, update aplikasi dan Android Anda untuk memastikan bukan itu masalahnya.

Jika Anda menggunakan MicroSD, ini juga bisa menjadi masalah. Coba format kembali MicroSD Anda dan lihat apakah masalah restart hilang, atau coba ganti dengan MicroSD yang lain.

 

Masalah kamera

Banyak pemilik Galaxy S4 yang melaporkan masalah aplikasi kamera mereka. Masalah kamera bervariasi seperti menutup tiba-tiba, gambar tidak tampil sebagai mana mestinya da ketika memotret.

Cara Memperbaiki Masalah Umum Samsung Galaxy S4

Ini bisa disebabkan oleh kartu memory yang rusak apalagi bila Anda menggunakan MicroSD untuk menyimpan foto. Cobalah untuk mengganti MicroSD, apakah ini bisa menyelesaikan masalah. Anda juga perlu mencoba aplikasi kamera yang lain, kalau berjalan lancar berarti aplikasi built-in nya yang rusak. Anda juga bisa mencoba membersihkan cache aplikasi kamera.

 

Wi-Fi bermasalah

Ketika Anda ada di rumah atau di mana pun ketika ada Wi-Fi Anda sulit menghubungkannya dengan ponsel Anda. Ini mungkin muncul ketika signal Wi-Fi lemah, tetapi juga terjadi ketika signal Wi-Fi kuat.

Anda mungkin terganggu dengan notifikasi koneksi internet Anda dinonaktifkan karena kecepatan melambat, Meski ini terdengar berlawanan dengan apa yang kita pikirkan, coba nonaktifkan mobile data. Lihat apakah ada perubahan.

Mobile data otomatis mati ketika Wi-Fi dinyalakan, namun terkadang dia tidak bisa nonaktif secara otomatis karena itu Wi-Fi kita bermasalah.

Opsi lainya adalah menonaktifkan Wi-Fi Power Save Mode. Masuk ke dialer dan ketik *#0011# untuk masuk ke Service Mode. Tap tombol menu dan pilih Wi-Fi, di bawah Wi-Fi Power Save Mode tap tombol On agar berubah menjadi Off.

Cara Memperbaiki Masalah Umum Samsung Galaxy S4

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel