Remix OS, Sistem Operasi Android untuk PC dan Laptop: Begini Cara Menginstalnya

14 Mar 2016 10:24 9705 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Remix OS merupakan sistem operasi berbasis Android untuk PC dan Laptop. Ini bukan emulator Android, dia sejajar dengan Linux, Windows, OS X atau Fedora, yang membuatnya beda dia berbasis Android, jadi singkatnya kita merasakan pengalaman Android di PC

Remix OS merupakan sistem operasi berbasis Android untuk PC dan Laptop. Ini bukan emulator Android, dia sejajar dengan Linux, Windows, OS X atau Fedora, yang membuatnya beda dia berbasis Android, jadi singkatnya kita merasakan pengalaman Android di PC.

Saat ini Remix OS masih dalam tahap beta, jadi masih ada beberapa bagian yang mungkin akan tidak sesuai dengan harapan Anda. Tetapi, kita patut berbahagia, mungkin ini akan menjadi OS PC masa depan apa lagi OS ini gratis. Untuk lebih jelasnya mungkin video ini akan bisa membantu Anda.

 

Persenjataan yang perlu dipersiapkan

Sudah memutuskan untuk mencoba Remix OS? Biasanya setelah melihat video diatas untuk orang-orang yang senang dengan teknologi ingin mencoba. Dan memang OS ini memang wajib di coba apalagi Anda orang yang cinta dengan Android.

Sebelum memulai instalasi dengan Flash disk, kita butuh flash disk dengan kecepatan tinggi (USB 3.0) karena bila Anda menggunakan USB 2.0 instalasi akan berjalan sangat lambat atau bahkan gagal. Untuk itu, PC atau laptop yang tidak memiliki port USB 3.0 harus sabar. Berikut peralatan yang kita butuhkan:

  1. Torrent Download Client (untuk download lebih cepat) download di sini
  2. Remix OS resmi terbaru (2.0) dan Remix OS USB Installer – download di sini
  3. USB 3.0
  4. BIOS yang punya Legacy Boot Mode (bisa di aktifkan secara manual) atau UEFI Boot
  5. Flash Disk 8GB dengan format FAT32
  6. Windows

Setelah Anda selesai mendownload Remix OS 2.0 ekstrak file tersebut dan di dalamnya sudah tersedia Remix OS USB Installer. Instal flash disk Anda dengan format FAT32, sebelumnya pastikan dulu tidak ada file penting di dalam flash disk.

Jalankan Remix OS USB Tool, di bagian bawah untuk ISO file klik browse dan cari di mana Anda tempatkan Remix OS 2.0 yang diekstrak dari download-tan Torrent tadi dan untuk USB Disk pilih flash disk Anda (jangan salah pilih disk). Setelah selesai Remix OS USB Tool akan mulai bekerja, dia akan mulai mengcopy dan menulis file ke flash disk. Ini cukup memakan waktu, tergantung kecepatan flash disk dan komputer Anda.

 

Note: agar lebih aman dan tidak mengganggu sistem operasi utama Anda (Windows), sebelumnya Anda sediakan dahulu partisi untuk Remix OS. Remix OS cukup ringan jadi 10 atau 20 GB sudah cukup untuknya. Mempermudah membuat partisi baru Anda bisa menggunakan aplikasi partisi seperti Mini Tool Partition Wizard, Partition Magic atau aplikasi sejenisnya, atau juga Anda bisa membaginya secara manual.

 

Mulai proses Instalasi

Restart komputer Anda dan masuk ke BIOS (untuk masuk ke BIOS berbeda-beda setiap merek terkadang F2, F1, Del, F11 dan sebagainya). Setelah Anda berhasil masuk ke BIOS atau Boot Menu pilih flash disk Anda, komputer akan masuk ke boot Remix OS.

Ada dua pilihan pada menu boot Remix OS, Guest Mode dan Resident. Guest merupakan mode uji coba, jadi tidak diinstal ke komputer Anda dan ini hanya untuk tes. Resident akan di instal ke komputer Anda seperti menginstal OS lainnya.

Di sini kita anggap memilih Resident. Instalasinya mudah, cukup pilih bahasa dan klik next, next di User Agreement kemudian klik Start. Setelah proses instalasi selesai Anda akan masuk ke Remix OS, sistem operasi PC berbasis Android. Mulailah bermain-main dengan OS yang luar biasa ini, mungkin Anda bisa mulai dengan membuka Play Store untuk mencari-cari aplikasi.

Remix, OS Android untuk PC dan Laptop: Begini Cara Menginstalnya

Karena ini masih beta mungkin Anda akan menghadapi beberapa masalah ketidak sesuaian kartu grafis dengan Remix OS, BIOS yang tidak suport atau juga masalah hard disk Anda. Bila menemui masalah kita coba selesaikan bersama.

Remix, OS Android untuk PC dan Laptop: Begini Cara Menginstalnya

Note: Tidak semua aplikasi Android bisa berjalan pada Remix OS, jadi untuk saat ini Anda jangan terlalu kecewa karena aplikasi kesayangan Anda tidak bisa diisntall. Namun, Facebook, aplikasi Google, WhatsApp dan game.

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel