Atasi Gangguan Sulit Tidur dengan Mengatur Suasana Kamar

28 Feb 2016 19:50 2662 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kesulitan tidur tidak boleh dibiarkan saja dan sebaiknya segera diatasi.

Sulit tidur di malam hari mungkin terkesan sepele dan bukan masalah yang besar. Bila terjadi sesekali dalam satu bulan mungkin tidak masalah, tetapi bisa kesulitan tidur ini semakin sering terjadi dan bahkan terjadi hampir setiap hari, hal ini tidak bisa didiamkan saja.

Kesulitan tidur di malam hari bisa membuat tubuh terasa lemas dan tidak segar di pagi harinya karena tidak mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas pada malam harinya. Beberapa penyebab dari terjadinya kondisi sulit tidur adalah tingkat stres yang tinggi, salah dalam meminum obat, adanya faktor psikologis, atau adanya perubahan jam kerja.

Gangguan sulit tidur ini walau misalnya baru terjadi beberapa kali saja dalam satu bulan, sebaiknya segera diatasi. Tentunya hal ini untuk menghindarkan Anda dari insomnia yang jauh lebih parah. Pada dasarnya tubuh dan pikiran manusia membutuhkan istirahat yang cukup di malam hari. Apalagi jika bisa mendapatkan istirahat yang juga berkualitas.

Untuk Anda yang mengalami gangguan sulit tidur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya dengan mengatur suasana kamar. Suasana kamar memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kualitas tidur serta kemungkinan seseorang bisa tidur dengan mudah.

Menggunakan Kasur yang Nyaman untuk Tubuh

Atasi Gangguan Sulit Tidur dengan Mengatur Suasana KamarGambar via: www.sync.co.nz

Keseulitan tidur bisa saja disebabkan karena faktor kasur yang digunakan. Tanpa Anda sadari, kasur yang selama ini Anda gunakan sudah mulai tidak nyaman dan membuat Anda tidak bisa mendapatkan kesempatan untuk bisa tidur. Jika ternyata benar masalah utamanya adalah kasur, segeralah memutuskan untuk membeli kasur yang baru.

Akan tetapi membeli kasur pun tidak boleh sembarangan. Pastikan bahwa kasur yang akan Anda beli adalah kasur yang sesuai dengan bobot tubuh, nyaman digunakan, dan tentunya harus dicoba terlebih dahulu. Kasur baru yagn cocok dan sesuai dengan Anda bisa memberikan kenyamanan tidur yang selama ini Anda dambakan dan bisa membantu Anda untuk mengatasi gangguan sulit tidur tersebut.

Membereskan Kamar Sampai Benar-Benar Rapi

Suasana kamar yang berantakan dengan berbagai barang yang tercecer, buku-buku yang tidak disusun rapi, serta tumpukkan file pekerjaan bisa jadi menyebabkan Anda mengalami sulit tidur. Oleh karena itu, mulai detik ini juga segera bereskan kamar, rapikan sampai benar-benar rapi dan bersih.

Kalau bisa, pindahkan semua bahan-bahan yang berhubungan dengan pekerjaan atau tuga ke raungan lain sehingga kamar tidak menjadi tempat untuk bekerja juga. Jadikan kamar sebagai tempat beristirahat saja. Dengan ini, Anda tidak akan melihat tumpukan pekerjaan yang belum selesai sehingga pikira bisa tenang dan rasa mengantuk pun bisa datang dengan cepat.

Mengganti Warna Dinding dan Dekorasi Kamar yang Tepat

Atasi Gangguan Sulit Tidur dengan Mengatur Suasana KamarGambar via: www.adventured.co

Warna dinding dan dekorasi kamar bisa saja memengaruhi seseorang unuk sulit tidur. Warna bisa memengaruhi psikologi dari seseorang, oleh karena itu pilihlah jenis warna yang memang sangat disukai sehingga bisa membuat Anda merasa nyaman berada di dalam kamar.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menentukan warna apa yang akan digunakan pada dinding dan dekorasi kamar, Anda bisa memilih beberapa jenis warna yang cocok untuk pengantar tidur. Beberapa warna tersebut di antaranya warna hijau muda, merah muda, biru muda, krem, dan warna-warna lembut lainnya. Semua warna tersebut akan memberikan sensasi menyenangkan, hangat, dan menenangkan.

Memastikan Udara di dalam Kamar Selalu Bersih

Faktor kebersihan udara juga bisa memengaruhi kondisi Anda untuk tidur. Rajinlah untuk membuka jendela di pagi hari agar udara bisa mengalami pertukaran yang baik. Selain dengan membuka jendela, Anda juga bisa menggunakan sebuah alat yang bisa membersihkan udara. Alat ini bisa dengan baik membersihkan udara yang ada di dalam kamar dan menghisap udara kotor. Jika udara di dalam ruangan kamar sudah bersih, Anda bisa juga memasang pewangi yang bersifat aromaterapi dengan wangi yang paling Anda sukai.

Memilih Lampu Tidur dengan Efek yang Menangkan

Atasi Gangguan Sulit Tidur dengan Mengatur Suasana KamarGambar via: cdn.thegadgetflow.com

Cahaya yang terlalu terang di kamar bisa saja menjadi masalah mengapa Anda mengalami kesulitan tidur. Jika bisa, matikan lampu saat akan tidur. Tetapi jika Anda benar-benar tidak bisa berada dalam kondisi yang gelap, Anda bisa mengganti lampu kamar yang terang dengan lampu tidur. Saat ini sudah banyak lampu tidur LED dengan bentuk yang menarik serta warna lampu yang sejuk dan menenangkan. Pemilihan lampu tidur yang tepat akan bisa membantu Anda segera merasakan kantuk dan tidur.

 

Beberapa cara ringan dengan mengubah suasana kamar di atas bisa menjadi penolong pertama terhadap kesulitasn tidur yang Anda derita. Tetapi jika semua usaha pengubahan suasana kamar ternyata belum cukup ampuh, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuh Anda sebenarnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa Anda terapkan untuk membantu mengatasi kesulitan tidur yang dialami.

About The Author

DIA 56
Expert

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel