Makanan Khas Italia Ini Menanti Anda untuk Mencobanya

29 Feb 2016 08:00 4839 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika berwisata ke Italia, maka wajib mencoba makanan khasnya yang lezat.

Ke manakah rencana Anda liburan nanti? Jika memiliki dana yang mencukupi, mengapa tidak melakukan wisata ke negara Italia? Ya, Italia menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan. Negara ini memiliki segudang tempat wisata menarik dan tentunya makanan khas yang menggugah selera.

Berkunjung ke Italia tidak akan terasa afdol tanpa mencoba makanan khasnya yang memang sudah banyak dikenal di seluruh dunia. Bahkan Anda bisa mencoba makanan Italia yang mungkin sama sekali belum pernah Anda cicipi.

Wisata kuliner bisa menjadi salah satu agenda wisata Anda jika memilih Italias sebagai tempat tujuan. Nah, sebagai pengantar untuk Anda, berikut beberapa jenis makanan khas Italia yang harus Anda coba secara langsung di negara asalnya.

Ratatouille

Makanan Khas Italia Ini Menanti Anda untuk Mencobanya

Gambar via: realfood.tesco.com

Tidak asing dengan nama makanan ini? Ya, makanan khas dari daerah Nice Italia ini merupakan makanan yang wajib Anda coba jika berkunjung ke Italia. Ratatouille merupakan makanan khas Italia yang termasuk ke dalam jajaran menu populer sehingga sayang sekali jika Anda sampai melewatkannya.

Ratatouille terbuat dari berbagai jenis sayuran dan aneka tanaman herbal. Umumnya Ratatouille disantap dengan kentang, nasi, atau roti. Ada juga yang mengonsumsinya sebagai campuran omelet, menjadi saus untuk pasta, dan juga dijadikan makanan pembuka.

Risotto

Makanan Khas Italia Ini Menanti Anda untuk Mencobanya

Gambar via: www.nosolotupper.es

Jika ingin makanan berbahan dasar nasi, maka Risotto bisa menjadi pilihan Anda. Makanan khas Italia ini merupakan bentuk nasi dengan bumbu yang sehat dan kaya cita rasa. Risotto memiliki cir khas dengan warna kuningnya yang dipadu dengaan rasa yang creamy dan gurih.

Risotto ini terdiri dari bahan-bahan seperti beras Arborio, butter, olive oil, sedikit wine putih, jamur, potongan wortel, kacang polong, daging, dan ikan. Setelah adonan dari Risotto matang, kemudian ditambahkan kaju parmesan yang kemudian diaduk dengan rata.

Focaccia

Makanan Khas Italia Ini Menanti Anda untuk Mencobanya

Gambar via: ichef.bbci.co.uk

Salah satu makanan khas Italia yang memiliki kemiripan dengan pizza ini bernama Focaccia. Bagian yang membedakannya dengan pizza adalah bentuknya sangat beragam dengan roti yang digunakan lebih tebal. Umumnya toping yang digunakan pada Focaccia di antaranya buah zaitun, smoke beef, dan irisan rosemary. Focaccia ini umum ditemui sebagai makanan pendamping untuk berbagai jenis hidangan.

Pizza

Nah, untuk makanan khas Italia satu ini tentunya Anda sudah tidak asing lagi. Pizza merupakan makanan khas Italias yang sudah sangat mendunia. Bahkan, Anda bisa menemukan banyak sekali kedai pizza di Indonesia, baik yang berasal dari luar maupun hasil kreasi masyarakat Indonesia sendiri.

Selagi Anda di Italia, maka Anda harus mencoba pizza Italia asli di sana. Pizza Italia ini dipanggang dengan menggunakan panggangan tradisional yang membuat rasanya menjadi lebih khas. Selain itu, aneka toping menggugah selera juga siap menyambut Anda, ditambah keju mozarella yang membuat tekstur pizza menjadi seperti lengket.

Lasagna

Makanan Khas Italia Ini Menanti Anda untuk MencobanyaGambar via: www.bonappetit.com

Jika Anda pernah menonton film si kucing gemuk menggemaskan, Garfield, maka Anda akan mengetahui makanan kesukaannya, yaitu Lasagna. Ya, Lasagna merupakan salah satu makanan khas Italias yang sangat mengguggah selera dengan tampilannya yang berlapis-lapis.

Lasagna termasuk ke dalam jenis makanan tradisional Italia yang banyak digemari. Bagian kulit dari Lasagna terbuat dari adonan tepung terigu yang dibentuk menjadi persegi empat. Setiap lapisan kulit diisi dengan aneka isian seperti jamur, daging, sayuran, atau seafood.

Lasagna dimasak dengan cara dioven sampai empuk dan siap disantap. Umumnya Lasagna disajikan sebagai makanan utama dan orang Italia juga sering menjadikan Lasagna sebagai makanan untuk bekal.

Spaghetti Bolognese

Jika berwisata ke Italia, salah satu menu wajib coba adalah spageti dengan saus bolognese. Makanan berbentuk pasta ini sudah lama ada dan dikenal di seluruh dunia. Pastanya terbuat dari campuran tepung dengan telur yang dengan ditambahka sedikit air dan dibentuk serta dipotong sampai menyerupai lidi. Proses pemasakannya hanya membutuhkan waktu 7 sampai dengan 10 menit saja.

Umumnya, pasta yang sudah matang akan disajikan dengan bagian atasnya yang diberi saus tomat. Saus tomat tersebut sudah diolah dan diberi campura seperti daging cincang dan bawang bombay yang kemudian terakhir ditaburi dengan keju parmesan.

Panna Cotta

Sebagai hidangan penutup, Panna Cotta menjadi makanan khas Italia yang wajib Anda coba. Panna Cotta merupakan makanan penutup yang menyerupai puding tetapi memiliki tekstur yang lebih creamy dan lebih lembut.

Panna Cotta terbuat dari campuran susu, krim, gelatin, dan gula. Umum tersedia di berbagai restoran berkelas di Italia.

 

Aneka makanan khas Italia di atas bisa masuk ke dalam list kuliner yang wajib Anda coba selama melakukan wisata di Italia. Siapkan dana khusus untuk berburu makanan khas Italia tersebut jika Anda benar-benar ingin merasakan setiap makanan khasnya dengan puas. Selamat berwisata dan selamat mencoba!

Tags Wisata

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel