Tips Sehat Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

28 Feb 2016 15:00 3245 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi penting untuk dilakukan setiap orang.

Menjaga kesehatan tubuh sudah menjadi sebuah keharusan yang dilakukan oleh setiap individu. Salah satu bagian dari tubuh yang penting untuk dijaga kebersihan dan kesehatannya adalah gigi dan mulut. Bagian yang vital dari tubuh ini sangat rentan terserang penyakit dan juga rentan untuk kotor.

Mulut dan gigi menjadi tempat masuknya makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Proses pengunyahan makana  dilakukan di dalam mulut dengan menggunakan gigi. Terkadang, sisa-sisa makanan bisa menempel kuat pada sela-sela gigi dan jika dibiarkan bisa menjadi penyebab gigi berlubang.

Kesehatan gigi dan mulut penting untuk dijaga salah satunya agar Anda tetap bisa mengonsumsi makanan apa pun yang Anda sukai tanpa harus terganggu oleh gigi yang sakit atau mulut yang dihinggapi sariawan.

Di bawah ini terdapat beberapa tips sehat untuk menjaga kebersihan dari gigi dan mulut. Selamat menyimak!

Rutin Membersihkan Gigi dan Mulut

Tips Sehat Menjaga Kebersihan Gigi dan MulutGambar via: klinikjoydental.com

Salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut adalah dengan ruitn membersihkannya. Salah satu caranya adalah dengan menyikat gigi minimal dua kali dalam satu hari. Cara menyikat gigi juga harus diperhatikan dengan baik. Carilah informasi mengenai cara menyikat gigi yang baik dan benar sehingga gigi Anda benar-benar bersih dan terhindar dari kuman serta sisa makanan.

Mengonsumsi Biji Wijen dan Biji Bunga Matahari

Kedua jenis biji-bijian ini ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Biji wijen bermanfaat untuk membantu menghilangkan plak yang menempel pada gigi. Selain itu, biji wijen juga memiliki manfaat untuk memperkuat gigi serta tulang karena kandungan kalisum di dalamnya. Sedangkan biji bunga matahari memiliki manfaat untuk membantu mencegah terjadinya bau pada mulut.

Rajin Mengonsumsi Buah-Buahan

Tips Sehat Menjaga Kebersihan Gigi dan MulutGambar via: www.holisticvanity.ca

Salah satu jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah buah-buahan. Terlebih jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Buah-buahan ini akan membantu menjaga kesehatan gigi, gusi, serta mencegah terjadinya sariawan dalam mulut.

Kandungan serat dan vitamin di dalam buah-buahan sangat dibutuhkan oleh gigi. Serat dari buah-buahan juga bisa menjadi sikat gigi alami yang bisa membantu untuk membersihkan semua sisa makanan serta membantu mengusir aneka bakteri dalam mulut.

Rajin Mengonsumsi Sayur-Sayuran

Selain buah-buahan, makan lain yang harus rutin dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah sayuran. Sayuran kaya akan kandungan serat yang bisa membantu membersihkan gigi dari plak-plak dan sisa makanan padai gigi. Selain itu, sayuran yang mengandung vitamin A sangat bermanfaat untuk membantu dalam pembentukan lapisan email pada gigi.

Menggunakan Air lemon untuk Gigi Putih Berseri

Bagi Anda yang ingin agar gigi bisa tetap putih berseri, Anda bisa menggunakan air jeruk lemon sebagai bahan alami pemutih gigi. Kandungan asam sitrat dalam jeruk lemon bisa membantu memutihkan gigi. Caranya adalah dengan menyikat gigi menggunakan air lemon yang sudah dicampur dengan garam.

Mengonsumsi Susu dan Berbagai Produk Olahannya

Susu merupakan minuman sehat yang kaya akan kandungan kalsium. Seperti yang umum diketahui, kalsium memiliki manfaat untuk membantu menjaga kekuatan dan kesehatan dari gigi. Oleh karena itu, rutin mengonsumsi susu secara teratur bisa membantu menyuplai kalsium untuk gigi. Produk olahannya seperti keju dan juga yogurt juga bisa memberikan sumbangan kalsium untuk kesehatan gigi.

Menjaga Kebersihan Sikat Gigi

Tips Sehat Menjaga Kebersihan Gigi dan MulutGambar via: klinikjoydental.com

Sikat gigi merupakan sebuah alat penting yang digunakan untuk menyikat gigi. Kebersihan dari sikat gigi juga akan sangat berpengaruh pada kebersihan gigi. Sebaiknya cuci bersih sikat gigi setelah digunakan sampai benar-benar bersih. Pastikan tidak ada sisa makanan dan sisa pasta gigi yang menempel pada sikat gigi sebelum kembali disimpan. Ganti sikat gigi minimal 2 bulan sekali agar kebersihan gigi tetap terjaga dan sikat gigi selalu nyaman untuk digunakan.

Mengurangi Konsumsi Makanan yang Bisa Menyebabka Bau Mulut

Jika mulut dalam kondisi yang bau, tentunya Anda akan merasa tidak percaya diri. Faktor penyebab bau mulut bisa berasal dari makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, hindarilah jenis makanan yang bisa menyebabkan mulut menjadi bau. Bila memang senang mengonsumsi makanan tersebut, segera lakukan pembersihan mulut dan gigi dengan menyikat gigi segera setelah makan. Atau, konsumsilah makanan tersebut ketika Anda dalam keadaan santai dan tidak harus menghadapi banyak orang sehingga bau dari makanan yang Anda konsumsi tersebut tidak akan sampai tercium dan mengganggu orang lain.

 

Menjag kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut sebenarnya sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu rutin melakukannya dan selalu ingat bahwa menjaga kesehatan gigi dan mulut juga termasuk ke dalam sebuah investasi kesehatan untuk mada depan.

Semoga berbagai tips kesehatan gigi dan mulut dalam artikel ini bisa bermafaat untuk Anda. Selamat mencoba!

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel