Tips Membersihkan dan Merawat Lantai Kayu

27 Feb 2016 08:00 3730 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Lantai kayu memerlukan perawatan dan cara membersihkan yang khusus.

Lantai merupakan bagian yang mendapatkan banyak perhatian saat membangun sebuah rumah. Ada banyak pertimbangan yang dilakukan, apakah akan mengggunakan lantai dari keramik atau kayu. Lantai kayu memang memiliki harga yang jauh lebih mahal dari lantai keramik biasa, akan tetapi kesan asri dan sejuk bisa didapatkan dari lantai kayu.

Lantai kayu yang bersih dan terawat akan bertahan sangat lama dan tentunya akan terlihat sangat berkilau saat terkena sinar matahari. Hanya saja, perawatan dan cara membersihkan lantai kayu agak berbeda dengan lantai keramik biasa.

Lantai kayu rentan terhadap kelembaban dan juga keropos. Hal tersebut tentunya disebabkan oleh sifat dari kayu itu sendiri. Akan tetapi jangan khawatir, jika dilakukan perawatan yang tepat dan cara membersihkan yang baik, lantai kayu rumah Anda akan bertahan sangat lama dan akan selalu terlihat bersinar setiap saat.

Berikut beberapa cara untuk membersihkan dan merawat lantai kayu rumah Anda.

 

1. Membersihkan Seluruh Debu dan Kotoran dengan Vacuum Cleaner atau Sapu Lembut

Tips Membersihkan dan Merawat Lantai Kayu

Gambar via: carpetcleanking.com

Sebelum melangkah pada proses pengepelan, sebaiknya lantai kayu harus sudah terbebas dari debu, kotoran, dan pasir. Pasir halus atau kasar bisa menyebabkan terjadinya goresan permanen pada lantai kayu dan akan membuat tampilannya menjadi tidak mulus lagi.

Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan debu sampai tingkat kebersihan maksimal. Tetapi jika tidak memiliki vacuum cleaner, Anda bisa juga menggunakan sapu biasa yang lembut. Bersihkan lantai kayu sampai ke sela dan sudut rumah. Pastikan semua bagian lantai bersih dan tidak berdebu lagi.

 

2. Mengepel Lantai Kayu dengan Kain Pel Basah

Tips Membersihkan dan Merawat Lantai Kayu

Gambar via: www.signaturehardwoodfloors.com

Anda bisa mulai mengepel permukaan lantai kayu dengan kain pel basah. Lakukan proses pengepelan ini sebaik mungkin agar lantai benar-benar bersih. Lakukan pengepelan dengan lembut dan teratur. Mengepel lantai kayu dengan baik bisa membantu membersihkan lantai kayu secara maksimal. Lantai kayu yang bersih maksimal akan terlihat sangat berkilau dan cantik.

 

3. Segera Bersihkan Noda pada Lantai Kayu

Tips Membersihkan dan Merawat Lantai Kayu

Gambar via: www.fervidz.com

Membuat lantai kayu menjadi bernoda tentunya bukan sebuah keinginan dari pemilik rumah. Akan tetapi kecelakaan seperti tumpahan kopi atau noda lainnya yang mungkin saja akan kuat menempel pada lantai kayu bisa saja terjadi.

Untuk membersihkan noda yang menempel pada lantai kayu, Anda bisa membersihkannya menggunakan pembersih lantai kayu khusus. Pilihlah jenis pembersih lantau kayu yang netral dengan kadar pH yang tidak terlalu tinggi.

Selain menggunakan pembersih kayu khusus, Anda juga bisa menggunakan alkohol yang digosokkan pada noda lantai kayu dengan menggunakan spon lembut. Tetapi jika noda yang hendak dibersihkan tidak kunjung bersih, dalam hal ini proses pengamplasan perlu untuk dilakukan.

 

4. Memilih Kain untuk Mengepel Lantai Kayu

Mengepel lantai kayu tidak saja harus memerhatikan cara mengepelnya saja, tetapi juga kain yang digunakan untuk mengepel. Pilihlah kain jens katun yang lembut untuk mengepel lantai kayu. Kain katun lembut bisa membersihkan lantai kayu dengan optimal dan tentunya tidak sampai membuat goresan pada lantai.

Tips dalam mengepel lantai kayu, lakukan dua kali pengepelan. Pertama mengepel dengan menggunakan kain katun lembut yang basah. Proses pengepelan kedua adalah menggunakan kain katun lembut yang kering. Selain itu, sebaiknya tidak langsung menginjak area lantai yang baru saja dipel.

 

Mengenal Jenis Finishing Lantai Kayu yang Digunakan

Pada saat Anda memasang lantai kayu, tentunya akan dilakukan tahap finishing menggunakan jenis fisnishing yang berbeda. Pertama adalah finishing menggunakan poliuretan yang akan memberikan efek berkilau pada lantai kayu. Kedua adalah finishing yang menggunakan penetrasi seal yang terbuat dari minyak finishing dan lilin yang akan mampu meresap sampai ke bagian dalam lantai kayu dan mampu untuk melindungi kayu bagian dalam.

Nah, ketika Anda membersihkan lantai kayu dan ternyata lantai kayunya masih terlihat kusam dan tidak berkilau, Anda bisa menggunakan semir dan lilin. Hanya saja hal ini jangan sering dilakukan karena akhirnya hanya akan merusak bagian perekat pada lantai kayu. Lakukan sesekali saja jika memang lantai terlihat terlalu kusam.

 

5. Memerhatikan Instruksi dari Tukang Kayu dalam Membersihkan dan Merawat Lantai Kayu

Ketika pertama kali memasangnya, Anda sebaiknya memerhatikan instruksi yang diberikan oleh tukang kayu dalam hal perawatan dan cara membersihkan lantai kayu. Mereka sangat mengetahui bagaimana cara merawat lantai kayu agar awet dan tetap bersih.

Lakukan apa yang diinstruksikan oleh tukang kayu. Bila perlu catat di buku harian Anda agar tetap selalu ingat, mulai dari cara menyapu yang benar, cara mengepel yang benar, sampai cara agar suhu ruangan tidak terlalu lembab dan menyebabkan lantai kayu menjadi bermasalah.

 

Itulah beberapa tips untuk membersihkan lantai kayu di rumah Anda. Pastikan lantai kayu di rumah Anda selalu bersih dan berkilau. Selamat mencoba!

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel