5 Hal yang Penting Diketahui oleh Pengguna Kamera Polaroid Pemula

26 Feb 2016 19:00 17657 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kamera Polaroid kembali banyak digemar oleh kaum muda sekarang ini.

Kamera Polaroid merupakan jenis kamera instan yang bisa langsung mencetak foto hasil jepretan tanpa harus melalui proses pencucian film atau melakukan proses print dengan printer. Sebenarnya kamera Polaroid adalah salah satu jenis merk kamera instan, artinya masih ada banyak kamera instan sejenis dengan merk yang lain.

Hanya saja, masyarakat secara umum menggolongkan jenis kamera instan tersebut dengan nama Polaroid karena memang perusahaan pemilik merk Polaroid inilah yang pertama kali menemukan teknologi kamera yang bisa langsung mencetak hasil fotonya. Oleh karena itu, merk Polaroid ini seolah menjadi sebuah nama khusus untuk jenis kamera instan.

Menggunakan kamera Polaroid juga memerlukan teknik dan proses belajar terlebih dahulu. Bagi para pemula, mengetahui lebih dalam mengenai kamera Polaroid adalah hal yang penting. Ditambah lagi, kamera Polaroid memiliki beberapa perbedaan dengan jenis kamera lainnya.

Berikut 5 hal peting yang perlu untuk diketahui para pemula yang ingin menggunakan kamera Polaroid.

 

Mengenal Tipe-Tipe Kamera Polaroid

5 Hal yang Penting Diketahui oleh Pengguna Kamera Polaroid Pemula

Gambar via: farm3.static.flickr.com

Sebelum melangkah pada bagaimana cara yang tepat menggunakan kamera Polaroid, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tipe-tipe dari kamera Polaroid. Terdapat 3 tipe dari kamera instan ini, yaitu sebagai berikut.

  • Kamera Polaroid tipe 600. Tipe ini merupakan tipe yang cocok bagi pengguna pemula.
  • Kamera Polaroid tipe SX-70. Tipe ini merupakan tipe kamera yang bisa dilipat atau ditekuk serta memiliki desain yang elegan dan klasik.
  • Kamera Polaroid tipe Spectra. Tipe ini merupakan tipe yang paling mutakhir atau paling canggih jika dibandingkan dengan dua tipe sebelumnya.

 

Menyimpan Film dalam Lemari Es

Ada baiknya Anda selalu menyimpan film yang digunakan pada kamera Polaroid Anda di dalam lemari es. Jika Anda hendak menggunakan filmnya, keluarkan dan diamkan di luar lemari es selama satu jam. Setelah satu jam, baru masukkan film ke dalam kamera.

 

Memerhatikan Exposure pada Kamera

Sifat dari setiap tipe kamera Polaroid itu berbeda-beda. Contohnya pada kamera Polaroid tipe SX-70. Sebaiknya Anda hati-hati dengan exposure yang diberikan. Eksposurenya apakah lebih terang atau malah lebih gelap.

Sedangkan pada kamera Polaroid tipe 600, perlakuan khusus seperti yang dilakukan pada tipe SX-70 tidak diperlukan. Hal ini tentunya memudahkan para pengguna kamera Polaroid pemula.

 

Langsung Menyimpan Hasil Foto di Tempat yang Tertutup

5 Hal yang Penting Diketahui oleh Pengguna Kamera Polaroid Pemula

Gambar via: retrothing.typepad.com

Salah satu produk film yang digunakan untuk kamera Polaroid adalah film yang berasal dari Impossible Project. Setelah Anda mengambil gambar dengan film ini melalui kamera Polaroid, segera simpan hasil fotonya ke dalam amplop atau ke dalam wadah yang tertutup dan gelap. Jika ingin mendapatkan hasil gambar yang baik dan sempurna, maka suhu yang paling pas untuk bisa memunculkan gambar tersebut adalah sekitar 15 sampai dengan 25 derajat.

 

Menyimpan Hasil Foto dari Kamera Polaroid dengan Baik

5 Hal yang Penting Diketahui oleh Pengguna Kamera Polaroid Pemula

Gambar via: ecx.images-amazon.com

Semua hasil foto Anda baik yang hasilnya bagus maupun kurang bagus, sebaiknya disimpan di tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Anda bisa langsung menyimpannya di dalam album foto, dalam kotak kenangan, atau di dalam amplop.

 

Menggunakan kamera Polaroid untuk pertama kalinya mungkin memang tidak mudah. Ditambah lagi, ada beberapa teknik penting yang harus dikuasai. Karena hasil fotonya langsung selesai, jadi tidak bisa mengalami proses edit. Pengambilan posisi gambar yang tepat, pantulan cahaya, serta teknik memoto yang baik akan menghasilkan gambar yang juga baik.

Kamera Polaroid bisa menjadi kamera yang membantu Anda untuk belajar mengambil gambar dengan baik. Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan hasil foto yang instan, terutama jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan pencetakan foto.

Selain memerhatikan lima hal penting tentang kamera Polaroid bagi Anda yang masih pemula, kebersihan kamera Polaroid juga penting untuk dijaga. Jika kamera Polaroid selalu dalam keadaan bersih dari kotoran dan debu, kamera bisa terus bekerja dengan baik dan memberikan Anda hasil foto yang yang juga baik.

Bagi Anda yang sangat tertarik dengan kamera Polaroid ini, tidak ada salahnya Anda untuk mencari teman atau komunitas yang mencintai fotografi dengan kamera Polaroid. Sebuah komunitas bisa memberikan Anda kesempatan untuk mengetahui tentang kamera Polaroid dengan baik. Anda juga bisa belajar teknik pengambilan gambar dengan rekan-rekan komunitas yang sudah profesional dan sudah memiliki banyak pengalaman menggunakan kamera Polaroid.

Kembali bersinarnya kamera Polaroid di kalangan masyarakat memberikan kesempatan pengalaman bagi Anda yang mungkin belum pernah menggunakan kamera instan seperti ini sebelumnya. Kamera Polaroid ini bisa Anda gunakan untuk mengambil gambar pada situasi penuh kebersamaan seperti momen hari raya, kelulusan, dan ketika berkumpul dengan teman.

Itulah pembahasan mengenai kamera Polaroid serta 5 hal penting yang sebaiknya diketahui oleh pemula. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba kamera Polaroid!

Tags Kamera

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel