Kenali Faktor Penyebab IAD (Internet Addictive Disorder) dan Cara Mengatasinya

25 Feb 2016 20:00 4801 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kecanduan internet sangat mungkin terjadi di era serba internet sekarang ini.

IAD atau Internet Addictive Disorder bisa juga dikatakan sebagai sebuah situasi kecanduan internet yang akan sangat berbahaya jika tidak diatasi dengan segera. Kecanduan internet sangat mungkin terjadi di era yang memang sudah tidak bisa dilepaskan dari internet ini. Semua kegiatan yang dilakukan umumnya sudah terhubung dengan internet, mulai dari berkomunikasi, berbelanja, sampai melakukan kegiatan bisnis.

Menggunakan internet secara wajar dan sesuai dengan kebutuhan tentunya tidak akan sampai menyebabkan kecanduan. Hanya saja, kemungkinan seseorang kecanduan internet cukup tinggi terlebih jika beberapa faktor berikut mulai menghampiri orang tersebut. Inilah beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang terserang kecanduan internet.

 

1. Adanya Masalah Pribadi yang Tidak Dihadapi

Kenali Faktor Penyebab IAD (Internet Addictive Disorder) dan Cara Mengatasinya

Gambar via: blogs.psychcentral.com

Setiap orang tentunya akan menghadapi masalah dalam hidupnya. Hanya saja, cara setiap orang untuk mengatasi masalah tersebut berbeda-beda. Salah satunya adalah dengan melarikan diri pada internet. Baginya, internet menjadi sebuah tempat pelarian yang tepat, ia bisa berekspresi dengan bebas, bermain game online, berkomunikasi dengan orang-orang yang sama sekali belum dikenalnya, dan masih banyak lagi.

Bentuk pelarian dari masalah diri pada internet ini jika menjadi salah satu jalan baginya untuk bisa memecahkan masalah tersebut dan akhirnya kembali bangkit, tentunya menjadi hal yang baik. Akan tetapi, jika ternyata bentuk pelarian ini malah membuat seseorang menjadi kecanduan internet dan semua masalah dirinya sama sekali tidak mendapatkan solusi.

 

2. Merasa Terus Mengalami Kegagalan

Mengalami kegagalan di dunia nyata adalah hal yang umum terjadi. Seseorang bisa gagal berkali-kali dan kembali bangkit, tetapi ada juga orang yang merasa sudah lelah gagal dan akhirnya menemukan kesenangan dirinya pada internet. Ia bisa menjadi orang lain di dunia maya dan bebas mengekspresikan apa yang ia pikirkan. Ia pun akhirnya merasa tidak perlu terlalu memikirkan apa yang seharusnya ia hadapi di dunia nyata.

 

3. Adanya Respon Biokimia pada Otak

Otak manusia menghasilakn sebuah hormon yang bernama hormon endhorpin yang mampu  menimbulkan perasaan bahagia ketika seseorang mengalami atau melakukan sesuatu, contohnya seperti ketika ia sedang mengakses internet. Jika perasaan bahagia menggunakan internet tersebut terus tumbuh secara berlebihan, maka seseroang bisa terserang IAD.

Berbagai faktor penyebab terjadinya IAD atau kecanduan pada internet tersebut sebenarnya masih bisa diatasi dengan hal-hal yang bisa dilakuakn secara nyata di dunia nyata. Cara untuk mengatasi kecanduan internet ini juga bisa diterapkan pada anggota keluarga atau teman Anda yang kemungkinan menunjukkan tanda-tanda kalau dia sudah sangat kecanduan internet.

 

4. Mulai Banyak Melakukan Kegiatan Nyata yang Positif

Walau tidak mudah, tetapi sedikit demi sedikit berbagai kegiatan di dunia nyata yang positif bisa mendorong seseorang untuk terlepas dari kecanduannya pada internet. Ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan di antaranya melakukan bakti sosial, ikut mengajar anak-anak yang kurang mampu, membuat berbagai jenis kerajinan tangan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, ada baiknya juga untuk mulai lebih banyak melakukan sosialisasi dengan orang-orang di lingkungan sekitar. Misalnya mengunjungi tetangga untuk sekadar mengobrol santai, selalu menjenguk teman atau saudara yang sedang sakit, dan banyak berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya.

Tags Internet

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel