Tips dalam Memilih Produk Home Theater yang Baik dan Tepat

26 Feb 2016 11:00 9603 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Home Theater bisa menjadi salah satu sarana hiburan yang dimiliki oleh keluarga di rumah.

Memiliki sarana hiburan yang memadaidi rumah sendiri tentunya menjadi impian bagi setiap keluarga. Salah satu sarana hiburan yang banyak dicari oleh keluarga adalah Home Theater. Bagaimana tidak, kehadiran Home Theater bisa memberikan suasana menonton film yang berbeda dan tentunya mendapatkan sensasi bioskop.

Produk Home Theater sekarang semakin bervariasi dan juga memiliki harga yang tidak semahal di awal kemunculannya. Hanya saja, semakin beragamnya merk serta harga yang terjangkau tidak berarti menjadikan Anda lupa untuk selektif dalam memilih.

Beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu Anda untuk memilih produk dari Home Theater yang baik dan tepat.

 

Sebuah Paket Home Theater Memiliki Amplifier Surround

Tips dalam Memilih Produk Home Theater yang Baik dan Tepat

Gambar via: www.m-jay.co.uk

Salah satu tips memilih Home Theater adalah yang memiliki Amplifier Surround. Jika paket yang Anda beli tidak dilengkapi dengan Amplifier Surround, maka bisa dikatakan perangkat tersebut tidak termasuk ke dalam Home Theater.

Pastikan perangkat Home Theater yang Anda beli sudah memiliki decoder surround yang berada dalam format Dolby Digital dan Dolby Pro Logic II.

 

Sebuah Paket Home Theater Minimla Memiliki 5 Buah Speaker dengan Sebuah Sub Woofer

Tips dalam Memilih Produk Home Theater yang Baik dan Tepat

Gambar via: cdn.slashgear.com

Pastikan Anda benar-benar memilih perangkat Home Theater yang minimal memiliki 5 buah speaker. Selain itu, pilih juga yang sudah memiliki sebuah sub woofer. Pilihlah perangkat Home Theater dengan speaker surround dengan respon bass yang baik. Jangan lupa untuk memerhatikan tata suara yang bisa dihasilkan oleh semua speaker yang dimiliki oleh perangkat Home Theater tersebut.

 

Memiliki Pemutar DVD yang Support Blu Ray

Pada umumnya, sebuah perangkat Home Theater sudah dilengkapi dengan pemutar DVD. Hanya saja, sebaiknya Anda memilih Home Theater dengan pemutar DVD yang sudah support untuk memutar CD/DVD blu ray. Teknologi terbaru dari sisi optical disc ini mampu menyimpan data yang jauh lebih besar yaitu sebesar25 GB. Sedangkan blu ray dengan dual layer mampu menyimpan data sampai 50 GB.

Perangkat Home Theater sudah Memiliki Konektivitas Video yang Baik

Tips dalam Memilih Produk Home Theater yang Baik dan Tepat

Gambar via: www.ultimatechristoph.com

Setiap pengguna Home Theater tentunya ingin bisa menonton video dengan kualitas yang baik pada televisi LCD atau LED yang dimilikinya. Nah, perangkat Home Theater memiliki andil yang cukup besar untuk bisa menampilkan video yagn berkualitas tergantung dari konektor yang digunakannya. Saat ini, sudah banyak perangkat Home Theater yang menggunakan konektor dengan teknologi terbaru seperti HDMI.

Teknologi HDMI sendiri mampu memberikan hasil gambar atau video yang bening dan sangat berkualitas. Sebagai tambahan referensi bagi Anda, pilihlah perangkat Home Theater yang sudah menggunakan konektor dengan teknologi HDMI ini.

Memerhatikan Power Rating Audio yang Dimiliki Setiap Speakernya

Power Rating Audio sangat berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker. Umumnya Power Rating Audio ini dinyatakan dalam bentuk watt. Semakin besar watt yang digunakan oleh speaker, maka akan semakin jelas dan jernih juga suara yang dihasilkannya. Tentunya pertimbangan dari segi tingkat kejernihan suara ini perlu menjadi pertimbangan Anda dalam memilih perangkat Home Theater. Akan tetapi, jumlah watt yang dianjurkan untuk setiap kanal speakernya adalah 30-120 watt, Anda tetap harus memerhatikan anjuran ini juga.

 

Memilih Perangkat Home Theater dengan Fitur Pendukung Lengkap

Home Theater akan semakin lengkap terasa jika memiliki aneka fitur pendukung lainnya. Walau tujuan utama dari hadirnya Home Theater ini adalah untuk menghadirkan suasan sekelas bioskop di rumah, akan tetapi fitur pendukung lainnya juga penting hadir dalam sebuah perangkat. Apalagi jika memang sudah berada dalam satu paket perangkat Home Theater, Anda tidak perlu lagi membeli atau menambahkan fitur pendukung di lain waktu.

Beberapa fitur pendukung yang sebaiknya ada dalam sebuah perangkat Home Theater dan juga menjadi bahan pertimbangan untuk Anda membelinya di antaranya Web Browser, memiliki Mode Musik, Penerima Radio FM, Internet Video Streaming, ketersediaan port USB, faislitas karaoke, MP3 Player, dan masih banyak lagi.

Semua fitur pendukung tersebut yang hadir dalam sebuah perangkat Home Theater akan membuat Anda dan keluarga tidak akan pernah bosa menggunakan Home Theater di rumah. Anda bisa berkaraoke ria bersama keluarga teman, menyetel MP3 kesayangan, menonton film yang sudah dalam bentuk softcopy dalam USB Anda, serta mendengarkan radio dengan kualitas suara super dari speaker-speaker Home Theater. Semuanya bisa Anda lakukan hanya dengan menggunakan sebuah perangkat Home Theater yang super lengkap.

 

Beberapa tips dalam memilih perangkat Home Theater di atas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sebelum benar-benar memutuskan untuk membeli sebuah produk Home Theater. Pastika Anda membeli perangkat Home Theater terbaik yang dijamin tahan lama serta tentunya memberikan kepuasan menonton seperti di bioskop seperti yang Anda harapkan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba tipsnya!

Tags Teknologi

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel