Ini Dia Bagian-Bagian Interior Mobil yang Harus Rutin Dibersihkan!

22 Feb 2016 12:20 22875 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bagian interior mobil sama pentingnya denga eksterior, harus rutin dibersihkan.

Bagi Anda yang memiliki kendaraan bermotor berupa mobil, seberapa seringkah Anda membersihkan bagian interior mobil? Bagian interior sama pentingnya dengan bagian eksterior mobil. Walau tidak terlihat secara langsung dari luar, tetapi interior mobil yang bersih dan nyaman tentunya akan membuat siapa saja betah berlama-lama menggunakan mobilnya.

Membersihkan bagian interior mobil memang susah-susah gampang. Tetapi, setelah bagian interior mobil Anda bersih, Anda tentunya akan merasa nyaman dan bahagia saat berkendara. Lalu, bagaimana cara yang baik dan benar dalam membersihkan bagian interior dari mobil ini?

Membersihkan Bagian Jok Mobil

Ini Dia Bagian-Bagian Interior Mobil yang Harus Rutin Dibersihkan!

Gambar via: www.tiresizeschart.com

Bagia jok mobil umumnya yang paling tidak mendapatkan perhatian. Padahal kebersihan dan kenyamanan dari jok mobil sangat penting untuk diperhatikan. Jok menjadi salah satu bagian interior mobil utama yang memiliki peran penting bagi sebuah mobil.

Jok mobil bisa terbuat dari berbagai jenis bahan yang berbeda seperti jok berbahan kulit asli, jok berbahan semi kulit, dan jok berbahan beludru. Ketiganya memiliki cara perawatan dan pembersihan yang berbeda.

Untuk jenis jok dengan kulit asli, Anda bisa membersihkannya menggunakan cairan atau obat pembersih khusus untuk jok dengan bahan kulit asli. Gunakan juga vacuum cleaner untuk menjangkau area yang cukup sulit dijangkau dengan hanya menggunakan lap. Hindari parkir di area yang terkena sinar matahari langsung agar bahan kulit pada jok tidak mudah rusak.

Untuk jenis jok dengan bahan beludru, gunakan cairan khusus pembersih bahan beludru. Bersihkan jok terlebih dahulu dengan vacuum cleaner baru kemudian semprotkan cairan khusus yang langsung ditindaklanjuti dengan disikat. Selesai disikat dengan bersih baru kemudian dilap dengan lap bersih. Keringkan jok terlebih dahulu sebelum digunakan.

Sedangkan untuk jok dengan bahan semi kulit, Anda bisa menggunakan bantuan dari cairan pembersih bahan semi kulit atau bisa juga menggunakan pembersih kaca. Bersihkan dengan baik dan rata dan gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan area yang sulit terjangkau.

Membersihkan Dashboard Mobil

Ini Dia Bagian-Bagian Interior Mobil yang Harus Rutin Dibersihkan!Gambar via: hargadiskon.xyz

Bagian interior mobil yang mudah kotor dan paling sering terkena sinar matahari adalah dashboard. Langkah pertama untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan kemoceng. Bersihkan debu-debu yang menempel pada dashboard dengan kemoceng.

Langkah selanjutnya adalah mengelap bagian-bagian dashboard dengan cairan pembersih khusus atau cukup dengan meggunaka air hangat. Lap dengan lembut dan jangan sampai menimbulkan goresan pada dashboard. Selanjutnya adalah dikeringkan dengan menggunakan lap bersih.

Jika perlu, Anda juga bisa mengoleskan cairan anti sinar UV pada dashboard Anda agar tetap terlindung dari sinar UV dan juga membuat dashboard terlihat mengilap. Sekdar tips, parkirlah mobil di area yang tidak terkena sinar matahari langsung atau gunakan pelindung kaca mobil depan agar efek sinar matahari tidak terlalu besar pada bagian interior mobil Anda.

Membersihkan Karpet dan Alas Kaki Karet

Bagian yang tidak boleh dilupakan dari interior mobil adalah karpet dan alas kaki karet. Bagian ini adalah bagian yang biasanya lebih kotor karena diinjak oleh kaki. Pertama bersihkan dulu bagian alas kaki karetnya yang memang bisa dilepas sampai bersih.

Kemudian bersihkan bagian bawah alas kaki karet atau karpet mobil menggunakan sapu atau juga vacuum cleaner sampai bersih. Kemudian setelah bersih, pasangkan kembali alas kaki karetnya dengan posisi yang tepat.

Membersihkan Langit-Langit Mobil

Ini Dia Bagian-Bagian Interior Mobil yang Harus Rutin Dibersihkan!Gambar via: autobild.co.id

Salah satu area dari interior mobil yang sering terlewatkan saat proses pembersihan adalah langit-langit atau plafon mobil. Anda bisa membersihkan bagian langit-langit dari mobil ini dengan menggunakan kain atau lap yang tidak terlalu basah. Bersihkan dengan cara digosok sampai ke sudut-sudutnya sehingga tidak ada lagi kotoran atau debu yang menempel.

Setelah dilap menggunakan kain yang setengah basah, kemudian kembali dilap menggunakan kai atau lap kering yang bersih. Cara ini akan membantu bagian langit-langit mobil menjadi cepat kering dan tidak lama berada dalam keadaan lembab setelah dilap sebelumnya.

Menempatkan Pengharum Khusus Mobil

Jika bagian interior mobil sudah dalam keadaa bersih, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk menempatkan pengharum mobil. Pengharum mobil bisa membantu untuk menjaga kesegaran di dalam mobil dan menyerap bau-bauan dari mobil.

Anda bisa menggunakan pengharus mobil yang digantung atau disimpan di bagian dashboard. Gunakan pengharum mobil yang wanginya disukai oleh seluruh anggota keluarga sehingga perjalanan Anda dan keluarga akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

 

Itulah beberapa cara yang baik dan benar dalam membersihkan bagian interior dari mobil Anda. Lakukan aktivitas bersih-bersih interior mobil ini secara berkala sehingga mobil Anda tidak saja bersih di bagian luar, tetapi juga bersih bagian dalamnya. Anda bisa membersihkan bagian dalam mobil Anda dua sampai tiga kali dalam satu bulan. Membersihkan bagian dalam mobil ini juga bisa menjadi kegiatan menarik untuk Anda dan keluarga, Anda juga bisa mengajak anak dan mengenalkan padanya pentingnya menjaga kebersihan mobil.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Selamat mencoba!

Tags

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel