Cara Mudah Bikin Meme dengan Aplikasi iMeme

22 Feb 2016 13:50 5441 Hits 4 Comments
Cara membuat meme sederhana

Meme berarti sebuah kebudayaan yang berupa apresasi ide, gagasan, teori, perilaku dan emosi seseorang terhadap suatu hal yang menjadi obesesinya, baik itu kesukaannya, hal yang ia benci, hal yang mengganggunya, atau hal yang dirasa tidak wajar baginya dan lain-lain. Meme sering menjadi bentuk ekspresi netizen untuk mengkritisi seorang public figur, artis, olahragawan, politisi, hingga sebuah badan pemerintahan maupun swasta atau birokrasi, bahkan kerasnya ataupun ironisnya kehidupan sehari-hari.

Contoh meme via konfrontasi.com

Meme (baca: meem / mim) atau dalam bahasa Indonesia disebut mimema yang berarti imitasi ini sangat populer di situs jejaring sosial dan komunitas-komunitas berlabel meme melalui perang gambar kocak dan gokil maupun sebagai ekspresi dalam bentuk status dan komentar.

Misalnya nih, kasus SJ yang menjadi trending topic di Indonesia tak luput dari serangan meme.

Gambar via twitter

Secara sederhana, meme adalah sebuah gambar yang diberi tulisan yang mendukung ekpresi gambar tersebut dengan tujuan mendapat respon pembaca, entah positif maupun negatif.

Untuk membuat gambar-gambar meme sebenarnya sangat mudah. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara membuat meme memanfaatkan aplikasi iMeme (meme generator).

 

Cara Menggunakan iMeme

Cara paling simple adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi dari pihak ketiga, meme generator. Ketik saja meme generator di google search, Anda akan mendapati banyak layanan gratis untuk membuat meme.

Dari sekian banyak meme generator yang tersedia, saya merekomendasikan iMeme, selain gratis, aplikasi ini dapat berjalan di Windows maupun Mac OS X. Kita tinggal memilih gambar yang telah disediakan atau gambar sendiri kemudian menambahkan text caption sesuai yang kita inginkan.

iMeme dilengkapi dengan 100 template untuk dipilih yang berupa gambar atau karakter-karakter meme komik populer di internet terutama situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter yang sering anda lihat baik karakter lucu orang, binatang, bayi dan lainnya.

Berikut langkah-langkah membuat meme dengan aplikasi iMeme:

⇒ Unduh iMeme

Klik gambar untuk download iMeme sesuai OS Anda.

Cara Bikin Meme

Cara Bikin Meme

 

⇒ Install

Jalankan iMeme setup yang sudah diunduh tadi, kemudian akan keluar dialog berikut:

Selanjutnya pilih "run" kemudian pilih "next" aja hingga selesai.

 

O iya, ada pilihan tambahan seperti pada dialog di bawah ini, kasih centang kalau Anda ingin agar shortcut aplikasi iMeme muncul di desktop, kemudian pilih next.

 

Klik Install...

Tunggu proses...

Selesai! Hilangkan centang jika ingin tidak ingin menjalankan aplikasi setelah instalasi selesai. Klik Finish.

 

⇒ Jalankan iMeme

Begini tampilan pertama aplikasi iMeme ketika dijalankan, pilih image/foto yang diinginkan pada daftar di sebelah kiri yang akan ditampilkan pada preview di sebelah kanan.

Di bawah preview terdapat dua kotak/kolom yang berfungsi sebagai masukan text dan posisi text (atas atau bawah) yang Anda inginkan. Simbol - (minus) dan + (plus) berfungsi untuk mengatur ukuran text. Simbol paragraf di sampingnya adalah pengaturan align text, rata kiri, tengah, atau kanan. Contohnya pada gambar berikut:

 

⇒ Kreasikan

Meskipun sudah ada banyak ekspresi pada daftar, namun Anda bisa mengkreasikan gambar milik Anda sendiri. Buka gambar/foto yang terdapat pada media penyimpanan Anda dengan meng-klik icon 'open' seperti yang ditunjukkan anak panah pada gambar di bawah ini:

Pilih gambar yang Anda inginkan, klik dialog 'open', kemudian kreasikan text sesuai selera.

 

⇒ Save

Setelah selesai, jangan lupa disimpan, caranya dengan meng-klik icon 'save' seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

Tentukan destinasi save gambar, tuliskan nama file, kemudian pilih 'save'

Tara... Ini contoh hasilnya:

Bagaimana, mblo? Mudah bukan?

Anda pengguna Android atau iPhone? Jangan khawatir, baca juga artikel Cara Bikin Meme di Android dan Cara Bikin Meme di iPhone.

About The Author

Tuhuk Ma'arit 52
Expert

Tuhuk Ma'arit

Bodoh, miskin, dan pemalas. Lahir di Kotabaru (Kalimantan Selatan) pada tanggal 30 Januari 1988. Menulis adalah hal yang biasa bagi saya, saya sudah melakukannya sejak Sekolah Dasar. Saya sudah terbiasa menyalin contekan PR, dihukum menulis di papan tulis, menulis absen dari jarak jauh ketika bolos (mungkin bisa disebut mengisi absen secara online), menulis cerpe'an sebelum ulangan, dan menulis surat cinta di tahun 90-an. Tetapi, menulis ide orisinil adalah hal baru yang akan saya kembangkan. Semoga, amin. Sekarang saya bekerja tetap sebagai pengangguran. Hobi saya yang bercita-cita memberi pekerjaan kepada sejuta rakyat Indonesia adalah bermalas-malasan. Jika istri saya tidak mengetahui akun ini, berarti status saya adalah masih single dan available. Eh?
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel