Beberapa Cara Menghubungkan Komputer ke Internet

19 Feb 2016 11:00 33542 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghubungkan komputer pada internet.

Kebutuhan akan internet sudah menjadi sebuah kebutuhan penting yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Setiap hari, bahkan setiap detiknya orang selalu terhubung dengan internet.

Saat ini, dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan smartphone, orang bisa terhubung dengan internet dengan sangat mudah dan cepat di mana saja serta kapan saja.

Walau sudah memasuki era smartphone dan tablet, tetapi penggunaan komputer masih banyak menjadi pilihan baik untuk bekerja ataupun untuk membuat banyak tugas. Akan tetapi, penggunaan komputer saat ini, sama dengan smartphone, selalu terhubung dengan internet. Semua pekerjaan yang sudah dilakukan bisa langsung dibagikan atau bahkan melakukan pekerjaan bersama dengan menggunakan internet.

Untuk menghubungkan antara komputer dengan internet, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Secara umum mungkin Anda sudah mengetahui cara-cara untuk menghubungkan komputer ke internet.

Dalam pembahasan kali ini, Anda akan diajak kembali untuk mengetahui dengan jelas cara-cara untuk menghubungkan komputer dengan internet, yang mungkin saja salah satunya biasa Anda lakukan.

 

1. Menghubungkan Komputer ke Internet dengan Menggunakan Saluran Telepon

Beberapa Cara Menghubungkan Komputer ke Internet

Gambar via: qph.is.quoracdn.net

Salah satu cara menghubungkan komputer dengan internet yang sudah lama dilakukan dan mungkin masih digunakan sampai sekarang adalah dengan menggunakan saluran telepon atau dial up langsung.

Pada penggunaan saluran telepon ini, modem akan langsung dihubungkan dengan jaringan telepon. Pada akhirnya cara ini akan bisa menghubungkan komputer dengan internet.

Mengakses internet dengan cara ini memberikan sebuah keuntungan yang tentunya sangat Anda butuhkan yaitu jaringan internet yang luas. Hanya saja, cara ini juga tidak lepas dari kekurangan yang berhubungan dengan biaya yang dikeluarkan. Umumnya, cara ini memiliki biaya akses yang cukup tinggi.

 

2. Menghubungkan Komputer ke Internet dengan Menggunakan Jaringan dengan LAN

Beberapa Cara Menghubungkan Komputer ke InternetGambar via: contentinjection.com

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jaringan. Penggunaan jaringan ini maksudnya adalah dengan menghubungkan beberapa perangkat komputer yang berada dalam sebuah LAN atau Local Area Network pada server. Sambungan tersebut kemudian dihubungkan menggunakan modem pada antena pemancar atau kabel telepon.

Cara ini umumnya digunakan untuk penggunaan internet yang besar dan melibatkan banyak perangkat komputer, misalnya di sekolah-sekolah, di warnet, dan di perusahaan.

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari cara ini adalah biaya akses yang lebih murah karena bisa dibayar secara bersama dan bisa digunakan untuk banyak perangkat komputer dalam satu waktu yang sama.

 

3. Menghubungkan Komputer ke Internet dengan Menggunakan Jaringan Wireless Fidelty (WiFi)

Beberapa Cara Menghubungkan Komputer ke InternetGambar via: i.kinja-img.com

Salah satu jenis jaringan yang populer dan banyak digemari pengguna internet adalah jaringan WiFi atau Wireless Fidelty yang bisa menghubungkan komputer dengan internet tanpa menggunakan kabel.

Jaringan WiFi ini menggunakan gelombang untuk menyebarkan jaringan dengan frekuensi yang terbilang tinggi yaitu sekitar 2.4 GHz. Saat ini sudah banyak tempat umum yang menggunakan WiFi sebagai jaringan internet yang digunakannya. Contohnya seperti di taman-taman kota, di restoran, di sekolah, di kampus, dan tempat umum lainnya.

Salah satu kelebihan dari WiFi adalah kecepatan akses data yang terbilang tinggi yaitu mencapai 11 Mbps. Perangkat yang digunakan bisa berupa laptop, smartphone, dan juga komputer yang tentunya sudah dilengkapi dengan fitur untuk WiFi.

Sedangkan kelemahannya terdapat dalam daya jangkau yang terbatas, hanya pada area tertentu saja. Untuk keamanan dari adanya kebocoran jaringan, pengguna WiFi juga bisa menggunakan sistem masuk dengan kata kunci sehingga hanya pihak tertentu saja yang bisa menggunakan WiFi.

Tags Tutorial

About The Author

DIA 56
Expert

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel